Advertorial

Pertamina Berupaya Padamkan Kebakaran Kilang Balongan, Pasokan BBM ke Masyarakat Normal

Kompas.com - 29/03/2021, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Insiden kebakaran terjadi di Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) pukul 00.45 WIB. Hal ini menyebabkan tangki T-301G terbakar.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin, Pertamina mengabarkan bahwa tim health, safety, security, and environmental (HSSE) Kilang Pertamina Balongan tengah fokus memadamkan api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan tersebut.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti. Namun, pada saat kejadian dilaporkan sedang turun hujan deras disertai petir.

Selain itu, Pertamina juga tengah melakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak sekaligus mencegah kebakaran semakin meluas.

Pertamina juga telah menyiapkan tempat evakuasi dan pengosongan sementara di Gelanggang Olahraga (GOR) Perumahan Bumi Patra dan Pendopo Kabupaten Indramayu untuk warga di sekitar kilang.

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang dan menjauh dari lokasi kebakaran.

Sebagai informasi, saat insiden terjadi, ada empat warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar. Korban pun langsung dirujuk untuk mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indramayu.

Saat ini, Pertamina dibantu Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan pemblokiran jalan di sekitar lokasi.

Atas insiden tersebut, Pertamina tetap memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke masyarakat tidak terganggu dan hingga saat ini masih berjalan normal.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com