Advertorial

Dirut Pertamina Turun Langsung Memastikan Penanganan Pemadaman di Kilang Balongan

Kompas.com - 30/03/2021, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Usai menggelar konferensi pers di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati langsung menuju ke lapangan untuk memastikan penanganan insiden tangki T-301 di area Kilang Balongan berjalan dengan baik, Senin (29/3/2021).

Kunjungan tersebut juga dilakukan untuk melihat secara langsung dampak insiden terhadap operasional kilang, penanganan masyarakat yang tinggal di area sekitar kilang, serta memastikan keamanan pasokan bahan bakar minyak (BBM).

Nicke menjelaskan bahwa insiden tersebut terjadi di area tangki penyimpanan BBM. Luas area yang terdampak sekitar 2 hektare (ha) dari total 180 ha area Kilang Balongan.

"Kalau dilihat tadi (setelah) keliling lapangan, area lain aman dan hingga Senin sore api sudah mulai mengecil," ujar Nicke dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (30/3/2021).

Dari 72 tangki di area kilang dengan total kapasitas 1,35 juta kiloliter (kl), lanjut Nicke, ada empat tangki yang terdampak oleh insiden tersebut. Empat tangki tersebut berkapasitas 100.000 kl atau sekitar 7 persen dari total kapasitas penyimpanan di Kilang Balongan.

"Kami akan lakukan upaya ekstra untuk segera memadamkan api," jelasnya.

Nicke menambahkan, Pertamina terus berupaya memadamkan seluruh titik api di area terdampak dengan memompa air laut. Untuk itu, Pertamina mendatangkan bantuan pompa submersible dari Refinery Unit (RU) IV Cilacap.

"Ketika nanti api sudah bisa dipadamkan, kami baru dapat melakukan start-up untuk mengoperasikan kilang. Tentu kami harus pastikan semuanya aman," ujar Nicke.

Nicke pun meminta kepada semua pihak untuk menunggu hasil investigasi Pertamina dan aparat yang telah melihat langsung ke lokasi. Pertamina juga mengumpulkan semua informasi, baik internal maupun dari masyarakat setempat, untuk menjadi bahan investigasi.

"Saat ini, Pertamina masih fokus untuk penanganan dan dampak insiden. Kami pastikan masyarakat aman," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com