Advertorial

Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat, Presiden Apresiasi Penyelenggaraan Piala Menpora 2021

Kompas.com - 15/04/2021, 18:54 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi penerapan regulasi dan protokol kesehatan yang ketat pada ajang pramusim Piala Menpora 2021. Bahkan, Presiden Jokowi puas dengan penyelenggaraan ajang yang sudah memasuki babak empat besar itu.

Pernyataan Presiden tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali pasca keduanya bertemu di Istana Negara, Rabu (14/4/2021).

“Pak Presiden menonton pertandingan-pertandingan itu (Piala Menpora). Karena pada saat saya melaporkan beliau menyampaikan, ‘Ya saya lihat pertandingan di TV,” kata Amali dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Menurut Amali, Presiden sangat senang dan memberikan apresiasi kepada masyarakat dan para pencinta sepak bola karena telah mematuhi aturan protokol kesehatan. Selama pelaksanaan Piala Menpora 2021, pencinta sepak bola dengan setia menonton dari rumah, tidak datang ke stadion atau nonton bareng.

“Beliau mengapresiasi penggemar, pencinta klub, dan suporter yang sangat patuh terhadap imbauan tidak datang berkerumun ke stadion, tidak nonton bareng, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Melihat kesuksesan Piala Menpora 2021, Jokowi pun memberi arahan kepada Amali agar mengkaji dan menganalisis terkait kemungkinan menghadirkan penonton secara terbatas pada Liga 1 dan Liga 2 . Kompetisi ini akan bergulir usai Lebaran.

“Bapak Presiden meminta kami untuk membuat kajian dan melihat (data) percepatan vaksinasi. Tentu kami akan hitung betul itu. Beliau pun memberi arahan pada saya untuk berkomunikasi dengan penyelenggara, dalam hal ini Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB),”jelasnya.

Meski sudah ada arahan dari Presiden Jokowi, Amali memastikan tidak akan gegabah dalam mengeluarkan keputusan. Pasalnya, ia juga harus berkoordinasi dengan kepolisian untuk memberikan izin keramaian.

“Bapak Presiden sudah membuka peluang itu dan sudah menyampaikan kepada saya untuk mengkaji. Jadi, mengkaji bukan mengizinkan. Coba dikaji kira-kira seperti apa, tetapi saya harus berkomunikasi dengan penyelenggara keamanan untuk hal tersebut,” katanya. 

Sebagai informasi, selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, semua pemain dan yang terlibat di Piala Menpora juga telah menjalani vaksinasi. Hal itu dilakukan sebagai langkah awal persiapan kompetisi.

Selanjutnya, Menpora menyampaikan belum mengetahui apakah Presiden akan menyempatkan diri nonton final Piala Menpora 2021 secara langsung di lapangan. Namun, Amali memastikan, Jokowi mendukung pulihnya kegiatan olahraga di Tanah Air.

“Saya belum dapat konfirmasi apakah beliau hadir di lapangan atau tidak. Kami maklum kesibukan beliau sangat banyak. Kalau beliau akan datang, akan kami siapkan,” ujar Amali.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com