Advertorial

Asam Lambung Naik karena Stres di Masa Pandemi, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 24/03/2021, 11:09 WIB

KOMPAS.com – Pandemi yang diakibatkan oleh virus corona sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Selama itu pula, beragam kebijakan diterapkan untuk meminimalisasi penyebaran virus.

Salah satunya adalah bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Kebijakan ini awalnya disambut dengan tangan terbuka oleh pekerja.

Namun, seiring waktu berjalan, beberapa pekerja mulai mengalami kendala dalam menjalankan WFH. Penyebabnya beragam, mulai dari kesulitan membagi waktu hingga susah memisahkan kehidupan pribadi dan kantor.

Kendala tersebut berdampak pula pada kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Hasil survei PPM Manajemen menunjukkan, sebanyak 80 persen karyawan mengalami gejala stres selama pandemi, seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Gejala stres dapat memicu permasalahan kesehatan fisik, salah satunya gastroesophageal reflux disease (GERD).

Untuk diketahui, GERD merupakan penyakit yang disebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Gejala penyakit ini meliputi rasa terbakar di dada (heartburn), mulut terasa asam akibat regurgitasi, suara serak, nyeri saat menelan, erosi pada gigi, nyeri dada, rasa pahit di lidah, dan rasa terganjal di kerongkongan.

Seseorang yang mengalami gejala GERD hendaknya langsung diberikan penanganan. Jika tidak ditangani dengan segera, GERD dapat memicu komplikasi.

Misalnya, peradangan pada esofagus atau esofagitis yang dapat menyebabkan pendarahan hingga luka jaringan parut pada esofagus. Jaringan parut dapat membuat esofagus menjadi lebih sempit dan akan mengganggu proses menelan.

Selain itu, diberitakan Kompas.com, Kamis (25/2/2021), 10 hingga 15 persen penderita GERD berkepanjangan berpotensi mengalami masalah kesehatan yang lebih serius. Salah satunya adalah Esofagus Barret yang bisa menjadi kanker esofagus di kemudian hari.

Bagi penderita GERD, makanan sehat dan kaya akan serat, seperti semangka, pisang, melon, dan kurma, penting dikonsumsi agar kadar asam lambung tetap stabil.

Khusus untuk kurma, makanan ini punya manfaat ganda. Selain kaya serat, buah yang banyak ditemui di Timur Tengah ini bersifat basa sehingga dapat membantu mengurangi keasaman yang ditimbulkan oleh residu atau sisa hasil pencernaan di lambung.

Penderita GERD dapat mengonsumsi kurma secara rutin untuk membantu menstabilkan asam lambung agar tidak terjadi regurgitasi.

Penderita GERD bisa pula menjalankan program sehat Realfood untuk mengatasi asam lambung. Program sehat ini bertujuan untuk menyelaraskan pola hidup sehat selama 12 hari dengan mengonsumsi minuman sehat Realfood Bird’s Nest Concentrate.

Realfood diproduksi secara modern dan higienis dengan standar internasional ISO 22000 yang diformulasi khusus.

Realfood juga dibuat tanpa tambahan bahan pengawet dan dapat bertahan hingga 12 bulan di suhu ruang dalam keadaan vakum dan tersegel berkat teknologi vacuum cap.

Demi menjaga asam lambung tetap stabil, Anda dapat mencoba program sehat Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ yang memiliki kandungan kurma. Ekstrak kurma yang terkandung pada kedua program ini dapat membantu memelihara mukosa lambung.

Selain itu, program Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ juga dapat membantu Anda untuk menjaga imunitas dan metabolisme tubuh. Hal ini berkat kandungan asam sialat yang ada pada Realfood Bird’s Nest Concentrate.

Manfaat lainnya kandungan kurma dalam program Realfood Ever Glow juga dapat menambah energi sehingga bisa menjaga kebugaran tubuh. Sebab, kurma mengandung sukrosa, glukosa, dan fruktosa tinggi.

Program sehat Realfood juga dapat membantu menghambat penuaan dini. Ini lantaran kandungan epidermal growth factor (EGF) dalam Realfood Bird’s Nest Concentrate yang dapat menstimulasi pembelahan dan pertumbuhan sel serta meningkatkan regenerasi dan pertumbuhan jaringan. 

Agar bisa mendapatkan khasiat lebih maksimal, ada baiknya minuman sehat pada program tersebut dikonsumsi rutin saat perut kosong agar penyerapan zat-zat aktif dapat bekerja dengan baik. Adapun waktu yang tepat untuk mengonsumsinya adalah satu jam sebelum sarapan atau tiga jam setelah makan malam.

Selain Ever Glow dan Ever Glow+, Realfood juga menyediakan program sehat lainnya, yakni Forever Young, Forever Young+, Wonder Mom, Stay Fit, Royal Wellness, Pure Wellness, Hair Power, dan Bright Sight.

Untuk informasi lebih lengkap terkait program sehat Realfood, Anda bisa mengklik tautan berikut. Yuk, jaga kesehatan lambung dengan menjalankan program Realfood Ever Glow dan Ever Glow+ 12 hari.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com