Advertorial

BJB Raih Penghargaan Indonesia Good Corporate Governance Award 2021

Kompas.com - 06/02/2021, 16:34 WIB

KOMPAS.com –Bank Jabar Banten (BJB) mengawali 2021 dengan menorehkan prestasi gemilang. Bank tersebut berhasil meraih penghargaan 1st The Best Indonesia GCG Award VI 2021 Kategori BPD BUKU 3 Public Company dalam ajang Indonesia Good Corporate Governance Award 2021.

Ajang penghargaan tersebut diselenggarakan secara virtual, Jumat (5/2/2021) melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings. Penghargaan diserahkan secara simbolis kepada Direktur Kepatuhan BJB Agus Mulyana.

Penyerahan penghargaan dilakukan di tengah webinar bertema “Standardization of the implementation of sustainable GCG after the pandemic Covid-19”.

Indonesia Good Corporate Governance Award merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Economic Review sejak 2015. Ajang ini merupakan penghargaan bagi perusahaan-perusahaan yang dinilai telah menerapkan prinsip GCG secara konsisten dan sangat baik sehingga mampu menghantarkan perusahaan untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB Widi Hartoto mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah awal yang baik untuk menjadi bekal bagi BJB dalam mengarungi dunia usaha sepanjang 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan, penghargaan pada bidang good corporate governance (GCG) ini akan menjadi penyemangat bagi seluruh insan perseroan. Tidak hanya agar mereka terus mempertahankan kinerja terbaik, tetapi juga berinovasi demi mengakselerasi pertumbuhan BJB sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik.

"Kami percaya, penerapan prinsip GCG yang konsisten dan terjaga baik akan mendukung upaya BJB untuk terus memperbaiki kualitas serta membentuk karakter perusahaan yang kuat dan adaptif. Khususnya, untuk menghadapi tantangan dalam mengakselerasi pertumbuhan usaha," kata Widi.

BJB sendiri telah membuktikan dirinya sebagai salah satu perbankan yang konsisten mengalami pertumbuhan. Meskipun industri keuangan nasional tengah menghadapi tantangan pandemi Covid-19, BJB sukses mempertahankan tren pertumbuhan usaha yang positif sepanjang 2020.

Direktur Kepatuhan BJB Agus Mulyana saat menerima penghargaan secara virtual. (DOK. BJB) Direktur Kepatuhan BJB Agus Mulyana saat menerima penghargaan secara virtual.

Tren positif ini diikuti pula oleh keberhasilan BJB dalam mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penyaluran dana PEN yang melampaui target.

Pencapaian positif tersebut, menurut Widi, tidak bisa dilepaskan juga dari peranan penerapan GCG yang konsisten.

“Penerapan prinsip tata kelola yang baik menjadi salah satu instrumen mitigasi risiko yang berfungsi sebagai jaring pengaman sehingga BJB dapat memiliki rasa aman dalam melakukan ekspansi di setiap lini usaha," ujar Widi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com