Advertorial

PermataMobile X, Solusi Praktis untuk Bayar Tagihan Selama #DirumahAja

Kompas.com - 14/04/2021, 20:52 WIB

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi memberikan kemudahan dalam membayar tagihan. Cukup melalui smartphone, tagihan air, listrik, internet, kartu kredit, asuransi, dan pinjaman bank dapat dibayar dengan segera dari mana saja dan kapan saja

Meski mudah, ada saja kealpaan saat tiba jatuh tempo tagihan tersebut harus dibayar. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kesibukan, kebiasaan menunda, hingga gangguan teknis.

Alhasil, biaya tambahan seperti denda dan bunga harus dibayar karena keterlambatan tersebut. Pengeluaran pun jadi membengkak.

Agar hal tersebut tidak terjadi, dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik. Tips berikut bisa kamu praktikkan agar tagihan bisa dibayar tepat waktu.

  1. Tentukan prioritas pembayaran

Tagihan utama seperti kredit pemilikan rumah (KPR), biaya pendidikan anak, kredit kendaraan bermotor, dan zakat harus menjadi prioritas setiap bulan. Ketika baru mendapatkan gaji bulanan, langsung alokasikan uang untuk membayar tagihan tersebut.

Dengan begitu, uang tidak akan terpakai untuk kebutuhan lain dan tagihan pun tidak membengkak lantaran tertunda dibayar. Kamu juga akan lebih disiplin mengatur keuangan. 

Selain itu, membayar tagihan di awal membuat kamu tidak terlena oleh jumlah uang yang berada di rekening.

  1. Aktifkan fitur pengingat

Saat ini, teknologi pada ponsel pintar sudah cukup canggih dalam membantu berbagai kebutuhan kamu, termasuk soal keuangan.

Kamu bisa memasukkan tanggal jatuh tempo tagihan atau cicilan yang perlu dibayar setiap bulan dalam kalender ponsel dan aktifkan fitur pengingat.

Agar lebih nyaman, majukan beberapa hari dari tanggal jatuh tempo. Dengan begitu, kamu tidak akan terlambat membayar dan terbiasa melunasi cicilan lebih cepat melalui fitur pengingat tersebut.

  1. Hindari menunda membayar tagihan

Keinginan untuk berbelanja merupakan salah satu godaan terbesar saat menerima gaji. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tagihan dan cicilan merupakan kewajiban pertama yang harus dibayar.

Seperti diketahui, menunda membayar tagihan akan berujung pada bunga atau denda. Semakin lama ditunda, akan semakin besar nominal denda tagihan. Hal ini akan membuat kamu kewalahan menyelesaikan tagihan.

Karenanya, utamakan membayar tagihan bulanan sebelum berbelanja.

  1. Gunakan aplikasi mobile banking

Saat ini, hampir semua transaksi perbankan dilakukan secara digital. Hal ini tak terlepas dari layanan mobile banking dan internet banking yang dihadirkan sejumlah bank. Terlebih, layanan ini dapat digunakan untuk membayar tagihan bulanan.

Selain membuat transaksi keuangan menjadi lebih praktis, layanan tersebut juga memudahkan pengguna karena dapat diakses tanpa perlu keluar rumah. Dengan demikian, transaksi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Untuk menikmati kemudahan membayar berbagai tagihan, kamu bisa menggunakan fasilitas mobile banking besutan PermataBank, yaitu PermataMobile X.

PermataMobile X menawarkan berbagai inovasi digital berupa rangkaian produk perbankan dan 200 fitur layanan yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone.

Beberapa fitur unggulan dari aplikasi mobile banking tersebut sudah mendukung berbagai fitur. Misalnya, pembayaran melalui kode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR yang distandarisasi oleh Bank Indonesia (BI).

PermataMobile X juga bisa melakukan mutasi transaksi hingga 12 bulan. Kelebihan ini bisa memudahkan kamu melacak pengeluaran selama setahun.

Selain itu, PermataMobile X juga memudahkan proses login dengan menggunakan fitur pemindaian sidik jari dan face identity (Face ID).

Berbagai produk PermataBank yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi mobile banking tersebut di antaranya tabungan, deposito, reksa dana, kartu kredit, cicilan (SimplePay), dana tunai (Mobile Cash), hingga pengajuan kredit tanpa agunan (KTA).

Aplikasi PermataMobile X juga dapat digunakan untuk transaksi reksa dana, mulai dari switching, penjualan, hingga pembelian unit.

Khusus pemegang kartu kredit PermataBank, permohonan kenaikan limit sementara dan penambahan kartu kredit dapat dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu, kamu bisa memasukkan tagihan bulanan ke dalam fitur “Favorit”. Dengan fitur ini, transaksi bulanan jadi lebih mudah karena tidak perlu memasukkan nomor tagihan secara berulang.

Semua kemudahan tersebut bisa kamu dapatkan melalui aplikasi PermataMobile X. Aplikasi ini dapat diunduh di PlayStore (Android) dan AppStore (iOS).

Pemilik tabungan PermataBank bisa melakukan registrasi dengan menggunakan nomor kartu debit yang dimiliki dan mengikuti beberapa tahapan yang tertera di aplikasi.

Jika belum memiliki rekening PermataBank, kamu bisa membuka rekening secara online langsung di aplikasi tersebut. Dengan begitu, kamu tidak perlu datang ke kantor cabang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com