Advertorial

Rambah Produk Reksa Dana, Diversifikasi Aset di Pluang Kini Semakin Mudah

Kompas.com - 04/06/2021, 11:16 WIB

KOMPAS.com – Setelah sukses merilis produk emas digital, Micro E-Mini S&P 500, dan aset kripto, aplikasi Pluang meluncurkan dua produk reksa dana sebagai produk investasi unggulan terbarunya.

Adapun produk reksa dana yang ditawarkan Pluang terdiri dari reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap.

Sebagai informasi, reksa dana jenis pendapatan tetap yang ditawarkan Pluang memiliki underlying asset berupa obligasi negara. Dengan memilih berinvestasi di reksa dana pendapatan tetap, investor bisa mendulang cuan sekaligus berkontribusi membangun negara.

Sementara, reksa dana jenis pasar uang memiliki risiko paling kecil. Sebab, mayoritas dana milik investor dialokasikan ke instrumen pasar uang dan deposito perbankan.

Kehadiran produk reksa dana powered by Pluang Growdiharapkan dapat mempermudah investor untuk melakukan diversifikasi portofolio aset di aplikasi Pluang.

Pengguna hanya perlu mengakses aplikasi Pluang untuk berinvestasi pada beragam instrumen. Selain itu, pengguna juga tidak perlu memiliki banyak aplikasi untuk berinvestasi.

“Investor kini memiliki kesempatan untuk mendiversifikasi aset investasinya melalui satu aplikasi saja. Hanya dengan tiga ketukan, investor sudah bisa memiliki beragam aset investasi,” kata Co-Founder Pluang Claudia Kolonas dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (4/6/2021).

Kemudahan tersebut, lanjut Claudia, sejalan dengan tujuan utama Pluang, yakni membuat masyarakat lebih mudah dan nyaman dalam berinvestasi.

Hal tersebut juga sesuai dengan tagline yang diusung Pluang, yaitu “Satu Aplikasi Beragam Investasi”.

Co-Founder Pluang Claudia Kolonas.Dok. Pluang Co-Founder Pluang Claudia Kolonas.

“Walaupun saat ini Pluang baru menawarkan dua jenis reksa dana, Pluang tidak menutup kemungkinan untuk menghadirkan berbagai produk reksa dana lainnya,” kata Claudia.

Dengan memperluas cakupan aset investasi, Pluang juga berharap dapat menyokong program regulator industri jasa keuangan dalam mendongkrak tingkat inklusi keuangan dan literasi keuangan Indonesia.

Demi mendukung program tersebut, Pluang juga berkomitmen untuk menjadi platform yang tepat bagi investor untuk mempelajari ilmu finansial secara mendalam.

Adapun komitmen itu dituangkan Pluang ke sejumlah acara mengenai pendidikan investasi kepada masyarakat. Salah satunya melalui Webinar Pluang yang rutin diselenggarakan setiap minggu.

Pada webinar tersebut, investor bisa mempelajari investasi dan keuangan dari narasumber kredibel. Untuk mengikuti kegiatan tersebut, pengguna tak perlu mengeluarkan uang biaya pendaftaran alias gratis. Seluruh jadwal Webinar Pluang dapat dilihat melalui link berikut.

Tidak hanya itu, Pluang juga menyediakan wadah bagi pengguna aplikasi untuk berbagi tips dan kisah investasinya melalui grup Telegram Kabar Pluang.

Setiap minggu, administrator grup Telegram akan memoderatori tiga topik seputar keuangan dan investasi. Hal ini bertujuan untuk mengasah pola pikir anggota grup tersebut.

“Melalui grup Telegram, para investor dapat berinteraksi secara langsung dengan Cuanmin (panggilan admin Telegram) pada waktu-waktu tertentu dengan memperbincangkan topik-topik yang sedang booming pada saat itu,” jelas Associate Community and Public Relation Manager Pluang Priscilla Siregar.

Priscilla menambahkan, dengan cara tersebut, Pluang berharap dapat menciptakan generasi investor yang memiliki pandangan sendiri. Selain itu, Pluang juga berharap masyarakat bisa mengambil kebijakan berdasarkan analisis sendiri dan bukan karena atas rekomendasi orang lain.

Untuk menopang kenaikan tingkat literasi dan inklusi keuangan, Pluang juga menjalin kerja sama dengan beberapa mitra bisnis, salah satunya dengan Gojek.

Pluang dan Gojek telah bekerja sama dengan menghadirkan GoInvestasi, yaitu salah satu menu di aplikasi Gojek yang memungkinkan pengguna untuk langsung berinvestasi emas. Dengan begitu, pengguna dapat berinvestasi secara aman, terjangkau, dan praktis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com