Advertorial

Jaga Kesehatan Tubuh, Lakukan 5 Kebiasaan Baik Ini

Kompas.com - 26/02/2021, 21:17 WIB

KOMPAS.com – Menjaga kesehatan merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar hidup nyaman sepanjang usia.

Sayangnya, masih banyak orang yang menjalani pola hidup yang tidak sehat, seperti jarang beraktivitas fisik, kurang tidur, dan kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak bergizi.

Pada dasarnya, menjaga kesehatan tubuh tidak mahal harganya ketimbang harus membayar biaya berobat ketika jatuh sakit.

Nah, berikut tips mudah yang bisa kamu terapkan guna menjaga kesehatan tubuh.

  1. Olahraga secara rutin

Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, tubuh akan terasa lebih bugar dan fresh. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Di masa pandemi seperti ini, tidak perlu pergi ke gym atau berlari di luar ruangan untuk berolahraga. Kamu dapat melakukan workout sederhana di rumah, seperti push-up, sit-up, lompat tali, atau  jumping jack.

Upayakan untuk rutin berolahraga setidaknya lima kali dalam seminggu. Durasi olahraga pun tidak perlu terlalu lama, cukup 30-60 menit.

  1. Konsumsi makanan sehat

Banyak orang memilih mengonsumsi makanan instan dan junk food karena dinilai praktis serta mudah disajikan. Padahal, makanan tersebut dapat membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Menurut riset yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association (2014), terlalu sering mengonsumsi makanan instan dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2.

Ketimbang makanan instan dan junk food, lebih baik memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Sebab, buah dan sayur mengandung sejumlah nutrisi penting yang diperlukan tubuh, seperti serat prebiotik, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Maka dari itu, mulailah mengisi kulkas di rumah dengan beragam pilihan buah dan sayur.

  1. Konsumsi vitamin

Vitamin merupakan salah satu nutrisi esensial yang diperlukan tubuh. Tanpa asupan vitamin yang memadai, kinerja dan sistem daya tahan tubuh bisa terganggu.

Contohnya, vitamin D yang berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam tubuh untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi.

Kemudian, vitamin C atau ascorbic acid yang berperan dalam produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan serat protein yang berfungsi menjaga kekenyalan kulit, mempercepat proses penyembuhan luka, serta memperkuat pembuluh darah.

Namun, perlu diketahui bahwa tubuh tidak dapat memproduksi vitamin. Asupan vitamin didapatkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Selain lewat makanan, asupan vitamin juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen.

  1. Tidur yang cukup

Menghabiskan malam hari dengan bergadang adalah kebiasaan yang buruk. Alih-alih menggunakan waktu malam hari untuk istirahat, seringkali waktu malam dihabiskan dengan bermain gadget atau melakukan kegiatan lain yang sebenarnya dapat dilakukan saat siang hari.

Padahal, kurang tidur dapat mengganggu konsentrasi, kewaspadaan, dan kinerja otak. Kualitas tidur yang buruk juga berimbas pada kemampuan otak dalam mengendalikan emosi.

Maka dari itu, upayakan untuk memiliki waktu tidur yang cukup, setidaknya 7-9 jam setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh.

Agar dapat tidur dengan mudah, hindari minum kopi di sore hari, jauhkan gadget dari tempat tidur, dan redupkan lampu saat tidur.

  1. Tetap jaga kebersihan

Saat ini, sebagian besar kegiatan dilakukan di dalam rumah. Walau begitu, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan. Langkah ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan sehari-hari, seperti mandi minimal dua kali sehari, menutup mulut dengan lengan saat batuk atau bersin, dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin.

Selain itu, usahakan selalu membawa hand sanitizer saat ke luar rumah karena risiko terpapar kuman lebih besar. Dengan begitu, kamu bisa selalu menjaga kebersihan tangan.

Saat ini, kamu bisa mendapatkan hand sanitizer secara online melalui marketplace, seperti Tokopedia. Platform ini juga menyediakan berbagai produk vitamin C dan vitamin D yang bisa menunjang kamu dalam menjaga kesehatan tubuh.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com