Advertorial

Lindungi Tenaga Kesehatan dari Covid-19, Human Initiative Distribusikan Alat Respirator

Kompas.com - 18/02/2021, 15:29 WIB

KOMPAS.com – Sebagai garda terdepan dalam menangani pandemi Covid-19, tenaga kesehatan membutuhkan sejumlah dukungan, baik berupa moral maupun fasilitas kesehatan.

Atas dasar itu, organisasi kemanusiaan Human Initiative tergerak untuk memberikan bantuan berupa 60 alat respirator bagi tenaga kesehatan. Bantuan itu diberikan kepada sejumlah rumah sakit di Jabodetabek, Rabu (17/2/2021).

Seperti diketahui, respirator berfungsi sebagai alat bantu pernapasan untuk menyaring udara. Tujuannya, agar tenaga kesehatan bebas dari segala jenis kuman dan virus menular.

Respirator hanya direkomendasikan untuk tenaga kesehatan dan tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien Covid-19.

Pada tahap awal, bantuan alat respirator disalurkan ke enam rumah sakit rujukan Covid-19, yakni Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), RSPI Sulianti Saroso, RSUP Cipto Mangunkusumo, RSUD Pondok Gede, RS Persahabatan, dan RSUD Kota Bekasi.

Adapun bantuan respirator tersebut merupakan karya anak bangsa yang dikembangkan oleh Universitas Al-Azhar Jakarta. Alat ini memiliki spesifikasi filter niosh P100 atau HEPA filter, air flow adjustable 6,5-15 LPM, daya tahan baterai 4-9 jam, daya charger 12,6 volt 2 ampere, dan berat 750 gram.

Alat respirator yang diberikan Human Initiative tersebut juga dilengkapi dengan sirkuit pernapasan yang terdiri dari selang, penyaring, dan katup sesuai standar medis.

Tak hanya itu, respirator tersebut telah lulus uji Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan nomor RI AKD 20903022590.

Direktur Utama RSUI dr Astuti Giantini menerima bantuan alat respirator dari Human Initiative. (DOK. HUMAN INITIATIVE) Direktur Utama RSUI dr Astuti Giantini menerima bantuan alat respirator dari Human Initiative.

Direktur Utama RSUI dr Astuti Giantini mengatakan, pemberian donasi alat respirator sangat dibutuhkan. Pasalnya, kondisi rumah sakit semakin dipenuhi pasien Covid-19.

"Respirator sangat bermanfaat bagi kami, terlebih pasien yang sedang kami hadapi semakin hari semakin bertambah dan dokter memerlukan alat untuk perlindungan diri. Kami sangat bersyukur. Bantuan ini akan kami gunakan sebagaimana mestinya," ujar dr Astuti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Sementara itu, Irfani Rusada selaku perwakilan dari RSPI Sulianti Saroso mengucapkan terima kasih atas bantuan alat respirator dari Human Initiative. Baginya, alat ini sangat berguna bagi tenaga kesehatan di RSPI.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban tenaga medis yang sedang bertugas melawan Covid-19," kata Irfani.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com