Advertorial

Dukung Program Penataan Sarana dan Prasarana Kota Bandung, Itenas Revitalisasi Halte Kampus

Kompas.com - 13/04/2021, 21:15 WIB

KOMPAS.com - Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung melakukan revitalisasi halte yang berada di lingkungan kampus. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terkait penataan sarana dan prasarana.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/4/2021), Rektor Itenas Bandung Profesor Meilinda Nurbanasari, PhD mengatakan bahwa Halte Itenas mengusung konsep ramah dan eye catching.

Kesan itu dapat dilihat dari desain, pemilihan material bangunan, permainan warna yang mencolok, serta penambahan lampu.

“Tentunya halte ini menjadi ciri khas Itenas yang tidak dimiliki oleh halte-halte lainnya,” kata Meilinda pada acara serah terima Halte Itenas kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung di Gedung Rektorat Itenas Bandung lantai dua, Selasa.

Ia berharap, dengan revitalisasi Halte Itenas, kendaraan umum bisa lebih tertib dalam menaikkan dan menurunkan penumpang.

“Selain itu juga, diharapkan semua warga dapat menjaga Halte Itenas ini dengan baik dan tidak ada tindakan vandalisme,” ujarnya.

Acara serah terima Halte Itenas kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Dok. Itenas Bandung Acara serah terima Halte Itenas kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung

Tak lupa, Meilinda menyampaikan terima kasih kepada pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Halte Itenas. Salah satunya adalah dosen program studi (prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Itenas Dr Phil Eka Noviana, SSn, MA yang merancang konsep fasilitas tersebut.

Terkait pelaksanaan revitalisasi Halte Itenas, Meilinda menjelaskan bahwa pihak kampus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu pada Dishub Kota Bandung untuk mendesain ulang dan merekonstruksi fasilitas tersebut.

Setelah proses revitalisasi rampung, Itenas Bandung menyerahkan halte tersebut kepada Pemkot Bandung melalui Dishub setempat.

Meilinda menyampaikan bahwa selain halte, Itenas Bandung juga telah melakukan pertemuan dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung terkait rencana pembuatan lahan terbuka atau ruang publik di area depan kampus.

“Alhamdulillah, Pak Didi selaku Kadis (Kepala Dinas) PU Kota Bandung memberikan dukungan pada Itenas Bandung terkait pembuatan lahan terbuka yang nantinya tidak hanya dinikmati oleh pihak kampus, tapi juga oleh masyarakat luas,” terang Meilinda.

Sebagai pelaksana tugas revitalisasi pembangunan halte representatif bagi masyarakat, Dishub Kota Bandung menyambut baik dukungan tersebut.

Kadis Perhubungan Kota Bandung EM Ricky Gustiadi, ATD, SE, MT menyampaikan terima kasih pada Itenas Bandung.

Ia berharap, aksi yang dilakukan kampus tersebut dapat menjadi role model  bagi pihak di luar pemerintahan untuk membantu pembangunan fasilitas serta perbaikan sarana dan prasarana Kota Bandung.

“Saya berharap, hal ini akan ditiru oleh perguruan tinggi atau instansi lain, baik pemerintah maupun nonpemerintah,” ujar Ricky.

Ricky menambahkan, Halte Itenas akan diserahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung untuk didata terlebih dahulu.

“Setelah didata, kami akan terima kembali untuk dijaga, dirawat, dan dipelihara selanjutnya,” imbuh Ricky. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com