Advertorial

Baznas Salurkan Paket Ramadhan Bahagia ke 29 Provinsi di Indonesia

Kompas.com - 30/04/2021, 13:37 WIB

KOMPAS.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan Paket Ramadhan Bahagia ke 29 provinsi di Indonesia, Kamis (29/4/2021).

Paket berupa sembako dan alat shalat itu didistribusikan oleh Baznas di tingkat provinsi dan kabupaten atau kota.

Seremoni penyaluran Paket Ramadhan Bahagia dikemas dalam bentuk talk show yang diselenggarakan di Pusat Perbelanjaan Cibubur, Junction, Jakarta Timur.

Adapun talk show tersebut dihadiri oleh Deputy Mall Director Cibubur Junction Kukuh Satyo Budyo, Direktur Utama Baznas Arifin Purwakananta, dan Ketua Panitia Ramadhan Baznas Fitriansyah Agus Setiawan.

Arifin mengatakan, Paket Ramadhan Bahagia merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Baznas. Program ini bertujuan untuk berbagi kebahagiaan dengan para mustahik di bulan Ramadhan.

“Utamanya, bagi masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan pangan dasar sehingga memengaruhi kondisi kehidupan mereka,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (30/4/2021).

Menurut Arifin, sembako dan alat shalat yang disalurkan lewat program tersebut dibeli dengan dana zakat yang diberikan melalui lembaga program Layanan Aktif Baznas (LAB) dan Baznas Tanggap Bencana (BTB). 

“Penerima manfaat merupakan mereka yang termasuk dalam kategori asnaf zakat sesuai dengan had kifayah,” tambahnya.

Arifin menambahkan, pihaknya memastikan Paket Ramadhan Bahagia diberikan ke orang yang tepat.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada sejumlah kelompok rentan, seperti tenaga pendidik, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), buruh informal, buruh formal, korban pemutusan hubungan kerja (PHK), dan pengangguran.

“Semoga kegiatan ini juga memberikan motivasi kepada para mustahik untuk senantiasa bersyukur dan beribadah di masa pandemi Covid-19. Selain itu, untuk menyadarkan masyarakat tentang urgensi zakat dan rasa peduli terhadap sesama,” kata Arifin.

Selain menumbuhkan semangat Gerakan Cinta Zakat kepada masyarakat, program Paket Ramadhan Bahagia juga bertujuan untuk memaksimalkan potensi rukun Islam ketiga. Hal ini dilakukan guna menyejahterakan umat secara lebih luas, terutama pada bulan suci Ramadhan.

“Dengan program Paket Ramadhan Bahagia, kami berharap dapat mencegah terjadinya kelaparan. Terlebih, kepada para keluarga pekerja yang sudah tidak memiliki lahan pekerjaan atau sumber penghasilan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan di masa pandemi,” tambahnya.

Arifin menyebutkan, selain dialokasikan ke sejumlah provinsi di Indonesia, sebagian Paket Ramadhan Bahagia tersebut akan digunakan untuk persediaan.

“Program Paket Ramadhan Bahagia Baznas akan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dengan anggaran sebesar Rp 3,8 miliar. Rata-rata per mustahik akan mendapatkan Rp 309.000,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kukuh mengapresiasi acara Ramadhan yang diinisiasi oleh Baznas tersebut.

“(Pihak) Cibubur Junction sangat senang dan mendukung program Baznas dengan memberikan fasilitas berupa Gerai Zakat. Kami berharap, zakat yang terkumpul dapat disalurkan dengan baik dan benar,” tuturnya.

Sebagai informasi, acara Paket Ramadhan Bahagia digelar dengan menerapkan protokol kesehatan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak (3M). Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com