Advertorial

Hadirkan Teknologi Dolby Vision dan Dolby Atmos, TCL TV 4K HDR Android P725 dan Q725 Berikan Pengalaman Nyata

Kompas.com - 06/05/2021, 18:15 WIB

KOMPAS.com - TCL Electronics meluncurkan televisi (TV) seri terbaru, yakni P725 dan Q725. Kedua seri ini mengusung fitur 4K HDR Android 11 yang dilengkapi dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos.

General Manager TCL Indonesia Peter Chen mengatakan, TCL P725 dan Q725 merupakan TV 4K HDR pilihan terbaik dengan Dolby Vision dan Dolby Atmos yang mampu memberikan pengalaman menonton yang imersif atau “seperti nyata”.

Selain itu, jelas Peter, kedua produk tersebut juga hadir dengan teknologi rumah pintar terkini yang dibutuhkan konsumen.

“Kami berkomitmen menghadirkan produk yang memberikan pengalaman imersif sekaligus dapat terhubung dengan perangkat pintar di rumah (smart home)," ujar Peter dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (30/4/2021).

Sebagai informasi, seri P725 tersedia dengan enam pilihan ukuran, yaitu 43, 50, 55, 65, 75, dan 85 inci. Sementara seri Q725, tersedia dengan tiga pilihan, yaitu 50, 55, dan 65 inci.

Ada beragam fitur yang diunggulkan TCL P725 dan Q725. Salah satunya, visual profesional 4K dan HDR 10 dengan resolusi empat juta piksel. Oleh sebab itu, TCL P725 dan Q725 dapat memberikan kualitas tampilan dengan detail yang menakjubkan. 

Tak hanya itu, kedua seri tersebut juga menggunakan teknologi pemrosesan gambar bergerak Motion Estimation Motion Compensation (MEMC). Teknologi ini memastikan gambar yang dihasilkan lebih tajam, tidak buram, serta stabil, khususnya saat menampilkan tayangan olahraga serta adegan yang bergerak cepat dan penuh aksi. 

Fitur selanjutnya adalah Dolby Vision. Teknologi ini menggabungkan rentang dinamis tinggi (HDR) dengan kemampuan warna cerah. Hasilnya, gambar yang ditampilkan memiliki kualitas yang jelas dengan kecerahan, kontras, warna, dan detail yang mumpuni.

Selain itu, P725 dan Q725 sudah didukung oleh Dolby Atmos yang menempatkan suara dalam ruang multidimensi. Teknologi ini membuat suara bergerak ke seluruh ruangan serta terdengar jernih dan realistis. Dengan begitu, pengguna seakan berada di tengah-tengah arena olahraga, film, atau video game favorit yang ditonton.

Kombinasi antara MEMC, Dolby Vision, serta Dolby Atmos tersebut membuat P725 dan Q725 mampu menghadirkan pengalaman sinematik berkualitas tinggi dengan gambar dinamis dan audio yang imersif.

Launching TCL P725 dan Q725.Dok. TCL Launching TCL P725 dan Q725.

Sementara untuk kebutuhan streaming yang lebih cepat dan stabil, P725 dan Q725 mengandalkan fitur Wi-Fi dual-band 2.4G dan 5G yang dimilikinya.

Kedua seri itu juga didukung oleh HDMI 2.1 yang menghasilkan resolusi video lebih tinggi, refresh rate lebih cepat, serta kecepatan dan kapasitas transmisi yang lebih besar. Hal ini membuat pengalaman menonton TV dan bermain game menjadi lebih baik.

Keunggulan lain dari TV Android itu ada pada fitur Chromecast yang memungkinkan pencerminan layar (screen mirroring) dari perangkat pengguna, misalnya smartphone dan laptop, ke televisi.

Untuk urusan dapur pacu, P725 dan Q725 menggunakan operation system (OS) Android TV terbaru, yaitu Android 11 atau Android R. OS ini membantu pengguna untuk mendapatkan pengoperasian yang mulus dan respons yang cepat.

Teknologi smart home

Teknologi pintar lain yang juga disematkan pada P725 dan Q725 adalah Hands-Free Voice Control 2.0. Dengan dukungan empat mikrofon internal pada perangkat TV, pengguna dapat mengubah saluran siaran, menyetel pengingat, dan menjelajahi layanan streaming melalui perintah suara sederhana. 

Untuk memaksimalkan fitur unggulan tersebut, TCL bekerja sama dengan Bardi Smart Home. Untuk diketahui, Bardi merupakan penyedia perangkat rumah pintar, seperti lampu, remote, dan stop kontak pintar berkualitas dengan harga terjangkau yang ditenagai oleh platform internet of things (Iot) Tuya. 

Dengan Hands-Free Voice Control 2.0, pengguna dapat mengendalikan P725 dan Q725 dengan mengatakan “OK Google” tanpa harus menggunakan remote control.

“Bardi sangat yakin bahwa dengan fitur Hands-Free Voice Control, kelak makin banyak pengguna smart home menjadikan TV TCL sebagai pusat kendali perangkat pintar mereka,” ujar Chief Executive Officer Bardi Ryan Maurice Tallulah.

P725 dan Q725 dilengkapi dengan Hands-Free Voice Control 2.0.Dok. TCL P725 dan Q725 dilengkapi dengan Hands-Free Voice Control 2.0.

Tak hanya itu, P725 dan Q725 juga mendukung panggilan suara (pengenalan suara lebih cepat) dan koneksi ke berbagai perangkat rumah pintar.

Soal tampilan, TCL P725 dan Q725 hadir dengan desain minimalis yang indah. Kedua seri ini dilengkapi dengan bingkai tipis berlapis logam untuk memastikan tampilan maksimal pada layar TV.

Secara umum, TCL P725 dan Q725 memiliki fitur yang sama. Namun, khusus untuk seri Q725, TCL menyematkan teknologi Quantum Dot Display atau yang dikenal sebagai QLED. Teknologi ini dapat menghasilkan 100 persen volume atau lebih dari satu miliar warna. Dengan begitu, tampilan warna di layar akan tampak alami dan lebih halus.

Q725 juga memiliki sistem suara tingkat teater berkat kehadiran soundbar Onkyo yang telah berpengalaman sebagai produsen home theater profesional selama lebih dari 70 tahun. Berkat keunggulannya, Onkyo juga telah 7 kali dinobatkan sebagai home theater terbaik di dunia.

Sebagai TV Android, TCL P725 dan Q725 begitu memanjakan pengguna dengan memberikan akses ke lebih dari 7.000 aplikasi dan 700.000 acara atau film di satu tempat. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh lebih banyak aplikasi dan konten favorit melalui Google Play Store. 

TCL juga bekerja sama dengan Vidio, yakni penyedia layanan video streaming dengan berbagai konten TV streaming, film, sinetron, original series dari berbagai negara, serta pertandingan olahraga dari berbagai bidang.

Sebagai informasi, setiap pembelian TCL P725 dan Q725 pada periode 7 Mei 2021 - 31 April 2022, pengguna akan mendapatkan gratis akses Vidio Premier Platinum selama 90 hari.

Adapun Vidio Premier Platinum adalah layanan streaming subscriptions yang memberikan akses konten-konten eksklusif Vidio kepada penonton.

Informasi selengkapnya mengenai keunggulan dan promo menarik lain mengenai TCL P725 dan Q725 dapat Anda temukan pada tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com