Advertorial

CoFest 2021, Upaya UPJ Meningkatkan Kreativitas Generasi Muda Indonesia

Kompas.com - 08/03/2021, 21:58 WIB

KOMPAS.com - Gelaran Collaboration Festival (CoFest) 2021 yang diselenggarakan program studi (prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) pada Rabu (3/3/2021) sampai Jumat (5/3/2021) berhasil menjaring 1.600 peserta dari seluruh Tanah Air.

Acara itu diadakan secara virtual dan disiarkan melalui platform Instagram @cofest.upj, Zoom, dan YouTube Kompress UPJ.

Mengusung tema “Kreasi Digital Penggerak Generasi”, CoFest UPJ 2021 diadakan dengan tujuan meningkatkan wawasan seluruh generasi agar mampu berpikir kreatif dan inovatif.

Secara garis besar, CoFest UPJ 2021 terbagi menjadi dua rangkaian acara, yaitu lima sesi web seminar (webinar) dan perlombaan.

Webinar pertama bertajuk “Podcast Sebagai Media Bebas Berkarya”. Kegiatan pembuka penyelenggaraan festival ini menghadirkan podcaster Malam Kliwon, Bimoky, serta content creator Marco dan Marlo.

Dalam webinar tersebut, Bimoky yang juga seorang voice over talent berkesempatan untuk membagikan pengalamannya dan tak lupa memuji kegiatan CoFest 2021.

“Secara konsep acara sih luar biasa. Ini salah satu acara yang minus dua bulan dari segi promosi dan gokil banget. Tak disangka, dari 300 peserta bisa berafiliasi dengan kampus-kampus lain. Keren sih,” ujar Bimoky dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Senin (8/3/2021).

Masih di hari yang sama, webinar kedua bertajuk “Media Sosial Jaga Eksistensi Industri” digelar. Sesi ini menghadirkan Head of Business Development Web TV Asia Deddy Widjanarko, Head of Brand Communication Detik.com Karel Anderson, dan Senior Social Manager IDN Media Donny Andrian.

Pada hari kedua penyelenggaraan CoFest UPJ 2021, pihak kampus kembali menggelar webinar dengan topik pembahasan yang tak kalah inspiratif. Sebut saja webinar bertajuk “Konten Singkat yang Terus Meningkat” yang membahas manfaat TikTok dari segi hiburan.

Webinar ketiga itu menghadirkan dua content creator TikTok, yaitu Ikram Afro dan Sania Leonardo.

Kemudian, digelar webinar keempat bertajuk“Komunikasi Pemasaran di Masa Pandemi”. Sesi ini mendatangkan pemilik Dennis Catering Jakarta Eka Rini, Head of Offline Marketing Zalora Indonesia Annisa Thabiina, dan Chief Services Officer SIRCLO Rinaldi Tjhin.

Webinar tersebut membahas strategi komunikasi pemasaran agar dapat bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19.

Terakhir, CoFest UPJ 2021 menghadirkan entrepreneur sekaligus Program Director Synchronize Festival Rizky Aulia Ucup dan vokalis band indie rock Reality Club Fathia Izzati sebagai narasumber di webinar bertajuk “Konsep Virtual, Solusi Industri Musik”.

Dalam kesempatan tersebut, Fathia berharap, seluruh generasi mampu beradaptasi di era digital. Salah satu caranya adalah dengan menjadi pribadi yang kreatif.

Fathia Izzati dalam Cofest 2021 (Dok. UPJ) Fathia Izzati dalam Cofest 2021 (Dok. UPJ)

“Jangan takut untuk meraih cita-cita kalian dan jangan takut untuk eksplorasi. Jadi, jangan stuck di satu ide aja, teruslah berkarya dan menjadi orang yang kreatif untuk memajukan bangsa,” ucap Fathia.

Sementara untuk perlombaan, CoFest UPJ 2021 menggelar kompetisi membuat poster, public speaking, voice over, kampanye sosial, dan membawakan acara berita. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari sekolah menengah atas (SMA) dan universitas seluruh Indonesia.

Rangkaian acara CoFest UPJ 2021 ditutup dengan sajian hiburan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi UPJ, yaitu Kafka Afdal dan Nabila Nadazera.

Sebagai informasi, CoFest UPJ 2021 merupakan versi baru dari acara sebelumnya yang bernama Communication Festival (Commfest) UPJ.

Commfest merupakan acara tahunan yang diselenggarakan prodi ilmu komunikasi UPJ. Kegiatan ini pertama kali diadakan pada 2016 dengan tema “Super Entrepreneur”.

Pada 2017, terdapat dua rangkaian Commfest, yaitu “Diginesia” dan “Evolution of Mass Media (EVODIUS)”. Rangkaian acara ini merupakan hasil kolaborasi dengan prodi Manajemen, Psikologi, dan Akuntansi UPJ.

Kemudian, pada 2018, Commfest diadakan dengan tema “Creative Entrepreneur Dare to Innovate and Inspire People (Credit Title)”.

Pada 2019, Commfest berganti nama menjadi CoFest. Bertemakan “Spirit of Millennials and Gen Z”, CoFest perdana dilaksanakan di Bintaro Jaya Xchange Mall dan dihadiri oleh lebih dari 5.000 penonton.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com