Advertorial

Agar Terlihat Lebih Stylish, Begini 6 Tips Memadupadankan Batik

Kompas.com - 01/06/2021, 13:09 WIB

KOMPAS.com – Batik merupakan salah satu identitas bangsa yang wajib dilestarikan. Dahulu, batik kerap digunakan oleh kalangan bangsawan untuk menghadiri acara-acara tertentu. Bahkan, setiap motif batik memiliki makna khusus yang mendalam.

Namun, penggunaan batik pada zaman dahulu berbeda dengan sekarang. Kini, batik tak hanya dikenakan untuk menghadiri acara-acara formal.

Batik menjadi salah satu pakaian yang fleksibel untuk digunakan dalam berbagai kesempatan. Pakaian ini bisa menjadi outfit untuk bekerja, digunakan untuk hangout bersama teman, berkumpul bersama keluarga besar, atau bahkan sebagai koleksi karena hobi.

Meskipun memiliki kesan lebih fleksibel dan kasual, batik tetap harus dikenakan secara benar. Paling tidak, padu padankan batik dengan outfit yang sesuai agar terlihat lebih stylish. Simak tips berikut.

  1. Pilih motif sederhana dengan warna pastel

Saat ini, warna pastel mulai banyak digandrungi oleh masyarakat semua kalangan. Pasalnya, warna cerah dan fresh khas kelir pastel bisa memberikan efek terang serta menyegarkan mata.

Apalagi, jika warna pastel dikombinasikan dengan motif yang sederhana. Kombinasi itu akan memberikan kesan segar, kekinian, dan stylish.

  1. Gunakan bawahan kasual

Agar tetap terlihat stylish dan muda, Anda bisa padu padankan atasan batik dengan bawahan yang kasual. Sebagai contoh, Anda bisa mengombinasikan blus batik dengan rok plisket atau celana jeans.

  1. Padukan dengan rok

Saat ini, terdapat banyak model batik panjang di pasaran. Agar terlihat lebih elegan, Anda bisa memadukan batik tersebut dengan rok sempit polos dengan warna senada. Selain bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, gaya pakaian seperti itu juga cocok untuk menghadiri acara-acara resmi, seperti pernikahan dan wisuda.

  1. Hindari pemakaian aksesori yang berlebihan

Walaupun Anda ingin terlihat lebih stylish, sebaiknya hindari menggunakan aksesori yang berlebihan saat menggunakan batik. Sebab, batik yang bercorak akan terlihat lebih ramai dan terkesan “bertabrakan” jika dipadukan dengan banyak aksesori.

  1. Kombinasi atasan kimono dan celana kulot

Bila ingin terlihat beda, mungkin Anda bisa mencoba kombinasi outfit atasan bermodel kimono dan celana kulot bermotif batik. Kombinasi pakaian tersebut akan memberikan kesan muda dan bergairah, tetapi tetap terlihat elegan.

  1. Gaun batik dan luaran yang panjang

Bila sudah bosan dengan gaya yang itu-itu saja, Anda bisa coba padu padankan gaun batik dengan outer yang sama panjang. Buat Anda yang belum terbiasa mengenakan kombinasi ini, mungkin akan terlihat tidak percaya diri.

Namun, seiring waktu Anda akan merasakan bahwa outfit tersebut bisa membuat Anda tampak lebih stylish dan bisa mencuri perhatian banyak orang. Tips penting, usahakan memilih luaran yang berwarna kontras dengan gaun batik agar Anda tampak lebih memikat.

Itulah beberapa tips untuk memadupadankan batik yang bisa Anda coba agar tampak lebih stylish. Dengan beragam gaya tersebut, Anda juga bisa mengombinasikan outfit lain sesuai dengan selera masing-masing.

Jika tidak mempunyai cukup batik atau pakaian untuk dipadupadankan, Anda bisa membeli baju batik di banyak marketplace, salah satunya Shopee. Sebagai informasi, saat ini Shopee sedang mengadakan program promo Shopee 6.6 Rumah dan Hobi Sale sampai 9 Juni 2021.

Program tersebut menawarkan berbagai promo belanja, terutama untuk keperluan rumah dan hobi. Beberapa promo yang ditawarkan di antaranya Gratis Ongkos Kirim (Ongkir) Xtra, Murah Lebay, dan Extra Cashback 60 persen.

Tidak hanya itu, Shopee juga menghadirkan layanan Shopee COD untuk Anda yang malas keluar rumah guna melakukan transfer. Lebih spesialnya lagi, Anda tetap bisa mendapatkan gratis ongkir meskipun menggunakan pembayaran cash on delivery (COD).

Untuk selengkapnya, yuk cek langsung Shopee 6.6 Rumah dan Hobi Sale di aplikasi dan browsersmartphone Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com