Advertorial

Tebar Energi Kebaikan, Pertamina Salurkan Santunan pada Puluhan Ribu Yatim Duafa

Kompas.com - 07/05/2021, 14:45 WIB

KOMPAS.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pertamina Group berbagi kebahagiaan kepada 22.000 anak yatim piatu dan kaum duafa di berbagai wilayah Indonesia.

Bentuk tebar kebaikan yang diberikan Pertamina pada bulan Ramadhan kali ini berupa dana santunan, bingkisan, dan bantuan corporate social responsibility (CSR).

Adapun santunan tersebut diserahkan melalui pengurus yayasan panti asuhan, pengurus masjid, dan kepala desa atau lurah yang tersebar di 278 titik di seluruh penjuru Tanah Air. Total, santunan yang disalurkan mencapai Rp 5 miliar.

Sebagai informasi, anak yatim dan kaum duafa penerima santunan tersebut sebagian besar berada di wilayah operasi atau proyek Pertamina Group. Mereka menyambut gembira santunan Ramadhan oleh Pertamina.

Bagi mereka, bantuan Pertamina tersebut sangat berarti. Terlebih, di tengah pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun.

Pendiri Panti Yatim Muhammadiyah Cilacap, Jawa Tengah, Ustaz Rachmad Akhsan mengatakan, dukungan dan santunan Pertamina merupakan penyemangat untuk mengembangkan yayasan yang ia kelola.

-Dok. Pertamina -

“Semoga Pertamina mendapatkan keberkahan dalam menjalankan bisnisnya. Santunan dari Pertamina akan kami gunakan sebaik-baiknya,” ujar Rachmad dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Sementara itu, pengasuh Panti Asuhan Ar Rozak, Iskandar, di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Dumai Selatan, Riau, juga merasakan keharuan usai menerima santunan dari Pertamina.

"Alhamdulillah, kami sudah terima santunannya untuk anak di panti asuhan ini. Kami doakan, kegiatan operasi Pertamina berjalan lancar dan di bulan Ramadhan ini mengalir keberkahan bagi semua pihak," kata Iskandar.

Pada kesempatan yang sama, Pejabat sementara (Pjs) Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, momentum Ramadhan selalu dimanfaatkan Pertamina untuk hadir memberikan energi positif bagi masyarakat.

Fajriyah menjelaskan, kegiatan yang dijalankan oleh unit operasi dan anak perusahaan merupakan bagian dari komitmen sosial Pertamina.

Hal itu sejalan dengan nilai environment, social, and governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs). Tujuannya, untuk menghapus kemiskinan dan mengurangi ketimpangan.

Fajriyah berharap, masyarakat yang memiliki keterbatasan secara finansial dapat ikut menikmati kebahagiaan di bulan Ramadhan serta merasakan kehadiran Pertamina di wilayah mereka. 

"Dukungan masyarakat sangat penting dalam memastikan keberhasilan dan keberlanjutan bisnis perusahaan, baik untuk hari ini maupun masa yang akan datang,” terang Fajriyah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com