Advertorial

Ready Set Rise 2 Wujudkan Karier Impian Profesional Muda

Kompas.com - 24/03/2021, 10:48 WIB

KOMPAS.com – Pada Maret 2020, pandemi Covid-19 pertama kali memasuki Tanah Air dan langsung mengubah hampir seluruh tatanan kehidupan masyarakat. Kondisi ini juga berpengaruh besar terhadap generasi muda yang baru mulai meniti karier.

Selama masa pandemi, peluang karier menjadi lebih sedikit. Sementara, lapangan pekerjaan banyak dibutuhkan pencari kerja maupun generasi muda yang baru lulus perguruan tinggi.

Hal tersebut membuat generasi muda harus lebih menonjol agar mampu bersaing. Untuk itu, mereka dituntut memiliki kualitas dan potensi diri yang lebih unggul.

Selain itu, perubahan yang cepat dan situasi yang tidak bisa diduga menuntut tenaga kerja untuk lebih kreatif, efektif, adaptif, dan produktif.

Melihat kondisi tersebut, Growth Center Kompas Gramedia bersama Klob, bagian dari Dayalima Group, kembali menghadirkan acara bursa kerja virtual bertajuk “Ready Set Rise 2” pada 16-20 Maret 2021.

Acara tersebut bertujuan mendukung serta mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda dalam menghadapi peluang serta tantangan di dunia kerja.

Ready Set Rise 2 juga membantu para pencari kerja untuk menemukan peluang sesuai keterampilan dan nilai yang dimiliki, terutama para lulusan baru yang masih awam dengan dunia kerja.

Dengan demikian, semangat lulusan baru dan profesional muda terpacu agar bisa meningkatkan kualitas diri dan berkompetisi dengan para pencari kerja lain.

Melalui sejumlah rangkaian acara Ready Set Rise 2, peserta diharapkan siap menghadapi peluang yang akan datang, berani menetapkan standar baru, dan bangkit kembali menghadapi tantangan dunia kerja.

Sejumlah lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas pun tersedia di acara tersebut. Hal ini guna mendukung terciptanya kesempatan yang sama bagi setiap individu.

Tak hanya bursa kerja, kegiatan tersebut juga menghadirkan rangkaian acara yang mengasah keterampilan, seperti seminar daring dan lokakarya.

Pada salah satu rangkaian kelas virtual Ready Set Rise 2, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, dunia tengah mengalami disrupsi besar. Akibatnya, talenta baru yang lebih relevan dituntut untuk hadir di masa mendatang.

“Industri 4.0 melahirkan banyak sekali inovasi teknologi yang mengubah kehidupan manusia dengan sangat cepat. Perubahan ini tentu saja membutuhkan talenta baru yang berbeda dari sebelumnya, yaitu mereka yang hebat dalam menjawab tantangan zaman,” kata Pratikno dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/3/2021).

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak yang turut mengisi kelas Ready Set Rise 2 mengatakan, milenial dan Gen Z merupakan generasi yang hebat.

“Walaupun tidak dipantengin bosnya, mereka akan tetap selesai kerjanya. Karena anak muda zaman sekarang yang paling penting adalah bekerja dengan efektif dan produktif,” tambahnya.

Selain Mensesneg dan Wagub Jatim, Ready Set Rise 2 juga menghadirkan sejumlah narasumber ahli dari berbagai bidang.

Ready Set Rise 2 pun menjadi ajang yang ramah bagi kaum disabilitas. Pasalnya, selain menyediakan lowongan pekerjaan untuk kaum disabilitas, seminar daring yang diadakan pun menghadirkan typist atau orang yang bertugas untuk melakukan transkrip selama pemaparan berlangsung.

Sebagai informasi, acara tersebut menghadirkan 20 perusahaan dan 174 lowongan pekerjaan. Hal ini mampu menarik hati 7.000 pelamar kerja.

Antusiasme peserta dan pengunjung Ready Set Rise 2 terlihat dari keaktifan mereka bertanya pada saat seminar daring dan lokakarya. Jumlah kunjungan situs acara ini pun cukup tinggi, yakni 100.000 pengunjung.

Salah satu peserta Ready Set Rise 2, Alitta Rizki, mengatakan bahwa acara tersebut sangat membantu untuk lulusan baru.

Posisi pekerjaan yang disediakan, tambah Rizki, ramah untuk lulusan baru yang belum banyak memiliki pengalaman.

“Saya senang bisa menjadi peserta dalam acara ini karena bermanfaat untuk teman-teman lulusan baru. Kalau ada acara seperti ini lagi, saya pasti akan ikut lagi,” katanya.

Tidak hanya bagi lulusan baru, profesional muda seperti Ratu Upisika juga merasakan manfaat dari penyelenggaraan Ready Set Rise 2 bagi perkembangan kariernya.

“Saya menemukan best practice dari acara ini yang bisa saya terapkan di tempat kerja dari acara ini,” ungkapnya.

Menurut Ratu, berbagai tema yang tersedia dalam acara Ready Set Rise 2 mampu menjawab kebutuhan keterampilan di dunia kerja. Materi yang disampaikan pun terbilang komprehensif.

“Rasanya, ilmu yang saya dapat dari sini tidak hanya akan bermanfaat bagi diri saya sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar saya. Ilmu dari acara ini nagihbanget,” tutur Ratu.

Meski telah selesai dilaksanakan, penyelenggara Ready Set Rise 2 berharap para pencari kerja, khususnya lulusan baru dan profesional muda, untuk tidak mudah patah semangat.

Antusiasme para peserta dan pengunjung saat acara berlangsung membuktikan bahwa pemuda-pemudi masa kini merupakan individu yang tekun untuk belajar serta gigih dalam membangun karier.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com