Advertorial

Apresiasi UMKM, BNI Gelar UMKM Heroes

Kompas.com - 28/05/2021, 20:52 WIB

KOMPAS.com – Kolaborasi dan sinergi merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk membangkitkan dan mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Tak hanya itu, diperlukan bantuan dari banyak pihak agar UMKM dapat bersaing di pasar internasional, memiliki determinasi, teguh, dan tangguh.

Oleh karena itu, Bank Negara Indonesia (BNI) menggelar acara “UMKM Heroes” dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) ke-75, Jumat (28/5/2021).

Mengusung tema #LompatLebihTinggi, BNI mencari UMKM yang memiliki semangat untuk berkembang bersama BNI. 

Acara tersebut juga diharapkan dapat mendorong pemerhati dan pendukung usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mempromosikan produk lokal terbaik serta mendorong pelaku usaha lebih berani tampil.

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal mengatakan, pendaftaran peserta untuk acara UMKM Heroes sudah dimulai dan akan ditutup pada Sabtu (5/6/2021).

UMKM yang memenangkan UMKM Heroes akan mendapatkan berbagai manfaat, di antaranya memperoleh uang tunai, dukungan akses permodalan, pendampingan, pelatihan, serta kesempatan untuk memperoleh akses jaringan pemasaran, baik di dalam maupun luar negeri.

Khusus akses jaringan pemasaran luar negeri, pihak BNI akan memberikannya melalui Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) BNI di sejumlah kota besar dunia, seperti New York, London, Tokyo, Seoul, Hong Kong, dan Singapura.

Selain itu, pemenang juga akan mendapatkan pembekalan onboarding pada sejumlah platform e-commerce nasional dan internasional yang telah bekerja sama dengan BNI.

“UMKM Heroes disiapkan untuk merangsang munculnya banyak wirausaha muda produktif dan konsisten untuk meningkatkan nilai tambah,” ujar Iqbal dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Dengan begitu, lanjut Iqbal, UMKM dapat berinovasi tanpa henti untuk berjaya dan sukses, baik di pasar lokal maupun pasar internasional.

Sebagai informasi, BNI UMKM Heroes adalah program apresiasi bagi pelaku UMKM yang berhasil mengembangkan usahanya dengan kreativitas dan inovasi, serta sukses mengangkat nilai-nilai positif yang tumbuh di lingkungan masyarakat sekitarnya.

Pada kompetisi tersebut, pemilihan UMKM yang inspiratif tidak hanya dinilai dari pelaku usaha yang bermanfaat untuk dirinya sendiri, tetapi juga masyarakat dan lingkungan di sekitarnya.

“Kami ingin menemukan UMKM unggulan Nusantara yang siap berkembang dan melompat lebih tinggi bersama jaringan dan ekosistem bisnis BNI. Acara ini juga sekaligus menjadi panggung apresiasi nasional bagi UMKM lokal yang memberikan dampak nyata dan positif bagi lingkungan di sekitarnya,” kata Iqbal.

Tak hanya itu, UMKM Heroes juga merupakan kompetisi yang selaras dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia dan program Pemulihan Ekonomi Nasional. Dengan begitu, kompetisi ini diharapkan dapat menemukan pelaku UMKM Indonesia yang dapat menjadi inspirator bagi calon-calon entrepreneur lain.

“Apresiasi yang diberikan kepada para pelaku usaha dalam BNI UMKM Heroes diharapkan menjadi inspirasi bagi UMKM lainnya untuk terus semangat dan pantang menyerah dalam berinovasi mengembangkan usaha di tengah situasi pandemi yang tidak mudah,” tutur Iqbal.

Ia juga mengatakan, BNI senantiasa berkomitmen untuk mendorong dan menjadi mitra bisnis bagi pelaku usaha di Indonesia. Dengan demikian, pelaku usaha bisa mengembangkan bisnis hingga ke pasar global.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya business forum, dan business matching. BNI juga memberikan akses transaksi perdagangan internasional melalui skema khusus debitur Tanah Air.

Adapun kriteria UMKM yang dapat mendaftar di antaranya adalah UMKM kreatif, inovatif, inspiratif, unik, dan memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat. Contohnya, UMKM tersebut telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang sangat berdampak bagi perekonomian.

Pelaku UMKM juga harus merupakan warga negara Indonesia (WNI), memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan, dan merupakan produser atau kreator asli produk.

Kategori UMKM yang dapat mengikuti UMKM Heroes di antaranya adalah food and beverages (F&B), fesyen, craft, industri kreatif, dan digital business.

Pelaku UMKM yang berminat mengikuti BNI UMKM Heroes dapat mendaftarkan diri melalui laman bni.umkmheroes.id.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu pendaftaran oleh pihak yang mengusulkan mitra UMKM dan pendaftaran oleh pemilik UMKM tersebut. 

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi dan ikuti media sosial official UMKM Heroes melalui Instagram @umkmheroes.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com