Advertorial

MMA Smarties Awards Indonesia 2021 Resmi Dibuka

Kompas.com - 04/06/2021, 14:44 WIB

KOMPAS.com - The Mobile Marketing Association (MMA) Indonesia membuka pendaftaran untuk program penghargaan Smarties Awards Indonesia 2021. Sebagai informasi, MMA Smarties adalah satu-satunya program penghargaan di bidang pemasaran mobile tingkat global.

Penghargaan tersebut memberikan penghormatan bagi inovasi, kreativitas, dan pencapaian luar biasa dalam komunikasi modern. Seperti diketahui, teknologi seluler memainkan peran penting dalam menarik keterlibatan konsumen di era digital.

Pada edisi ke-8, MMA Smarties memberikan penghormatan bagi para pemasar, agensi, maupun mitra di Indonesia yang telah berkontribusi penting dan signifikan dalam membentuk masa depan pemasaran modern.

Kontribusi mereka dapat dirasakan melalui karya yang mengesankan dan efektif di aplikasi seluler dan ruang digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Oleh karena itu, MMA berinisiatif memberi pengakuan bagi karya-karya hebat yang lahir dari para pencipta, pemimpin, dan institusi di industri pemasaran dan periklanan.

Country Manager MMA Indonesia Shanti Tolani menyampaikan pandangannya tentang perubahan karakter industri saat ini. Menurutnya, dengan meluasnya ekonomi digital Indonesia, para pemasar ditantang untuk beradaptasi secara memadai dalam mempromosikan merek.

Lebih lanjut Shanti mengatakan, pemasar berhasil melewati gelombang perubahan cepat yang terjadi di platform media modern. Dengan demikian, mereka harus berinovasi dan memastikan kebutuhan konsumen terpenuhi.

“Selanjutnya, mereka bisa membangun hubungan yang berkelanjutan dengan konsumen melalui berbagai penawaran yang lebih banyak memberikan dukungan dari yang diharapkan konsumen,” ujar Shanti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (4/6/2021)

Sementara, Managing Director MMA Asia Pacific (APAC) Rohit Dadwal menjelaskan arti penting Smarties Award 2021. Menurutnya, sebagai pemasar dalam ranah ekonomi dan komunikasi yang berubah dengan cepat, pihaknya bertanggung jawab atas kemajuan bidang kerja serta industri ini secara umum.

“Dengan terus meningkatkan kualitas dan efektivitas melalui ajang kompetisi kreatif, kami dengan sadar ikut membentuk masa depan bersama,” kata Rohit.

Sebagai informasi, peserta yang mengikuti kompetisi tersebut karyanya akan diseleksi melalui dua tahap. Tahap pertama, yakni pra-penyaringan. Pada tahap ini, juri akan memilih peserta beserta karyanya yang memenuhi syarat melalui pemungutan suara putaran pertama.

MMA didukung 40 hingga 45 anggota juri dari seluruh vertikal industri periklanan dan pemasaran dalam pra-penyaringan.

Peserta yang mendapatkan skor tertinggi akan masuk sebagai finalis dalam kategori karya pilihan.

Pada tahap kedua, 18 hingga 21 anggota juri utama, khusus dari kalangan pemasar dan C-level di bidang pemasaran, akan mempertimbangkan dan memberikan evaluasi mereka tentang kelayakan setiap entri. Selanjutnya, mereka secara kolektif memutuskan pemenang untuk berbagai kategori yang dilombakan.

Terakhir, tahap pemungutan suara lanjutan. Pada tahap ini, masing-masing anggota juri yang dipimpin oleh Ketua Dewan Juri Niharika Yadav akan menentukan peraih emas, perak, dan perunggu.

Setelah mengetahui tahapan lomba, pemasar juga harus mengetahui cara mengikuti kompetisi. Caranya sebagai berikut.

Pertama, peserta bisa membaca pedoman perlombaan di situs https://www.mmaglobal.com/smarties/awards/programs/indonesia untuk mempersiapkan karya sebelum mengirimkannya secara online. Kedua, pelajari wawasan, tip, dan lihat galeri pemenang 2020 untuk inspirasi lebih lanjut.

Ketiga, daftar melalui situs yang sudah tercantum di atas dan selesaikan pengiriman online. Keempat, pilih kategori yang akan diikuti.

Terakhir, selesaikan studi kasus dalam bahasa Inggris untuk empat bagian, yakni strategi, kreativitas, eksekusi, dan hasil atau dampak bisnis. Peserta harus memperhatikan batas kata untuk setiap bagian yang tercantum di setiap bagian pada formulir entri.

Selain itu, peserta juga harus mengetahui tanggal-tanggal penting selama acara berlangsung. Pertama, batas waktu early bird adalah 18 Juni 2021. Selanjutnya, batas waktu 1 dan batas waktu 2 adalah 14 Juli 2021 dan 28 Juli 2021. Sementara, batas waktu terakhir adalah 6 Agustus 2021.

Setelah semua karya terkumpul, juri akan melakukan tahap pra-penyaringan dan penjurian akhir dari Agustus sampai September 2021. Terakhir, puncak acara Smarties Unplugged Virtual dan pesta penghargaan berlangsung pada 9-10 November 2021.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs https://www.mmaglobal.com/smarties/awards/programs/indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com