Advertorial

Selain Tingkatkan Imun, Ini 3 Manfaat Menjaga Kualitas Tidur Bagi Tubuh

Kompas.com - 22/04/2021, 20:32 WIB

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah mengubah pola hidup dan aktivitas sehari-hari. Adanya ritme baru dalam menggabungkan aktivitas luar dengan aktivitas di rumah, tak jarang membuat orang-orang merasa kewalahan dan stres.

Belum lagi, kekhawatiran akan pandemi yang belum berakhir turut menjadi beban mental. Hal tersebut kerap berdampak pada kualitas tidur.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Senin (12/10/2020), seorang dokter pengobatan tidur dan profesor kedokteran klinis, Ilene Rosen mengatakan rasa cemas dan stres selama pandemi bisa menyebabkan coronasomnia.

“Coronasomnia adalah istilah yang digunakan untuk masalah tidur yang berhubungan dengan pandemi. Ini adalah dampak dari ketidakpastian dan rentetan informasi yang kita peroleh,” ujar Rosen.

Oleh karenanya, dalam menghadapi situasi yang serba tidak menentu seperti sekarang ini, menjaga kualitas tidur menjadi salah satu hal yang penting. Sebab, tidur dapat meningkatkan kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Ahli psikoneuroimunologi dari Harvard Medical School, Monika Haack mengamini hal tersebut. Menurutnya, tidur dalam porsi yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

“Banyak bukti ilmiah menunjukkan, tidur yang cukup dapat membantu tubuh mencegah atau melawan segala jenis infeksi,” ucap Haack, seperti dikutip dari National Geographic, Kamis (1/8/2020).

Terlebih, daya tahan tubuh yang terjaga menjadi aspek penting agar tubuh mampu menghindari paparan Covid-19. Oleh karenanya, menjaga kualitas tidur yang baik bisa menjadi langkah awal untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Selain meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh, ada sederet manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menjaga kualitas tidur dengan baik. Berikut penjelasannya.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Saat tidur, otak sebagai salah organ tubuh akan ikut beristirahat. Maka dari itu, kualitas tidur yang baik akan turut meningkatkan kinerja otak.

Laman Sleep Foundation menyebut, kualitas tidur yang baik akan membuat otak lebih mudah berkonsentrasi. Hal ini disebabkan otak telah melalui masa ‘tenang’ dan siap untuk bekerja secara optimal kembali.

Dengan demikian, otak akan lebih mudah menyerap dan mengingat informasi, serta membuat keputusan secara tepat.

  1. Mengurangi stres

Selain meningkatkan kinerja otak, kualitas tidur yang baik juga dapat menciptakan suasana hati yang lebih tenang dan mengurangi stres.

Director of Sleep Medicine St. Luke's-Roosevelt Hospital Center New York, Raymond Jean menyebut, kualitas tidur yang baik berkaitan dengan tingkat stres seseorang.

“Tidur (nyenyak) ampuh mengurangi tingkat stres. Saat seseorang tidur dengan nyenyak, tubuhnya akan otomatis mengontrol tekanan darah supaya normal,” ujar Jean, seperti dikutip dari Health.com, Kamis (4/3/2021).

  1. Mencegah risiko penyakit

Seseorang dengan kualitas tidur yang baik biasanya jarang terbangun di malam hari. Tubuh pun terasa segar saat terbangun di esok hari.

Sebaliknya, saat seseorang tidak mendapat kualitas tidur yang baik pada malam hari, mereka cenderung lebih cepat merasa cemas, lelah, hingga depresi. Akibatnya, melakukan aktivitas jadi terhambat dan tidak optimal.

Kembali melansir laman Healthline, kualitas tidur yang kurang baik dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Tingkatkan kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik akan menjaga tubuh tetap sehat dan produktif. Karenanya, jaga kualitas tidur agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tidur, diantaranya adalah:

  • Menetapkan jadwal tidur yang konsisten
  • Mengurangi penggunaan gadget sebelum tidur
  • Berolahraga secara rutin
  • Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan makanan berat 1-2 jam sebelum tidur

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi produk herbal. Selama ini, tanaman herbal dikenal dapat memberikan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh, mulai dari meningkatkan imunitas, mencegah penyakit, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Nah, untuk yang ingin memperbaiki kualitas tidur, sekarang Anda bisa mengonsumsi produk herbal yang praktis dan alami yaitu Antangin Good Night sebanyak 2 tablet sebelum tidur.

Antangin Good Night adalah inovasi terbaru dari Antangin yang di formulasikan khusus dengan kandungan 100 persen herbal seperti passion flower, valerian officinalis, jahe, serta bahan herbal lainnya yang efektif untuk memperbaiki kualitas tidur serta mengatasi masuk angin.

Kandungan herbal passion flower dan valerian officinalis terbukti berkhasiat untuk membantu mengurangi gejala kegelisahan, meredakan stress, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tidur agar lebih produktif selama beraktivitas di rumah.

Sertakan selalu Antangin Good Night sebagai teman sehari-hari untuk membuat istirahat lebih berkualitas. Dengan begitu, Anda bisa tetap aktif dan sehat selama beraktivitas.

Dapatkan produk terbaru Antangin Good Night di toko online Deltomed Official Store yang tersedia di Shopee, Tokopedia, blibli, Lazada, Bukalapak, JD.ID, serta di toko obat dan apotek terdekat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com