Advertorial

Liburan ke Swiss? Ini Daftar Destinasi Wisata yang Perlu Disambangi

Kompas.com - 16/03/2021, 16:55 WIB

KOMPAS.com – Pesona negara-negara di Benua Biru memang tak bisa ditampik lagi. Salah satunya adalah Swiss yang terkenal dengan lanskap pegunungan bersalju, hamparan bukit nan hijau, udara sejuk, serta seni dan budaya yang mengagumkan.

Swiss adalah negara federal yang terdiri dari 26 kanton dan beribu kota di Bern. Negara ini berbatasan langsung dengan Jerman, Prancis, Italia, Liechtenstein, dan Austria. Faktor ini menjadikan penduduk Swiss punya kemampuan multilingual.

Keindahan Swiss pun seolah tak berjeda. Negara ini selalu tampak memesona di segala musim. Karena itu, berpelesir ke Swiss bisa dilakukan kapan saja. Bahkan, kamu bisa mewujudkan hal tersebut secara cuma-cuma dengan mengikuti kuis yang digelar pada tautan ini

Untuk memudahkan kamu dalam menyusun itinerari liburan, berikut Kompas.com rangkumkan enam destinasi wisata yang bisa kamu sambangi saat berpelesir ke Swiss.

 Museum Barryland, rumah bagi anjing-anjing ras Saint Bernard (Dok. Switzerland Tourism) Museum Barryland, rumah bagi anjing-anjing ras Saint Bernard

Museum Barryland

Penikmat film komedi keluarga berjudul Beethoven (1992) bisa jadi tak asing dengan sosok anjing dari ras Saint Bernard. Kelucuan, ketangkasan, serta kelincahan anjing pekerja dan penjaga tersebut bisa kamu saksikan secara langsung ketika berkunjung ke Museum Barryland.

Museum Barryland adalah rumah bagi anjing-anjing ras Saint Bernard. Bangunan yang dalam bahasa Perancis disebut Musée et Chiens du Saint Bernard ini didirikan pada 2006 oleh Yayasan Bernard dan Caroline de Watteville. Namun, sejak pertengahan 2014, museum ini dikelola oleh Barryland.

 Museum Transportasi Swiss (Dok. Switzerland Tourism) Museum Transportasi Swiss

Museum Transportasi Swiss

Museum Transportasi Swiss atau Verkehrshaus der Schweiz berada di Kanton Luzern, tepatnya di Lucerne. Bangunan ini menyimpan lebih dari 3.000 koleksi moda transportasi, seperti kereta api, mobil, kapal dan pesawat terbang, serta teknologi komunikasi.

Selain memamerkan koleksi tersebut, museum itu juga memiliki wahana seru lain yang dapat menambah wawasan pengunjung. Sebut saja planetarium berteknologi mutakhir, bioskop berlayar besar yang selalu memutar film-film dokumenter, dan fasilitas tur dengan memanfaatkan teknologi realitas virtual.

Bukan itu saja, pengunjung juga berkesempatan untuk menjajal koleksi moda transportasi tertentu yang ada di Verkehrshaus der Schweiz. Tak heran, bangunan yang dibuka sejak Juli 1959 itu menjadi salah satu museum paling populer di Swiss.

Lanskap Kota Lausanne (Dok. Switzerland Tourism) Lanskap Kota Lausanne

Lausanne

Lausanne adalah ibu kota dari Kanton Vaud. Lokasinya berada di seberang Evian-les-Bains, Prancis, atau sekitar 60 kilometer dari timur laut Danau Jenewa.

Secara topografi, Lausanne terletak di atas bukit dengan lereng kebun anggur. Pemandangan sekitar kota ini juga tampak menakjubkan dengan kehadiran Pegunungan Alpen Savoy di seberang danau. Tak heran, Komite Olimpiade Internasional menjadikan Lausanne sebagai markas besarnya sejak 1914.

Selain panorama alam yang mengagumkan, arsitektur Kota Lausanne juga mengesankan. Bangunan katedral khas abad Renaisans tampak mendominasi wilayah ini. Ini mengingat Lausanne sudah menjadi kota keuskupan selama lebih dari seribu tahun.

 Montreux disebut sebagai minatur Swiss. (Dok. Switzerland Tourism) Montreux disebut sebagai minatur Swiss.

Montreux

Menurut laman www.myswitzerland.com, Montreux adalah miniatur Swiss. Sebab, selain kaya akan budaya, wilayah ini juga memiliki panorama alam yang indah, fasilitas umum memadai, dan infrastruktur yang mendukung kegiatan bertaraf internasional.

Berkat keindahan, ketenangan, dan kenyamanan tersebut, Montreux kerap dijadikan sebagai tempat mencari inspirasi bagi penulis dan seniman.

Sebut saja Charlie Chaplin dan Freddie Mercury. Kedua pesohor ini sempat menetap di kota tersebut. Bahkan, dalam acara Montreux Jazz Festival 1978, Freddie mengatakan, jika Anda menginginkan ketenangan jiwa, datanglah ke Montreux.

 Pemandangan alam Interlaken, salah satu destinasi wisata populer di Swiss(Dok. Switzerland Tourism) Pemandangan alam Interlaken, salah satu destinasi wisata populer di Swiss

Interlaken

Interlaken merupakan salah satu destinasi wisata populer di Swiss, baik bagi turis domestik maupun internasional. Pasalnya, kota yang terletak di Dataran Tinggi Bernese Oberland ini berada di barisan Pegunungan Alpen, seperti Eiger, Monch, dan Jungfrau.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat berlibur ke Interlaken, baik saat musim dingin maupun musim panas. Contohnya, bermain ski di kawasan Ski Top Jungfrau dan Axalp-Brienz, raun-raun menggunakan kereta api gunung, gondola, atau berpesiar di Danau Thun dan Danau Brienz.

Agar liburan semakin berkesan, jangan lupa sempatkan diri ke Desa Brienz. Di sana, ada banyak tempat makan berkonsep outdoor yang menyajikan hidangan fondue keju.

 Divolezza, salah satu kawasan ski di kompleks Pegunungan Alpen (Dok. Switzerland Tourism) Divolezza, salah satu kawasan ski di kompleks Pegunungan Alpen

Diavolezza

Diavolezza merupakan salah satu kawasan ski di kompleks Pegunungan Alpen yang memiliki trek dengan tingkat kesulitan berbeda, mulai dari pemula hingga profesional.

Selain berski, pelancong juga bisa melakukan pendakian dari Diavolezza ke Morteratsch (Bernina Pass). Jika beruntung, pendaki bisa menyaksikan apiknya pemandangan gletser Bernina yang berkilau di bawah sinar matahari.

Usai berpetualang di tengah suhu dingin, wisatawan bisa bersantai sejenak di fasilitas jacuzzi. Uniknya, kegiatan berendam air panas ini dilakukan di ruang terbuka dengan latar belakang salju.

Nah, itulah enam tempat yang bisa disambangi saat berpelesir ke Swiss. Selanjutnya, kamu tinggal atur bujet dan tentukan soal akomodasi, seperti tiket pesawat dan penginapan.

Untuk memudahkan perencanaan liburan ke Swiss, kamu bisa memanfaatkan penawaran dan informasi itinerari menarik dari berbagai travel agent ternama dengan mengklik tautan ini.

Adapun travel agent tersebut terdiri dari Antavaya, ATS Vacations, Avia Tour, Bayu Buana, Bianglala Tour, dan Chan Brothers Travel.

Selain itu, ada pula Dwidaya Tour, Golden Rama, Icon Holiday, Karmel Tour, KIA Tours and Travel, Obaja Tour, Panen Tour, Panorama JTB, Raya Utama Travel, Smailing Tour, dan Wita Tour.

Opsi lainnya, kamu bisa ikuti kuis yang ada di tautan ini untuk mendapatkan kesempatan berlibur ke Swiss secara gratis. Tunggu apalagi? Yuk, coba peruntunganmu sekarang!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com