Advertorial

Menpora Amali Dampingi Presiden Terima Audiensi Pengurus Pusat IMI

Kompas.com - 14/04/2021, 20:28 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima audiensi Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) dan Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) di Istana Merdeka, Rabu (14/4/2021).

Dalam audiensi tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Sementara dari pihak IMI, hadir Ketua IMI Bambang Soesatyo, Sekjen IMI Ahmad Syahroni, dan Wakil Ketua IMI Rifat Sungkar.

Rifat Sungkar mengatakan, agenda utama pertemuan tersebut adalah perkenalan jajaran pengurus baru IMI.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas sejumlah hal, seperti upaya legalisasi modifikasi kendaraan, percepatan transisi bahan bakar listrik, promosi wisata, lingkungan hidup, dan penggalakan corporate social responsibility (CSR) yang melibatkan komunitas.

“Ini satu agenda perkenalan yang sangat baik buat kami karena seluruh jajaran ikut dan Pak Presiden sendiri menyambut positif,” kata Rifat dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu.

Menurut Rifat, IMI memiliki 1.400 event balap dalam satu tahun. Dengan jumlah sebanyak itu, Presiden Jokowi berharap event balap mampu mendongkrak perekonomian di daerah.

"Ini bukan masalah acara balapnya, tapi juga menggerakkan perekonomian Indonesia di masing-masing lokasi balap," kata Rifat.

Tak lupa, Rifat juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa pihaknya ikut mempromosikan kampanye safety road atau keamanan dalam berkendara. Kampanye tersebut melibatkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Presiden tadi langsung menjawab pemaparan dari ketua kami. Beliau sangat senang karena dengan naungan ini. Kami juga mendapat banyak arahan untuk pembinaan atlet dan pelaksanaan event, mulai dari skala klub sampai internasional," ujar Rifat.

Pada kesempatan yang sama, Menpora Amali melaporkan perkembangan kompetisi Piala Menpora 2021.

“Saya mendampingi Presiden menerima kedatangan pengurus IMI bersama Bambang Soesatyo. Selanjutnya, saya melapor ke Presiden tentang pelaksanaan kompetisi pramusim. Ternyata, Presiden memantau juga, bahkan nonton di TV,” ujar Amali.

Menurut Amali, Jokowi mengapresiasi pelaksanaan kompetisi pramusim karena penggemar sepak bola sangat patuh terhadap imbauan untuk tidak datang berkerumun ke stadion.

“Presiden memberi arahan kepada kami supaya Liga 1 dan Liga 2 dipersiapkan dengan baik,” terangnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com