Advertorial

Ajak Anak Bebas Bermain di Luar Tanpa Rasa Khawatir

Kompas.com - 13/06/2021, 14:35 WIB

 

KOMPAS.com – Sebagian orangtua enggan mengajak si kecil bermain di alam bebas karena berbagai pertimbangan. Padahal, aktivitas ini tidak hanya menghilangkan bosan, tetapi juga memberi banyak manfaat bagi anak.

Sejumlah aktivitas seperti berlari, melompat, dan berguling di atas rumput yang dilakukan saat bermain secara tidak langsung membantu meningkatkan kekuatan fisik anak.

Apabila aktivitas bermain dilakukan bersama sejumlah teman, sensory skill dan kemampuan komunikasi anak juga akan terbangun.

Selain itu, bermain di bawah sinar matahari juga bisa menstimulasi bagian pineal gland pada otak anak. Bagian tersebut berperan untuk meningkatkan sistem imunitas dan perasaan bahagia pada anak.

Rutin bermain di luar ruangan pun memberikan kebebasan dalam bergerak dan berekspresi. Dengan begitu, anak akan menemukan rasa percaya diri, bebas bereksplorasi, dan berimajinasi dengan hal-hal baru yang ditemukan di alam.

Meski demikian, anak yang aktif bermain di luar rentan mengalami luka. Contohnya, luka akibat gigitan serangga. Untuk diketahui, berbagai jenis serangga di alam bebas juga rawan meninggalkan gigitan di kulit anak.

Ketika bermain dan digigit serangga, anak akan menjadi rewel karena merasa tidak nyaman. Pasalnya, gigitan serangga memang menjadi salah satu hal yang mengganggu, terlebih jika si kecil memiliki jenis kulit sensitif.

Selain menimbulkan rasa gatal, panas, dan iritasi, gigitan serangga juga dapat mengakibatkan kulit terinflamasi dan membentuk benjolan.

Walaupun efek gatal akibat gigitan atau sengatan serangga akan berangsur-angsur hilang, ada kalanya efek itu akan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya luka akibat gigitan serangga, anak juga kadang tidak sengaja terjatuh atau terbentur ketika bermain sehingga menimbulkan luka memar.

Luka memar atau keseleo ringan akan membuat anak merasa kesakitan dan sulit untuk bergerak. Pada saat seperti ini, orangtua tidak perlu panik karena ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Berikut penjelasannya.

  1. Membersihkan luka

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mensterilkan area sekitar luka gigitan serangga atau memar.

Membersihkan atau mensterilkan luka dapat meringankan reaksi peradangan dan inflamasi. Selain itu, membersihkan luka juga bisa mencegah risiko infeksi.

Untuk membersihkan luka gigitan serangga atau memar, Anda hanya perlu memakai sabun untuk membasuh bagian kulit dan membilasnya menggunakan air bersih.

  1. Mengoleskan salep yang tepat

Setelah mencuci area luka tersebut, orangtua perlu mengaplikasikan salep yang mampu meredakan inflamasi dan gatal-gatal.

Salep Zambuk dari Bayer merupakan salah satu salep yang ampuh dalam membantu mengatasi gatal-gatal akibat gigitan serangga dan luka memar.

Salep tersebut memiliki kandungan alami yang aman untuk digunakan pada anak-anak. Adapun kandungan alami pada Salep Zambuk di antaranya adalah eucalyptus, camphor, dan thyme.

Kandungan alami itu memiliki khasiat untuk membantu meredakan inflamasi yang terjadi pada kulit. Tidak hanya itu, Salep Zambuk juga memberikan efek menenangkan sehingga rasa gatal dan memar lebih cepat mereda.

  1. Meredakan gatal dengan es batu

Menggunakan es batu merupakan langkah yang tepat untuk meredakan gatal-gatal akibat gigitan serangga dan tersengat lebah.

Kompres bagian yang digigit dengan es batu untuk menenangkan kulit si kecil yang terkena iritasi atau peradangan akibat gigitan serangga.

Itulah sejumlah langkah yang dapat dilakukan orangtua bila si kecil terluka atau digigit serangga ketika bermain di alam bebas.

Setelah mengetahui hal tersebut, orangtua tidak perlu khawatir saat anak ingin bermain di luar rumah. Dengan begitu, si kecil dapat mengeksplorasi guna menunjang tumbuh kembangnya.

Ingatlah, peran utama orangtua adalah mengawasi aktivitas anak. Selama diawasi, anak pasti akan baik-baik saja. Karenanya, jika anak cedera, orangtua dapat memberikan bantuan dengan mengoleskan Salep Zambuk.

Salep Zambuk memiliki formula yang sudah dipercaya selama lebih dari 100 tahun untuk melindungi keluarga dari gigitan serangga, luka memar, dan terkilir ringan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com