Advertorial

Simak Tips Berikut Ini untuk Hasilkan Foto Terbaik dengan Kamera HP

Kompas.com - 23/02/2021, 18:07 WIB

KOMPAS.com – Mengabadikan setiap momen dalam foto menggunakan kamera smartphone, kemudian mengunggahnya ke media sosial merupakan hal yang lumrah dilakukan di era digital. Seiring dengan perkembangan zaman, foto-foto yang diunggah pun semakin baik dari resolusi.

Hal tersebut didorong oleh banyaknya ponsel pintar dengan kamera mumpuni layaknya kamera saku atau profesional. Sebagai contoh, handphone (HP) besutan Huawei.

Huawei Indonesia resmi memasarkan Huawei P40 Pro pada April 2020. Ponsel flagship ini disebut sebagai smartphone dengan kemampuan kamera yang tidak kalah dengan digital single-lens reflex (DSLR).

HP Huawei P40 Pro dibekali dengan empat kamera belakang yang canggih, yakni kamera ultra vision 50 megapiksel (MP), 40 MP kamera cine, 12 MP kamera telephoto supersensing, serta sensor kedalaman 3D Time-of-Flight (ToF). Dengan spesifikasi seperti itu, Huawei P40 Pro dapat menghasilkan foto apik di berbagai kondisi.

Huawei P40 Pro juga didukung dengan chipsethigh-end, yaitu HiSilicon Kirin 990 5G. Chipset terbaru ini mampu memaksimalkan jaringan 5G.

Chipset tersebut juga mampu membuat kinerja ponsel semakin cepat. Dengan begitu, memotret, melakukan proses editing, dan mengunggah ke media sosial jadi lebih cepat tanpa gangguan lag.

Meski demikian, kamu tidak bisa hanya mengandalkan kecanggihan kamera ponsel. Pemahaman teknik dasar memotret dengan ponsel sebaiknya kamu miliki. Berikut Kompas.com rangkumkan tips mendapatkan hasil foto yang baik menggunakan kamera HP.

  1. Pegang handphone dengan stabil

Demi mendapatkan hasil foto yang maksimal dan tajam, usahakan memegang HP dengan stabil. Sebab, getaran tangan saat memotret dapat membuat hasil foto blur atau tidak jelas.

Untuk mengurangi getaran kecil ketika memotret dan menjaga kestabilan, kamu bisa bersender pada tembok maupun dinding. Jika diperlukan, gunakan tripod untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Pahami angle yang baik

Angle atau sudut pemotretan sangat berpengaruh terhadap hasil foto. Semakin baik angle yang didapatkan, semakin baik juga foto yang dihasilkan.

Saat hendak membidik obyek, bayangkan terlebih dahulu hasil foto yang kamu inginkan. Dengan begitu, angle yang didapatkan akan sesuai dengan hasil foto yang diinginkan.

  1. Manfaatkan fitur di ponsel

Ponsel flagship seperti Huawei P40 Pro memiliki beragam fitur fotografi yang dapat memaksimalkan hasil jepretan. Untuk itu, kamu perlu mempelajari fitur tersebut agar bisa mendapatkan foto bagus.

Misalnya, saat memotret di malam hari, kamu bisa mengaktifkan mode Night Mode. Mode ini sudah dilengkapi teknologi artificial intelligence (AI) sehingga bisa menghasilkan foto lebih terang dan detail pada malam hari dibandingkan Night Mode biasa.

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur High Dynamic Range (HDR) ketika memotret obyek dan suasana yang memiliki perbedaan kontras cahaya.

Misalnya saja saat memotret lanskap matahari terbenam di pantai. Fitur HDR dapat menyeimbangkan kontras pada lanskap tersebut sehingga foto akan tampak lebih bagus.

Ada pula fitur untuk menghasilkan fotografi bokeh maupun mikro. Kamu tinggal memanfaatkan fitur Superzoom dan lensa ToF yang ada di Huawei P40 Pro.

Bila sudah mulai mahir, kamu bisa mencoba pula fitur Mode Pro di ponsel tersebut. Mode ini bisa memungkinkan kamu untuk mengatur kecepatan rana pada kamera ponsel.

Kamu pun bisa leluasa menentukan exposure untuk menghasilkan foto kece, seperti foto perkotaan dengan lampu jalanan tampak seperti kilatan cahaya panjang.

Nah, itu tadi tiga tips yang bisa kamu pakai untuk menghasilkan foto bagus menggunakan Huawei P40 Pro. Bila tertarik memilikinya, kamu bisa mendapatkan smartphone ini di marketplace Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com