Advertorial

5 Tips Memilih Provider Internet untuk Beraktivitas di Rumah

Kompas.com - 16/02/2021, 14:49 WIB

KOMPAS.com – Internet kini menjadi salah satu kebutuhan primer banyak orang. Tanpa kehadiran internet, sebagian besar aktivitas masyarakat pada masa pandemi Covid-19 akan terganggu.

Sebut saja kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi yang harus dilakukan dari rumah. Dengan adanya pembatasan sosial, guru akan kesulitan memberikan pelajaran kepada siswa jika tidak ada konektivitas internet. Begitu sebaliknya, siswa akan sukar mendapatkan materi pembelajaran yang diberikan guru tanpa adanya kelas virtual.

Selain berpengaruh pada dunia pendidikan, internet juga dibutuhkan pada sektor bisnis. Pekerja yang melakukan kegiatan work from home (WFH), misalnya, sangat bergantung pada kehadiran internet di rumahnya.

Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, provider atau penyedia layanan internet pun berlomba-lomba memberikan layanan terbaik dengan menghadirkan paket-paket menarik.

Namun, perlu diingat, sebelum menentukan provider internet, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut agar kamu mendapatkan layanan internet terbaik dan sesuai kebutuhan.

  1. Jangkauan lokasi

Sebelum memutuskan membeli layanan internet, pastikan provider yang dipilih sudah menjangkau area tempat kamu tinggal. Pasalnya, setiap provider memiliki jangkauan yang berbeda-beda di setiap lokasi.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa mencari informasi di masing-masing website provider. Biasanya, mereka memiliki fitur untuk dapat mengecek tingkat cakupan di lokasi tempat kamu tinggal.

  1. Tentukan kecepatan sesuai kebutuhan

Setelah mendapatkan informasi mengenai provider yang dapat menjangkau tempat tinggal kamu, kini saatnya menentukan kecepatan internet yang hendak digunakan sesuai kebutuhan. Pasalnya, tiap aktivitas membutuhkan kecepatan berbeda-beda.

Sebagai ilustrasi, penggunaan internet untuk chatting dan browsing akan berbeda dengan aktivitas video conference serta online video learning.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui ragam aktivitas apa saja yang bakal dijalankan dengan menggunakan jaringan internet. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan kecepatan internet yang kamu perlukan.

Jika merasa kesulitan menentukan kecepatan internet yang diperlukan, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan pihak provider yang akan kamu pilih.

  1. Sesuaikan bujet

Sebelum memilih provider, kamu juga harus menyesuaikan bujet yang kamu miliki. Jangan sampai memilih layanan dan paket internet yang melebihi anggaran. Sebab, hal ini akan membuat kamu merogoh kocek lebih dalam. Akibatnya, pemborosan pun tak bisa dihindarkan.

  1. Meminta rekomendasi

Langkah selanjutnya adalah meminta rekomendasi teman atau tetangga sekitar. Tanyakan provider apa yang mereka gunakan. Kamu juga bisa bertanya tentang kualitas jangkauan dan kecepatan yang mereka dapatkan dari provider tersebut.

Selain itu, tanyakan pula paket-paket yang provider tawarkan. Siapa tahu ada promo menarik yang bisa kamu dapatkan.

Saat ini terdapat dua produk Telkomsel Orbit yang bisa kamu pilih, yakni Orbit Max S dan Orbit Star 2. (DOK. TELKOMSEL ORBIT) Saat ini terdapat dua produk Telkomsel Orbit yang bisa kamu pilih, yakni Orbit Max S dan Orbit Star 2.

  1. Jumlah perangkat

Semakin banyak jumlah perangkat yang terhubung dalam satu jaringan WiFi, maka semakin besar pula bandwidth atau frekuensi yang dibutuhkan. Terlebih, masing-masing perangkat yang terhubung juga kerap melakukan banyak aktivitas internet atau multitasking. Alhasil, konektivitas yang didapatkan pun menjadi lambat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya cari informasi layanan internet yang dapat menjangkau banyak perangkat, seperti yang ditawarkan Telkomsel Orbit.

Sebagai informasi, Telkomsel Orbit merupakan layanan internet rumah berbasis perangkat modem WiFi dengan jaringan seluler berkualitas dan paket data yang bisa digunakan tanpa perlu berlangganan.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan Telkomsel Orbit. Kamu dapat menikmati jaringan dengan kualitas terbaik dari Telkomsel yang dapat menjangkau banyak lokasi di Indonesia. Kamu juga bisa menggunakan layanan internet selama 24 jam tanpa batasan kuota.

Selain itu, kamu juga hanya perlu membayar paket data prabayar sesuai kebutuhan. Hal ini tentu akan menghemat anggaran yang kamu miliki. Kamu juga bisa mengontrol pemakaian internet dari aplikasi Telkomsel Orbit.

Lalu, berapa perangkat yang dapat terhubung pada WiFi router Telkomsel Orbit? Melansir laman resmi Telkomsel Orbit, saat ini ada dua produk yang bisa kamu pilih, yakni Orbit Max S dan Orbit Star 2.

Untuk Orbit Max S, kamu bisa menghubungkan 32 perangkat sekaligus dalam satu modem. Kecepatan yang bisa didapatkan pun mencapai 25 Mbps dengan 2,4 Ghz WiFi.

Sementara, untuk Orbit Star 2, kamu bisa menyambungkan 32 perangkat sekaligus dengan kecepatan download dan upload sebesar CAT 4 atau setara 16 Mbps.

Keuntungan lainnya, pemasangan perangkat Telkomsel Orbit cukup mudah tanpa perlu mendatangkan teknisi berpengalaman. Cukup dengan mengunduh aplikasi MyOrbit, kamu sudah bisa memasangnya sendiri dengan mudah.

Untuk informasi lebih detail mengenai layanan yang diberikan Telkomsel Orbit, kunjungi laman www.myorbit.id. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com