Advertorial

Permudah Penumpang, Pelindo III Sediakan Layanan Pemeriksaan Ge-Nose C19 di Sejumlah Pelabuhan

Kompas.com - 17/04/2021, 13:42 WIB

KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyediakan layanan pemeriksaan Ge-Nose Covid-19 (Ge-Nose C19) di sejumlah pelabuhan Indonesia.

Pemeriksaan Ge-Nose C19 mulai dibuka Sabtu (17/4/2021) di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Selanjutnya, layanan pemeriksaan Ge-Nose C19 akan tersedia secara bertahap di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Banjarmasin.

"Mulai hari ini, layanan Ge-Nose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp 30.000 untuk setiap orang sekali periksa,” jelas Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Penyediaan layanan Ge-Nose C19 di sejumlah pelabuhan, lanjut Edi, diharapkan dapat mempermudah calon penumpang untuk melakukan deteksi Covid-19. Seperti diketahui, pemeriksaan Covid-19 merupakan syarat wajib bagi penumpang untuk melakukan perjalanan, baik darat, laut, maupun udara.

“Metode ini (Ge-Nose C19) paling terjangkau jika dibandingkan metode pemeriksaan lainnya. Harapan kami, (Ge-Nose C19) bisa mengurangi beban biaya para penumpang," katanya.

Dijelaskan Edi, untuk sementara, Pelindo III menyediakan dua unit alat dengan kapasitas pemeriksaan kurang lebih 200 orang per hari. Jika dirasa perlu, jumlah alat tidak menutup kemungkinan akan ditambah.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus H Purnomo mengapresiasi langkah Pelindo III menyediakan layanan Ge-Nose C19. Upaya ini turut membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19.

“Kita tahu (alat) ini biayanya cukup terjangkau sehingga masyarakat tak lagi terbebani dengan biaya tambahan selama bepergian, seperti rapid test dan lainnya,” ujarnya.

Agus berharap semua pelabuhan dan sarana angkutan laut bisa memiliki fasilitas pemeriksaan Ge-Nose C19.

Sebagai informasi, layanan pemeriksaan Ge-Nose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak dapat diakses setiap hari oleh calon penumpang kapal laut. Layanan pemeriksaan sudah dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Syarat untuk mendapatkan layanan tersebut cukup mudah. Calon penumpang kapal hanya perlu menunjukkan tiket kapal laut.

Selain menyediakan layanan pemeriksaan, Pelindo III juga menyiapkan ruang isolasi bagi calon penumpang yang memperoleh hasil positif dari pemeriksaan Ge-Nose C19.

Calon penumpang tersebut selanjutnya akan diarahkan untuk menuju fasilitas pemeriksaan rapid antigen secara mandiri untuk validasi hasil.

Jika masih mendapatkan hasil positif, calon penumpang tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam fasilitas terminal.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com