Advertorial

Lima Perangkat Ini Bisa Bantu Anda Bekerja di Mana Saja

Kompas.com - 17/03/2021, 16:28 WIB

KOMPAS.com – Sebagian besar pekerja kantoran menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama satu tahun terakhir. Sebagiannya lagi bekerja di kantor, co-working space, kafe, dan tempat lainnya dengan penerapan protokol kesehatan.

Fenomena tersebut menunjukkan bahwa dalam setahun belakangan, pekerja kantoran bisa bekerja dari mana saja.

Sistem bekerja dari mana saja itu tidak menghalangi mereka dalam menyelesaikan tugasnya. Semua pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Meski bisa dilakukan di mana saja, faktor kenyamanan saat bekerja tetap menjadi hal penting bagi para pekerja kantoran. Kenyamanan bisa didapat dengan menciptakan ruangan dan suasana yang mendukung untuk bekerja. Alat kerja yang mumpuni juga wajib diperhatikan agar kinerja bisa optimal.

Berbicara soal alat kerja, berikut lima item yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan di mana saja.

  1. Laptop

Laptop merupakan kebutuhan utama saat bekerja di mana saja. Oleh sebab itu, Anda harus memilih laptop dengan spesifikasi yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan.

Seorang desainer grafis, misalnya, membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang berbeda dengan seorang akuntan.

Desainer grafis membutuhkan laptop dengan performa andal, seperti kapasitas random access memory (RAM) besar, tampilan layar lebar dengan ketajaman warna, dan memiliki graphic card berkualitas mid-end.

Sementara itu, akuntan membutuhkan laptop dengan kapasitas RAM besar dan layar yang lebar supaya lebih mudah melihat angka-angka dalam Microsoft Excel, tanpa perlu kartu grafis mumpuni.

Saat memilih laptop, pastikan Anda sudah mengerti spesifikasi yang dibutuhkan sesuai jenis pekerjaan Anda.

Jangan lupa pula pasang software penunjang pekerjaan Anda. Selain itu, aplikasi video conference seperti Zoom dan Google Hangout juga wajib dipasang agar terhubung dengan kolega saat Anda bekerja secara remote dari mana saja.

  1. Keyboard

Selain laptop, ada juga pekerja yang menggunakan tablet sebagai alat kerja mereka. Untuk kelancaran bekerja, pekerja pengguna tablet membutuhkan perangkat tambahan, seperti keyboard.

Wireless keyboard bisa menjadi pilihan tepat untuk bekerja di luar kantor. Selain ringan, keyboard jenis ini berukuran kecil jadi lebih mudah dibawa di dalam tas.

  1. Mouse

Alat lain yang dibutuhkan untuk bekerja adalah mouse. Perangkat ini dapat mempercepat pekerja dalam menyelesaikan tugas, terutama pekerja yang menggunakan laptop.

Agar tidak ribet, pekerja umumnya memilih mouse tanpa kabel atau wireless mouse . Perangkat ini juga biasanya punya ukuran lebih kecil sehingga lebih mudah disimpan dan dibawa.

  1. Earphone

Perangkat penunjang berikutnya adalah earphone atau earbud. Perangkat penghantar audio ini dapat membantu Anda saat melakukan virtual meeting atau mengikuti webinar. Dengan menggunakan alat tersebut, Anda tidak akan mengganggu orang lain yang berada di sekitar.


Selain itu, earphone juga dapat digunakan untuk mendengarkan musik untuk menemani saat bekerja. Pilihlah earphone atau earbud yang nyaman di telinga. Dengan begitu, Anda dapat menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.

  1. Flash disk USB

Terakhir, Anda juga membutuhkan USB flash disk untuk menyimpan data pekerjaan. Perangkat ini dapat berfungsi sebagai perangkat penyimpanan data cadangan. Jadi, ketika laptop Anda rusak, data pekerjaan tetap aman.

Anda bisa memilih USB flash disk dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan versi terbaru. Jadi, peranti ini dapat digunakan untuk menyimpan data-data pekerjaan yang memakan ruang memori. Selain itu, USB flash disk versi terbaru juga punya kecepatan tinggi saat mentransfer data.

Kelima perangkat kerja tersebut bisa Anda beli melalui Tokopedia. Anda dapat menemukan laptop, komputer, gawai, serta aksesori pelengkap dengan berbagai spesifikasi di platform marketplace ini.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan berbagai kebutuhan, seperti elektronik, pakaian, makanan, minuman, dan kebutuhan rumah tangga. Dengan Tokopedia, Anda bisa membeli berbagai kebutuhan dari seluruh Indonesia tanpa keluar rumah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com