Advertorial

Kembali Hadir, Wonderfest 2021 Jadi Festival Daring Anak dan Keluarga Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 24/06/2021, 09:24 WIB

KOMPAS.com Samara Media and Entertainment kembali menghadirkan festival anak dan keluarga terbesar, Wonderfest, mulai Jumat (25/6/2021) hingga Minggu (27/6/2021).

Festival tersebut pertama kali digelar secara offline pada 2019. Saat itu, Wonderfest sukses menghadirkan 32.000 pengunjung.

Wonderfest 2021 diadakan secara daring dengan tiga program utama, yakni TownHall, WonderCinema, dan WonderFan-Meet. Pagelaran tahun ini turut mengundang deretan pembicara ahli di bidang parenting dan pertumbuhan anak.

Beberapa pembicara yang hadir di antaranya Diana Rikasari, Nisa Fathoni, Rizal Badudu, Denrich Suryadi, Caroline Widjanarko, Jovita Maria Ferliana, Ratih Zulhaqqi, Henny Wirawan, Fransisca Febriana Sidjaja, Melly Kiong, Irene Phiter, Bambang Syumanjaya, serta Florentina.

Konsep utama dari Wonderfest 2021 adalah festival daring bertemakan ‘Wonderland’. Wonderland sendiri merupakan sebutan dari lokasi virtual (virtual space) gelaran Wonderfest 2021. Tujuannya, untuk mengajak anak dan keluarga bermain sambil belajar dengan menjelajah dunia penuh impian.

Pagelaran Wonderfest 2021 diharapkan dapat mewujudkan visi “we believe by letting our kids wonder, will make a difference in this world” secara lebih luas.

Selain itu, batasan geografis dan demografis yang terjadi selama pandemi seharusnya bisa menjadi peluang untuk menghadirkan lebih banyak pengunjung secara virtual.

Co-Chief Executive Officer (CEO) Samara Media and Entertainment Desy Bachir mengungkapkan optimismenya akan format daring dari Wonderfest tahun ini. Ia berkaca pada Wonderfest pertama yang sukses mendatangkan banyak respons positif, baik dari kalangan orangtua maupun anak-anak.

“Walau acara dilakukan secara daring, kami akan menghadirkan pengalaman yang menyenangkan seperti Wonderfest saat diselenggarakan secara offline. Kami berupaya menyediakan akses yang lebih luas bagi keluarga dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi di festival anak dan keluarga ini,“ ujar Desy dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/6/2021).

Desy menambahkan, aktivitas produktif bagi keluarga dan anak sangat penting, terutama untuk mengisi liburan di masa pandemi.

Pada kesempatan yang sama, Mona Ratuliu yang dikenal sebagai sosok inspirasi keluarga turut menyatakan antusiasmenya untuk berpartisipasi di Wonderfest 2021. Mona mengaku, dirinya akan datang ke Wonderfest 2021 bersama anak ketiganya, Nala, untuk mengisi sesi workshop membuat Space Helmet.

“Saya sangat senang bisa mengajak keluarga dan anak Indonesia untuk tetap berkegiatan produktif, bermain sambil belajar, serta mengasah kreativitas walau liburan kali ini berbeda dari dua tahun lalu. Walau tahun ini Wonderfest diselenggarakan secara online, saya yakin tidak kalah seru dibanding tahun sebelumnya.” jelas Mona.

Sebagai informasi, pengunjung Wonderfest dapat mengakses berbagai rangkaian program interaktif. Salah satunya adalah TownHall.

Program tersebut berisi 24 sesi talk show dengan berbagai topik pembahasan, seperti karakter anak, emosi dan kepribadian anak, tumbuh kembang anak, relationship, serta edukasi dan karir. Pembahasan topik parenting ini akan dipandu oleh pembicara ahli sehingga menjadi nilai plus yang menarik minat khalayak.

Tak hanya itu, Wonderfest 2021 juga mewujudkan pengalaman workshop interaktif dalam program WonderCinema. Pada program ini, orangtua dapat mengajak anak-anak untuk mengeksplorasi kreativitas, ide, serta hobi mereka melalui berbagai video tutorial dan praktik mandiri atau do it yourself (DIY) secara langsung. Program WonderCinema akan dipandu Mona Ratuliu dan Nala, serta Widuri dan Dru Sasono.

Selain itu, terdapat pula seperangkat peralatan DIY untuk menunjang kegiatan workshop interaktif. Kategori workshop yang tersedia meliputi art and craft bertajuk “Space Helmet Kit dan Journaling for Kids”. Melalui workshop ini, anak bisa mengasah keterampilan seni dengan berkreasi membuat helm astronot dari kertas dan mengasah kreativitas dalam membuat jurnal.

Kegiatan WonderCinema juga semakin meriah dengan adanya kegiatan WonderFan-Meet. Kegiatan ini merupakan temu sapa pengunjung bersama sejumlah artis atau key opinion leader (KOL), seperti Kimbab Family dan Nayfa.

Dengan berbagai program unggulan, rekam jejak, antusiasme, serta potensi jumlah pengunjung yang bisa diraih tahun ini, Wonderfest 2021 dapat menjadi salah satu event anak dan keluarga virtual terbesar di Indonesia.

Anda dapat menyaksikan Wonderfest 2021 melalui situs www.wonderfest.co dan platform streaming Vidio secara gratis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com