Advertorial

KB Bukopin Kenalkan Nama dan Logo Baru di Makassar

Kompas.com - 24/03/2021, 20:13 WIB

KOMPAS.com – Bank KB Bukopin menggelar customer gathering sekaligus memperkenalkan nama dan logo barunya di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (23/3/2021).

Nama dan logo baru dengan tagline “Bersama, Kita Bintang Finansialnya” ini telah diperkenalkan pada acara serupa yang berlangsung di Surabaya, Jakarta, dan Bandung.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Komisaris Utama Independen Sapto Amal Damandari, President Director KB Bukopin Rivan A Purwantono, dan Chief Strategic Officer Ji Kyu Jang.

Kemudian, Executive Vice President (EVP) Sales Distribution Iman Hurustyadi, Senior Vice President (SVP) Business Regional V Suko Hadiananto, Vice President (VP) Corporate Secretary Meliawati, Branch Manager Makassar Akhmad Yogi Wirawan, dan Branch Manager Parepare Herlin P Syukur

Selain itu, hadir pula perwakilan nasabah prioritas cabang Makassar dan Parepare, serta perwakilan nasabah di wilayah Sulawesi.

Sebagai informasi, PT Bank Bukopin Tbk mengumumkan perubahan nama menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Selasa (23/2/2021). Langkah ini diambil karena terjadi perubahan struktur kepemilikan saham perseroan.

Per 30 Desember 2020, saham Bank Bukopin dimiliki oleh KB Kookmin Bank sebesar 67 persen, PT Bosowa Corporindo sebesar 11,68 persen, Negara Republik Indonesia sebesar 3,18 persen, dan masyarakat mencapai 18,14 persen.

Rivan A Purwantoro mengatakan, meski tampil dengan wajah baru, pihaknya akan tetap berdedikasi untuk memberikan layanan dan solusi yang terbaik bagi para nasabah.

“Kami juga tidak akan menghilangkan ciri khas kami, yaitu memfokuskan layanan pada segmen usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta ritel yang telah menjadi akar rumput bisnis KB Bukopin,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (24/3/2021).

Rivan optimistis bahwa Bank KB Bukopin siap bertransformasi menjadi layanan finansial dan bank nomor satu di Indonesia. Sebab, pengalaman KB Kookmin Bank dan Bank Bukopin dalam kancah global dapat bersatu untuk kemajuan Indonesia.

Untuk diketahui, proses transformasi Bank Bukopin menjadi Bank KB Bukopin menjadi simbol perjalanan rebranding telah dimulai sejak September 2020.

Transformasi tersebut sesuai dengan amanat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang berlangsung pada 22 Desember 2020. Hasil rapat tersebut kemudian disetujui oleh regulator OJK pada 23 Februari 2021.

Sejak itulah, PT Bank Bukopin Tbk resmi berganti nama menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk atau yang dikenal dengan KB Bukopin.

Pada kesempatan yang sama, Ji Kyu Jang juga memperkenalkan diri secara langsung kepada para nasabah yang berada di wilayah Makassar. Selaku majority shareholder KB Bukopin, Jang merupakan perwakilan KB Kookmin Bank.

Rebranding ini bukan sekadar proses penggantian nama dan logo, melainkan juga sebuah penggabungan komitmen antara KB Kookmin Bank dan Bank Bukopin,” kata Jang.

Jang menjelaskan, KB Bukopin berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dalam menghadapi tantangan di industri keuangan dan perekonomian.

“Di samping itu, kami juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah di seluruh jaringan operasional,” imbuh Jang.

Jang meyakini, KB Bukopin akan menduduki Top 10 Bank dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya, saat ini, KB Bukopin memiliki kekuatan domestik yang ditopang sejarah pendirian Bank Bukopin dan akar kuat di segmen UMKM, termasuk koperasi.

“Hal itu juga didukung oleh kekuatan KB Kookmin Bank dari sisi manajemen risiko, informasi teknologi, serta jaringan yang luas dan mendunia,” jelas Jang.

Sebagai informasi, acara perkenalan nama dan logo yang dikemas dengan sederhana, hangat, dan kekeluargaan ini dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Setiap undangan yang hadir telah dinyatakan negatif Covid-19. Pihak panitia juga melakukan pengaturan jarak antar-undangan dan jumlah undangan tidak melebihi 50 persen kapasitas ruangan.

KB Bukopin masih akan melanjutkan pengenalan nama dan logo tersebut di beberapa kota lain di Indonesia. Langkah ini menjadi salah satu upaya untuk lebih mendekatkan citra baru perseroan dengan nasabah dan masyarakat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com