Advertorial

Ready Set Rise 2 Hadirkan Peluang dan Harapan Baru bagi Karier Profesional Muda

Kompas.com - 16/03/2021, 17:02 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air selama setahun terakhir memengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Hal ini juga berimbas pada generasi muda yang tengah berjuang meniti karier.

Pada masa pandemi, jumlah pencari kerja meningkat drastis. Hal ini berbanding terbalik dengan lapangan kerja yang kian sempit. Hasilnya, angka pengangguran semakin meningkat.

Maka dari itu, penggalian potensi diri dan peningkatan kualitas untuk menjadi lebih baik menjadi tidak terhindarkan. Kini, para tenaga kerja dituntut untuk lebih kreatif, efektif, adaptif, dan produktif.

Hanya saja, mencapai semua parameter tersebut bukan perkara mudah. Bahkan, tidak sedikit tenaga kerja mengalami burnout atau kehabisan tenaga sebelum berhasil memaksimalkan potensinya.

Selain itu, banyak lulusan baru masih awam tentang dunia kerja. Mereka membutuhkan petunjuk dalam menemukan peluang yang sesuai dengan keterampilan dan nilai yang dimiliki.

Persaingan mencari pekerjaan dengan sesama fresh graduate dan para profesional muda menambah daftar panjang tantangan dalam berkarier. Kompetisi dalam meningkatkan kualitas diri pun semakin ketat dan tidak terhindarkan.

Karenanya, pencari kerja memerlukan bimbingan supaya siap melihat peluang, menetapkan standar baru, dan bangkit kembali untuk menghadapi tantangan.

Untuk membantu para pencari kerja, Growth Center Kompas Gramedia bersama Klob, bagian dari Dayalima Group, kembali berkolaborasi menghadirkan acara job fair virtual bertajuk Ready Set Rise pada 16-20 Maret 2020.

Acara tersebut bertujuan mendukung para profesional muda untuk siap menghadapi peluang dan tantangan baru di dunia kerja, meningkatkan keterampilan, serta menghidupkan kembali semangat talenta muda dalam perjalanan karier mereka.

Ready Set Rise 2 berupaya memenuhi kebutuhan para lulusan baru maupun para profesional muda dalam menemukan peluang kerja baru, belajar keterampilan baru, dan mengenal diri lebih dalam melalui alat tes self-discovery.

Tak hanya virtual job fair, acara tersebut juga menghadirkan sejumlah aktivitas pembelajaran daring, seperti webinar dan lokakarya berkonsep pop-up career lab. Aktivitas pembelajaran ini dapat membantu generasi muda dalam meningkatkan kualitas diri.

Adapun sesi webinar dan lokakarya diisi sejumlah narasumber yang ahli di bidang masing-masing. Tema yang dihadirkan pun lebih variatif dan mampu menunjang beragam keterampilan baru yang dibutuhkan, baik di masa kini maupun mendatang.

Chief Operation Officer Growth Center Andrea Lusi Anari mengatakan, Ready Set Rise 2 berangkat dari keprihatinan atas efek pandemi terhadap bisnis. Hal ini berdampak pada berkurangnya kesempatan talenta-talenta muda untuk berkarya di dunia korporasi.

“Kami berharap, acara ini dapat memberikan pengharapan kepada para talenta-talenta muda, baik melalui kesempatan bekerja maupun kelas-kelas pengembangan diri. Dengan begitu, mereka selalu ready for opportunities, set the standards, and rise to the challenge,” tutur Andrea dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (16/3/2021).

Sementara itu, Chief Revenue Officer Klob Diptraya R Ratulangi turut mendukung pernyataan Andrea. Menurutnya, penyelenggaraan Ready Set Rise 2 diharapkan mampu menciptakan kesempatan yang sama bagi semua orang dalam mendapatkan pekerjaan atau akses kepada konten-konten edukatif berkualitas.

“Kami mengundang teman-teman difabel untuk ikut serta dalam semua aktivitas acara. Mulai dari beberapa lowongan pekerjaan yang disabled-friendly sampai ke sesi-sesi pop-up career lab yang juga menyediakan typist. Tujuannya, supaya teman-teman difabel mendapatkan hasil belajar yang maksimal,” ujar Diptraya.

Sebagai informasi, Klob dan Growth Center menggelar edisi perdana Ready Set Rise pada September 2020. Gelaran ini sukses mendatangkan satu juta pengunjung laman (pageviews) dan 12.000 peserta webinar.

Gelaran job fair virtual itu menghadirkan 190 lowongan pekerjaan dari 35 perusahaan dengan jumlah pelamar mencapai 5.766 orang.

Kesuksesan tersebut mendorong Growth Center Kompas Gramedia dan Klob untuk menggelar Ready Set Rise 2.

Perlu diketahui, jumlah perusahaan yang terlibat dan lowongan pekerjaan yang tersedia di Ready Set Rise 2 lebih banyak dan beragam.

Selain itu, korporasi yang terlibat juga memiliki akses lebih luas terhadap potensi kandidat-kandidat baru sesuai kebutuhan bisnis dan organisasi saat ini.

“Kami berharap, job fair virtual ini dapat terus menumbuhkan rasa optimisme dan semangat kepada para pencari kerja di tengah situasi yang tidak menentu. Ready Set Rise 2 dapat membantu dengan memberikan lowongan pekerjaan, atau keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan di masa sekarang,” tambah Diptraya.

Seluruh rangkaian acara dan pendaftaran Ready Set Rise 2 dapat diakses melalui www.klob.id/readysetrise.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com