Advertorial

Ini 4 Manfaat Memasak Sendiri Menu Buka Puasa dan Sahur

Kompas.com - 16/04/2021, 15:27 WIB

KOMPAS.com – Ramadhan sudah tiba. Selama satu bulan penuh, umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Santap sahur dan berbuka puasa pun jadi momen istimewa pada bulan ini.

Berbeda dengan makan pada hari lainnya, hidangan berbuka dan santap sahur biasanya disiapkan dengan lebih spesial. Oleh sebab itu, daripada membeli atau bersantap di luar, menu hidangan berbuka dan santap sahur sebaiknya dimasak sendiri.

Selain mendukung kebijakan physical distancing untuk tetap di rumah selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, memasak sendiri juga memiliki sejumlah manfaat.

Berikut empat manfaat memasak sendiri hidangan berbuka dan santap sahur selama bulan suci Ramadhan.

  1. Lebih sehat

Dengan menyiapkan makanan sendiri, Anda bisa memastikan semua bahan yang digunakan dalam keadaan segar. Selain itu, peralatan masak dan makan yang digunakan dapat dipastikan kehigienisannya.

Anda juga bisa menyesuaikan proses memasak sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kesehatan Anda dan keluarga. Sebagai contoh, bagi penderita kolesterol tinggi, Anda akan cenderung menghindari makanan yang digoreng.

  1. Meredakan stres

Meski terkesan ribet, ternyata memasak justru bisa mengurangi tingkat stres. Melansir laman BBC, Rabu (3/2/2021), beberapa peneliti dari National Institutes of Health menemukan bahwa orang dewasa memiliki lebih banyak emosi positif ketika melakukan kegiatan yang kreatif. Contohnya, menciptakan karya seni, membuat lagu, mengaransemen musik, menulis, dan memasak.

Salah satu peneliti yang terlibat, Nicole Farmer, mengatakan bahwa gerakan fisik selama memasak, seperti memotong atau menguleni, dapat meredakan stres dan kecemasan.

  1. Mempererat hubungan

Kreativitas dan emosi positif yang timbul saat Anda memasak dapat mempererat hubungan sosial. Hal ini terjadi karena memasak akan memberikan kebahagiaan ketika Anda menyajikan masakan tersebut kepada orang lain. Begitu pula sebaliknya, seseorang yang diberikan masakan akan merasa spesial.

Manfaat positif lain juga bisa timbul ketika Anda dan keluarga memasak bersama dalam menyiapkan hidangan berbuka atau santap sahur. Kegiatan ini dapat menumbuhkan kebiasaan saling membantu.

Selain itu, lewat memasak pula, anggota keluarga bisa saling belajar manajemen konflik. Pasalnya, untuk menghasilkan masakan yang enak dan terhidang tepat waktu, dibutuhkan komunikasi dan kerja sama dari anggota keluarga.

  1. Lebih hemat

Alokasi biaya belanja selama Ramadhan kerap lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan lainnya. Sebab, menu untuk berbuka serta sahur biasanya dibuat dengan lebih lengkap dan beragam.

Oleh sebab itu, dibandingkan dengan membeli makanan di luar atau makan di restoran, memasak makanan sendiri dapat menghemat anggaran bulanan. Anda juga dapat membeli bahan makanan sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

Untuk mendapatkan bahan makanan dengan lebih hemat dan tanpa keluar rumah, Anda bisa membelinya secara online melalui marketplace, seperti Tokopedia.

Sebagai informasi, saat ini, Tokopedia tengah mengadakan pesta promo Ramadhan bertajuk Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan (WIB Spesial Ramadan) yang berlangsung hingga 12 Mei 2021.

Pada Promo WIB Spesial Ramadan tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai bahan makanan dengan diskon hingga 90 persen. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan promo bebas ongkos kirim (ongkir) sepuasnya dan berbagai cashback spesial yang tentunya akan membuat belanja Anda semakin hemat.

Untuk mendapatkan promo yang lebih menarik, Anda dapat menyaksikan WIB TV Show. Program bulanan dari Tokopedia TV Show ini digelar tiap tanggal 25.

Yuk, bikin menu makanan santap sahur dan buka puasa spesial di rumah dengan bahan-bahan yang disediakan di Tokopedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com