Advertorial

Maksimalkan Penjualan Online, Sinarmulia Catat Kenaikan Penjualan Selama Pandemi

Kompas.com - 19/03/2021, 10:34 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air selama setahun terakhir berdampak pada bisnis ritel. Karenanya, dibutuhkan upaya adaptif untuk menjaga kelangsungan bisnis.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan internet guna meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar.

Berdasarkan data dari Bank Indonesia (BI), transaksi digital, terutama di platform e-commerce, mengalami peningkatan selama pandemi. Per Agustus 2020, transaksi daring melalui e-commerce mencapai 140 juta. Jumlah itu meningkat 75 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 80 juta transaksi.

Angka transaksi tersebut diprediksi meningkat pada 2021, mengingat tahun ini perekonomian Indonesia diprediksi dapat kembali pulih.

Salah satu perusahaan yang berhasil memanfaatkan internet untuk meningkatkan penjualan selama pandemi Covid-19 adalah PT Sinarmulia Sukses Makmur atau Sinarmulia.

Perusahaan ritel elektronik yang berdiri sejak 1 Maret 2000 di Indonesia ini memasarkan produk-produk gadget, seperti laptop, komputer, printer, sampai ponsel, melalui jaringan tokonya.

CEO PT Sinarmulia Sukses Makmur Rudy Susanto mengatakan, selama masa pandemi, pihaknya beradaptasi dengan merambah penjualan secara online melalui beberapa e-commerce ternama di Indonesia. Jadi, tidak hanya mengandalkan penjualan secara offline.

Hasilnya, omzet partner resmi produk HP di Indonesia tersebut naik lima sampai sepuluh kali lipat. Dengan demikian, Sinarmulia tidak merumahkan karyawan seperti perusahaan ritel lain. Bahkan, Sinarmulia dapat terus bertumbuh.

Upaya adaptif Sinarmulia membuktikan bahwa pandemi tidak menghalangi perusahaan untuk mendapat keuntungan berlipat ganda melalui gaya bisnis yang inovatif.

(DOK. Sinarmulia) CEO PT Sinarmulia Sukses Makmur Rudy Susanto (DOK. Sinarmulia) CEO PT Sinarmulia Sukses Makmur Rudy Susanto

"Pada masa awal pembatasan sosial berskala besar (PSBB), semua toko kami tutup sehingga tidak ada kunjungan dari pelanggan. Untuk menyiasati hal itu, kami memaksimalkan penjualan di online melalui e-commerce, seperti Blibli, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee. Kami juga bersyukur, meski pandemi penjualan produk di storeonline kami meningkat," ujar Rudy.

Peningkatan tersebut, kata Rudy, disokong oleh penjualan printer dan laptop. Sebab, kedua perangkat tersebut diperlukan banyak orang, baik untuk bekerja maupun belajar di rumah.

Sebenarnya, lanjut dia, Sinarmulia telah menerapkan model bisnis online sejak 2012. Dampak positif peralihan penjualan barang dari offline ke online baru bisa dirasakan setelah 3-4 tahun.

Rudy menambahkan, saat ini, Sinarmulia sedang bersiap-siap untuk masuk dalam channel penjualan baru, yakni Shopee Mall. Tujuannya, supaya produk yang dipasarkan Sinarmulia bisa dijangkau lebih mudah oleh masyarakat dan masyarakat bisa lebih mudah mendapatkan produk-produk HP dengan penawaran menarik.

"Kami berharap kehadiran Sinarmulia di Shopee Mall akan meningkatkan penjualan produk kami, khususnya produk HP. Semoga, kami dapat menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia," imbuh Rudy.

Partner resmi HP

Sinarmulia merupakan distributor dan pemasar resmi produk HP di Indonesia. Toko elektronik ini sudah menjalin kerjasama tersebut sejak 16 tahun lalu dan telah ditunjuk oleh HP sebagai HP Store yang pertama di Indonesia.

Rudy mengatakan, PT Sinarmulia Sukses Makmur mulai menjajaki kerja sama dengan HP pada 2005. Saat itu, produk yang dijual berupa perangkat printer.

Seiring waktu berjalan, Sinarmulia mendapatkan kepercayaan untuk menjual beberapa produk HP lainnya, seperti komputer dan laptop.

Rudy menambahkan, dukungan HP Indonesia berpengaruh besar terhadap keberlangsungan usaha miliknya, terutama di tengah pandemi.

"Selama 16 tahun, HP selalu mendukung penjualan di ritel kami dan menjadi partner bisnis strategis, terlebih di masa pandemi ini," kata Rudy.

Tak hanya produk HP Indonesia, PT Sinarmulia Sukses Makmur juga merupakan main dealer untuk sejumlah brand elektronik ternama, seperti Lenovo, Dell, Acer, dan Microsoft.

Anda bisa mendapatkan berbagai perangkat elektronik di Sinarmulia, mulai dari komputer, laptop, printer, smartphone, tinta toner, aksesori komputer, hingga software dengan garansi resmi.

Selain melalui e-commerce, Anda juga bisa mengunjungi jaringan toko fisik Sinarmulia yang ada di Mangga Dua Mall, Poins Square, Mall Ambasador, Tanjung Duren, Tangerang City Mall, dan Bekasi Cyber Park.

Untuk kualitas terbaik dan jaminan keamanan produk, pastikan Anda membeli perangkat laptop atau printer di toko tepercaya. Kunjungi dan follow toko Sinarmulia melalui Shopee https://shopee.co.id/hp.sinarmulia?v=907&smtt=0.0.3

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com