Advertorial

Permintaan Mobil Bekas Meningkat, OLX Autos Buka 3 Cabang Baru di Lokasi Strategis

Kompas.com - 15/06/2021, 21:26 WIB

KOMPAS.com – Industri otomotif menjadi salah satu sektor bisnis yang terdampak pandemi Covid-19. Namun, seiring waktu berjalan, industri otomotif mulai bangkit dan kian membaik.

Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan permintaan kendaraan bermotor, terutama mobil bekas pada semester I 2021.

Berdasarkan survei terkait Sentimen Pasar Mobil Bekas yang dilakukan oleh OLX Autos pada 11 April hingga 2 Mei 2021, permintaan mobil bekas saat ini lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi.

Pasalnya, masyarakat kian sadar untuk memilih dan menggunakan moda transportasi pribadi yang lebih aman dan nyaman.

Survei terhadap 1.193 responden yang terdiri dari pembeli, penjual perorangan, dan dealer rekanan OLX Autos tersebut menunjukkan bahwa penggunaan mobil pribadi pada kuartal I 2021 mencapai 41 persen. Jumlah itu berbeda bila dibandingkan pada masa sebelum pandemi yang hanya sekitar 33 persen.

Director of Classified and New Business OLX Indonesia Agung Iskandar mengatakan, ada dua kekuatan utama yang memengaruhi pasar mobil bekas di Tanah Air pada penghujung semester I 2021.

“Pertama, karena adanya keringanan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah( PPnBM). Untuk diketahui, kebijakan PPnBM yang berlaku sejak awal 2021 turut mengubah perilaku konsumen dan dealer mobil bekas,” kata Agung dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Dari sisi konsumen atau pembeli, lanjutnya, hanya sekitar 10 persen konsumen mobil bekas yang membeli mobil baru setelah relaksasi PPnBM diterapkan.

Kemudian, kebijakan tersebut juga membuat pedagang mobil perorangan berusaha menjual mobilnya secepat mungkin karena adanya kekhawatiran harga turun dan permintaan yang lebih rendah di waktu mendatang.

“Sementara itu, bagi dealer, mereka berupaya untuk beradaptasi dengan mengurangi pembelian mobil. Mereka justru lebih fokus untuk memperluas saluran penjualan dan mengurangi harga jual,” jelas Agung.

Faktor kedua adalah momen Ramadhan. Meskipun ada penyekatan wilayah selama Ramadhan 2021, permintaan mobil bekas masih mencatatkan pertumbuhan. Survei yang dilakukan OLX Autos mencatat, permintaan mobil bekas pada Ramadhan tahun ini tumbuh sekitar 10 persen.

Strategi OLX Autos

Dengan peningkatan permintaan mobil bekas di Tanah Air, OLX Autos sebagai platform omnichannel jual beli mobil pun kian memantapkan strateginya untuk menyediakan layanan tambahan yang inovatif di berbagai kanal online dan offline.

“Pertama, OLX Jual Mobil Instan. Melalui kanal ini, kami menyediakan penjualan yang cepat dan pembayaran yang dapat segera diterima pelanggan. Selain itu, kami menyediakan layanan inspeksi mobil yang akan dibantu oleh tim mekanik berpengalaman dari OLX Autos,” ujar Agung.

Kedua, OLX Autos Jual-Beli-Tukar Tambah (JBTT). Untuk diketahui, OLX Autos JBTT memberikan ragam fasilitas untuk memanjakan konsumen. Fasilitas tersebut meliputi tujuh hari garansi barang kembali, 30 hari garansi mesin, inspeksi mobil secara menyeluruh, home test drive, dan satu tahun jaminan beli kembali.

Ada pula OLX Autos Authorized Dealer yang merupakan dealer mobil bekas rekanan resmi OLX Autos. Dealer bergaransi tersebut akan membantu penjual perorangan mengembangkan bisnis mereka dengan memberikan stok mobil bekas berkualitas untuk dijual ke pasar.

“OLX Autos merupakan comprehensive platform yang menyediakan omnichannel solutions demi kenyamanan pelanggan dalam bertransaksi. Adapun satu fitur teranyar yang bisa pelanggan manfaatkan adalah fitur touchpoint online,” kata Agung.

Melalui fitur tersebut, lanjutnya, OLX Autos akan memberikan pravaluasi instan mengenai mobil bekas yang pelanggan jual. Pelanggan akan mendapatkan perkiraan harga jual sesuai tipe dan spesifikasi kendaraan.

Untuk memastikan taksiran harga terbaik sesuai nilai pasar, pelanggan juga bisa menjadwalkan inspeksi mobil yang dilakukan oleh para petugas inspeksi profesional. Petugas inspeksi akan melakukan pengecekan di 300 titik mobil pelanggan. Inspeksi pun bisa dilakukan di inspection center atau rumah pelanggan.

Hadirkan dealer di lokasi strategis

Meski saat ini proses jual-beli bisa dilakukan secara digital, pihak OLX Autos menyadari bahwa masih ada pelanggan yang mau melihat proses transaksi secara nyata.

“Di sinilah, kami memperkenalkan OLX Autos JBTT dengan authorized dealer. Sampai saat ini, kami sudah memiliki enam store OLX Autos JBTT. Pekan lalu, kami baru melakukan pembukaan tiga store di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Taman Mini, dan Bekasi. Ketiganya melengkapi tiga store kami lain yang ada di Cempaka Putih, Meruya, dan Pejaten Village,” ujar Agung.

Agung mengatakan, ketiga store baru tersebut menempati lokasi yang cukup strategis. Store di BSD, misalnya, mengakomodasi kebutuhan konsumen yang ada di Karawaci, Tangerang, Serang, dan Pandeglang.

“Begitu juga di Bekasi. Kami berharap juga bisa menjangkau masyarakat di wilayah Cikarang dan Karawang. Sementara itu, untuk store yang berlokasi di Taman Mini bisa menjangkau konsumen yang tinggal di Depok, Bogor, serta Jakarta Timur,” jelasnya.

Ekspansi bisnis yang dilakukan, lanjut Agung, merupakan bentuk nyata komitmen OLX Autos dalam mengembangkan sekaligus memperkuat industri pasar mobil bekas nasional di tengah kondisi yang masih diselimuti beragam tantangan.

Kelebihan OLX Autos JBTT

Agung mengatakan, ada sejumlah manfaat yang bisa konsumen dapatkan bila bertransaksi melalui OLX Autos JBTT. Salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah ketersediaan stok mobil yang beragam, yakni mencapai 400 pilihan mobil bekas berkualitas.

Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan layanan purnajual berupa gratis service dan ganti oli sampai dengan 30.000 kilometer atau dalam waktu 18 bulan sejak tanggal pembelian.

OLX Autos juga menggandeng Shop&Drive untuk menggelar program spesial yang menawarkan manfaat purnajual.

Setiap transaksi pembelian mobil bekas di OLX Autos, konsumen juga akan mendapatkan kartu servis yang bisa digunakan di jaringan outlet Shop&Drive. Setiap kartu servisyang didapatkan tersebut memiliki kode servis sebagai konfirmasi bahwa unit mobil bekas tersebut dibeli dari OLX Autos.

Selain itu, konsumen juga bisa memilih beragam mitra pembayaran di OLX Autos JBTT, seperti BCA Finance, Buana Finance, MPM Finance, Dipo Star Finance, Mandiri Utama Finance, Clipan Finance Indonesia, dan CIMB Niaga Auto Finance.

“Dengan adanya OLX Autos JBTT yang kini tersedia secara offline, kami berharap dapat memfasilitasi pelanggan yang membutuhkan lebih dari sekadar melihat barang secara online. Jadi, #GampangnyaPasti untuk melakukan transaksi di masa pandemi,” ujar Agung.

Selain itu, OLX Autos berharap bisa terus memberikan edukasi terhadap masyarakat untuk bisa melakukan leap of faith terhadap cara memandang transaksi jual beli mobil bekas.

“Paling utama adalah kami bisa mempergunakan teknologi untuk mempermudah cara bertransaksi. Dengan begitu, OLX Autos akan menjadi pionir digitalisasi pasar mobil bekas di masa depan,” kata Agung.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com