Advertorial

Ini Dia, 7 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Kompas.com - 14/03/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain mampu menguatkan tulang dan gigi, nutrien tersebut juga dapat meningkatkan fungsi sistem imun, bahkan menekan risiko kanker.

Di masa pandemi seperti saat ini, vitamin D kian populer. Pasalnya, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa jenis vitamin tersebut dapat membantu mengurangi tingkat keparahan risiko Covid-19.

Penelitian yang dimuat Live Science, Senin (2/11/2021), menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin D berisiko dua kali lebih tinggi mengalami infeksi Covid-19 dibandingkan dengan orang yang dapat memenuhi kadar vitamin tersebut dalam tubuh.

Pada dasarnya, tubuh bisa memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Karena itu, tak heran aktivitas berjemur selama 15 menit saat pagi hari disarankan di masa pandemi Covid-19.

Selain sinar matahari, vitamin D juga bisa ditemukan pada jenis makanan tertentu. Berikut Kompas.com rangkumkan untuk kamu.

  1. Salmon

Salmon merupakan salah satu makanan yang terkenal kaya akan berbagai nutrisi, termasuk vitamin D. Namun, perlu diketahui, kandungan vitamin D pada salmon berbeda-beda tergantung habitatnya.

Salmon budidaya dalam sekali sajian atau berat 100 gram (3,5 ons), misalnya, mengandung vitamin D 988 IU. Sementara itu, salmon yang hidup liar mengandung vitamin D lebih tinggi, yaitu bisa mencapai 1.300 IU.

  1. Tuna kaleng

Jangan dulu meremehkan makanan dalam kemasan kaleng. Selama diolah dengan baik, nutrisi bahan makanan bisa tetap terjaga. Begitu pula dengan tuna kalengan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa kebanyakan ikan laut segar mengandung methylmercury yang berbahaya bagi kesehatan. Namun, tuna kaleng, khususnya light tuna, aman dikonsumsi hingga 6 ons setiap minggu.

Dalam seporsi tuna kaleng dengan berat tiga ons terdapat sekitar 268 IU vitamin D. Nutrisi yang terkandung pun bukan hanya vitamin D, melainkan juga vitamin K dan niasin.

Tak sulit menemukan makanan tersebut. Tuna kaleng banyak tersedia di supermarket. Kamu pun dapat menyimpan dan mengolahnya lebih praktis daripada ikan tuna segar.

  1. Ikan sardin

Sama seperti tuna kaleng, ikan sardin dalam kemasan kaleng juga memiliki kandungan vitamin D sekitar 117 IU per 3,8 ons porsi.

Agar lebih nikmat dan mendapat lebih banyak nutrisi, konsumsi sardin kalengan bisa dikombinasikan dengan sayur-sayuran atau lauk lain.

Menemukan sardin kalengan pun tak sulit. Kamu bisa membelinya di supermarket. Selain itu, ikan ini juga tersedia dalam bentuk yang sudah diasap, diasamkan, atau dalam keadaan segar.

4. Kuning telur

Vitamin D juga terdapat pada telur, terutama pada bagian kuningnya. Satu buah kuning telur mengandung 37 IU vitamin D. Namun, kadar vitamin tersebut bisa sangat beragam tergantung cara ayam diternak.

Kuning telur dari ayam yang sering berada di bawah paparan matahari mengandung vitamin D sebanyak tiga hingga empat kali lebih tinggi.

Jika peternak sengaja memberikan ayam pakan yang kaya vitamin D, bagian kuning telurnya bisa mengandung 6.000 IU vitamin D.

5. Susu sapi

Selain kalsium, riboflavin, dan fosfor, susu juga kaya akan vitamin D. Secangkir susu sapi atau sekitar 237 mililiter (ml) bisa mengandung 115 hingga 130 IU vitamin D.

Kalau kamu alergi terhadap susu sapi, susu kedelai juga bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan asupan vitamin D.

6. Susu kedelai

Bagi orang yang alergi susu sapi, vitamin D bisa tetap terpenuhi dengan mengonsumsi susu kedelai. Hal ini juga berlaku untuk orang yang bosan dengan susu sapi dan ingin mencoba varian susu berbahan nabati.

Dalam 237 ml susu kedelai terdapat 107 hingga 117 IU vitamin D. Susu kedelai juga tidak kalah dengan susu sapi karena kaya akan nutrisi vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh.

7. Oatmeal

Oatmeal sering dikonsumsi pada pagi hari sebagai sarapan yang ringan tapi mengenyangkan. Untuk pilihan rasa, oatmeal tersedia tanpa rasa dan ada pula yang sudah ditambahkan rasa manis.

Perlu diketahui, setengah cangkir oatmeal dengan berat sekitar 78 gram mengandung 54 hingga 136 IU vitamin D. Meski kandungan vitamin D-nya lebih sedikit dibandingkan jenis makanan lain, oatmeal tetap bisa menjadi pilihan sumber vitamin D.

Nah, itulah beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin D. Selain dengan bantuan sinar matahari dan makanan, kebutuhan vitamin D juga bisa dipenuhi lewat konsumsi suplemen, seperti D3-400 Tablet dan D3-1000 Tablet dari Pyfa Health.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com