Advertorial

Gratis! Yuk Intip Biaya Transaksi di ATM BNI

Kompas.com - 24/05/2021, 20:06 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, para nasabah bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat menikmati layanan tarik tunai dan cek saldo minim biaya transaksi, bahkan gratis.

Caranya, dengan memanfaatkan jaringan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dari bank penerbit kartu ATM atau debit yang digunakan.

Sebagai contoh, nasabah yang memiliki kartu ATM Bank Negara Indonesia (BNI) tidak akan dikenakan biaya apa pun bila melakukan transaksi di mesin ATM BNI.

Berbeda dengan nasabah yang menggunakannya pada mesin ATM dari Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Terbaru, nasabah yang menggunakan ATM tersebut kini dikenakan biaya.

Adapun bank yang tergabung Himbara di antaranya adalah BNI, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Meski demikian, Corporate Secretary BNI Mucharom mengatakan, tarif baru yang ditetapkan hanya berlaku untuk cek saldo dan tarik tunai di mesin ATM yang berbeda dengan bank penerbit kartu debit.

Upaya tersebut, lanjut Mucharom, perlu dilakukan untuk memastikan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di ATM Himbara dapat dinikmati secara terus-menerus dan tetap lebih hemat dibandingkan jaringan ATM sejenis di industri perbankan Indonesia.

“Selain membentuk healthy business yang berkelanjutan, penyesuaian tarif pada ATM Himbara juga merupakan komitmen (Himbara) untuk meningkatkan fitur layanan yang menarik, jaringan ATM yang lebih banyak, kecepatan transaksi, dan keamanan,” kata Mucharom dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Awalnya, jaringan ATM Link yang digunakan Himbara dikembangkan melalui jaringan ATM Merah Putih pada Desember 2015. Kini, terdapat lebih dari 45.000 unit ATM Link di seluruh Indonesia.

Adapun tarif yang diberlakukan untuk cek saldo senilai Rp 2.500 dan tarik tunai Rp 5.000. Kebijakan ini berlaku terhitung mulai 1 Juni 2021 sampai dengan adanya penyesuaian di kemudian hari.

Sementara itu, transaksi transfer antarbank Himbara tidak berubah, yakni Rp 4.000.

Perlu diketahui, nasabah bank Himbara dikenakan biaya yang lebih mahal bila bertransaksi di luar ATM Link, yakni Rp 4.000 untuk cek saldo, Rp 7.500 untuk tarik tunai, dan Rp 6.500 untuk transfer.

Selain lebih praktis dan murah di jaringan ATM Link, Himbara juga mengajak para nasabah untuk bertransaksi secara cashless dengan memanfaatkan berbagai layanan digital yang tersedia. Misalnya, menggunakan layanan internet banking dan mobile banking.

Nasabah BNI dapat memanfaatkan berbagai e-channel yang tersedia, seperti BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, dan ATM BNI.

Sebagai informasi, tidak ada perubahan biaya untuk layanan e-channel BNI. Nasabah BNI yang mengalami kendala dapat menghubungi BNI Call di nomor 1500046.

BNI juga melakukan inovasi layanan digital bagi nasabah. Salah satunya adalah layanan penarikan tunai tanpa kartu di ATM menggunakan fitur Mobile Tunai yang tersedia di BNI Mobile Banking. Dengan begitu, nasabah tidak perlu membawa kartu debit untuk melakukan transaksi tunai di ATM.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com