Advertorial

Fokus pada Infrastruktur, Bupati Kediri Poles Kampung Inggris

Kompas.com - 22/06/2021, 14:35 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menaruh perhatian serius pada masalah infrastruktur di wilayahnya. Oleh karena itu, pembenahan infrastruktur masuk dalam salah satu daftar program kerja.

Terbaru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) merevitalisasi kawasan kumuh di Kecamatan Pare dan Gampengrejo.

“Perbaikan untuk Kecamatan Pare meliputi Desa Gedangsewu, Kelurahan Pare, dan kawasan Kampung Inggris. Sementara itu, untuk Kecamatan Gampengrejo dilakukan di Desa Jongbiru,” ujar Hanindhito dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Hanindhito menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk mengurangi kawasan kumuh serta mengantisipasi risiko banjir. Terlebih, lokasi tersebut merupakan kawasan padat penduduk.

Berdasarkan informasi Dinas Perkim Kediri, perbaikan drainase di kawasan Kampung Inggris tersebar di delapan lokasi, Jongbiru satu lokasi, dan Gedangsewu dua lokasi.

Kemudian, perbaikan jalan lingkungan di Kampung Inggris dilakukan di delapan lokasi dan Jongbiru dua lokasi.

Progres revitaliasi infrastruktur kawasan Kampung Inggris, Pare, Kediri Dok. Pemkab Kediri Progres revitaliasi infrastruktur kawasan Kampung Inggris, Pare, Kediri

“Pembangunan infrastruktur (berupa) penanganan kawasan kumuh, khususnya di Kampung Inggris, sudah tahap mutual check 100 persen. Baik berupa pembangunan drainase untuk mencegah terjadinya banjir maupun perbaikan jalan lingkungan berupa pavingisasi, serta beautifikasi,” terangnya.

Setelah pembangunan tersebut selesai, imbuh Hanindhito, Dinas Perkim Kediri akan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup.

Hingga akhir 2021, kerja sama tersebut fokus pada pembangunan tempat pengolahan sampah (TPS) dengan konsep reduce, reuse, dan recycle (3R).

“Selain perbaikan jalan dan pembangunan jalan, akan dilakukan beautifikasi atau perbaikan wajah lingkungan, pembangunan proteksi kebakaran seperti pembuatan pompa hidran dan pos apar, serta pembangunan sanitasi,” jelas Hanindhito.

Untuk diketahui, sebagai salah satu kawasan ekonomi khusus (KEK), pembangunan infrastruktur di Kampung Inggris merupakan prioritas Bupati Kediri.

Saat ini, perbaikan kawasan Kampung Inggris tengah digarap Pemkab Kediri secara bertahap.

“Kami berharap, pada 2022, wilayah Kampung Inggris layak huni dan nol persen kawasan kumuh,” kata Hanindhito.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com