Advertorial

Punya Rencana Wisata di Kota Malang? Ini Tips 5 Memilih Hotel yang Tepat

Kompas.com - 21/05/2021, 15:44 WIB

KOMPAS.com - Malang dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata di Jawa Timur. Suasana kota yang sejuk membuat banyak orang betah berkunjung ke Malang.

Malang memiliki banyak tempat wisata, mulai dari wisata alam sampai tempat wisata kekinian yang hits dan instagramable. Hal ini bisa membuat orang tak cukup sehari untuk mengunjungi kota ini.

Oleh karena itu, jika berencana berlibur ke Malang, Anda juga harus siap mencari hotel yang nyaman untuk menginap.

Memilih hotel yang tepat memang gampang-gampang susah, terlebih jika Anda baru pertama kali berlibur ke Malang.

Supaya tidak salah pilih hotel, berikut beberapa tips mencari hotel di Kota Malang.

  1. Perhatikan lokasi hotel

Anda bisa memperhatikan lokasi hotel saat mencari penginapan di Malang. Hal ini penting mengingat lokasi hotel menentukan tingkat mobilitas dan efektivitas liburan Anda.

Untuk itu, sebelum memilih lokasi hotel, ada baiknya Anda buat dulu daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi. Bila Anda ingin mengunjungi banyak tempat wisata dengan lokasi yang lumayan terpencar, pilihlah hotel yang berada di tengah-tengah destinasi tujuan.

Waktu liburan Anda pun tidak terbuang percuma karena jarak antara hotel dan lokasi wisata tujuan tidak terlalu jauh. Lokasi hotel yang dekat dengan tempat wisata juga akan memangkas biaya perjalanan Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan bujet untuk hal lain, misalnya, membeli oleh-oleh.

  1. Sesuaikan fasilitas hotel dengan kebutuhan

Salah satu pertimbangan penting saat memilih hotel adalah ketersediaan fasilitas yang sesuai kebutuhan Anda. Bila prioritas Anda menghabiskan waktu berjalan-jalan di Kota Malang, sebaiknya pilih hotel yang tidak terlalu besar dengan harga murah.

Namun, jika mengutamakan kenyamanan liburan, Anda bisa memilih hotel dengan fasilitas lengkap. Terlebih, bila Anda ingin menghabiskan waktu liburan berkualitas bersama keluarga. Tujuannya, supaya liburan jadi menyenangkan dan berkesan.

  1. Pastikan hotel menerapkan protokol kesehatan

Pada situasi pandemi Covid-19, setiap hotel yang beroperasi wajib menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Tujuannya, demi keamanan dan keselamatan pengunjung maupun pengelola hotel itu sendiri.

Sebagai calon penginap, Anda bisa menghubungi pihak hotel untuk bertanya lebih lanjut terkait protokol kesehatan yang diterapkan.

Bila perlu, Anda bisa menanyakan sertifikat Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE) yang dimiliki hotel.

Adapun sertifikat CHSE dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kepemilikan sertifikat CHSE menunjukkan bahwa hotel tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar.

Walau hotel sudah menerapkan protokol kesehatan, para tamu tetap wajib menjalankan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak.

  1. Rencanakan tanggal menginap

Merencanakan tanggal menginap juga harus dilakukan sejak jauh hari mengingat harga kamar hotel bisa lebih mahal mendekati musim liburan. Tak hanya itu, menjelang musim liburan permintaan kamar hotel juga berpotensi melonjak drastis.

Tanpa perencanaan yang matang, Anda bakal terpaksa menginap di hotel dengan harga mahal atau hotel dengan fasilitas yang tidak memadai. Lebih buruk lagi, Anda juga bisa tidak mendapatkan kamar sama sekali.

Oleh karena itu, rencanakanlah liburan jauh-jauh hari sehingga bisa mendapatkan kamar hotel sesuai keinginan.

  1. Pesan kamar hotel di platform e-commerce

Saat ini, pemesan hotel di Malang bisa dengan mudah dilakukan secara online melalui aplikasi e-commerce.

Selain kemudahan, Anda juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik pemesanan hotel, seperti cashback, potongan harga, dan bebas biaya tambahan, di aplikasi tersebut.

Salah satu e-commerce yang menawarkan sejumlah promo dan diskon hotel menarik adalah Tokopedia.

Tokopedia bekerja sama dengan jaringan hotel di kota-kota Indonesia untuk memudahkan pelanggan memesan kamar.

Melalui platform tersebut, Anda bisa memesan berbagai hotel di Malang, seperti Hotel Tugu Malang, Harris Hotel Malang, dan hotel lain sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu, terdapat berbagai keuntungan bila Anda memesan hotel di Tokopedia. Keuntungan tersebut di antaranya adalah bebas biaya tambahan, jaminan mendapatkan kamar, dan customer care yang siap membantu pelanggan 24 jam selama tujuh hari penuh.

Anda juga bisa mengikuti promo Waktu Indonesia Belanja yang hadir setiap tanggal 25 sampai akhir bulan. Melalui promo tersebut, Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik, seperti bebas ongkos kirim (ongkir) sepuasnya, Kejar Diskon, dan cashback spesial.

Yuk, langsung pesan hotel favorit Anda di Tokopedia dan nikmati berbagai promo menariknya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com