Advertorial

Kebutuhan Masih Tinggi, Pertamina Kembali Salurkan Oksigen untuk Rumah Sakit di Yogyakarta

Kompas.com - 07/07/2021, 21:33 WIB

KOMPAS.com – Pertamina Group kembali membantu penyaluran pasokan oksigen untuk lima rumah sakit di wilayah Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, Selasa (6/7/2021). Kelima rumah sakit (RS) tersebut adalah RSUP Sardjito, RS PKU Muhammadiyah Gamping, RSUD Wates, RS Panti Rapih, dan RS Bethesda.

Adapun volume oksigen yang disalurkan kali ini sebesar 13,1 ton. Penyediaan pasokan oksigen dilakukan oleh anak usaha subholding gas, PT Pertamina Gas (Pertagas).

Pejabat sementara (Pjs) Senior Vice President Corporate Communication dan Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian Pertamina untuk ambil bagian dalam penanganan Covid-19.

“Dengan kondisi krisis pasokan oksigen, Pertamina berkontribusi menyiapkan transportasi ISO Tank, mengatur pendistribusian, hingga memastikan pasokan oksigen tersalurkan kepada rumah sakit yang membutuhkan di Pulau Jawa,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Direktur RSUP Sardjito dr Rukmono Siswihanto mengatakan, pihaknya berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Pertamina Group.

“Bantuan ini sangat membantu kami, RSUP Sardjito, dalam menangani pasien Covid-19,” kata Rukmono.

Sebagai informasi, pada Senin (28/6/2021) Pertagas telah menyalurkan oksigen untuk kebutuhan medis di enam rumah sakit di DI Yogyakarta dengan volume 15,1 ton. Pada Kamis (1/7/2021) bantuan pasokan oksigen medis disalurkan kepada empat rumah sakit di Jawa Tengah.

Sementara itu, untuk membantu pasokan oksigen di Jakarta, Pertamina telah memberikan bantuan 4 tabung storage oksigen dengan kapasitas masing-masing 175 liter. Tabung-tabung storage tersebut diberikan kepada RSUD Kramat Jati, Jakarta Timur melalui subholding gas Pertamina, PT Gagas.

Fajriyah mengatakan, dalam membantu penanganan pandemi, Pertamina Group juga telah mengupayakan banyak hal.

“Sejak awal pandemi Covid-19, Pertamina Group turun mengambil bagian di bidang kesehatan dengan menyiapkan rumah sakit milik Pertamina sebagai rumah sakit rujukan Covid-19, membangun rumah sakit modular, memberikan bantuan alat pengaman diri (APD), membangun sarana dan fasilitas kebersihan, bantuan puskesmas, hingga makanan,” ujarnya.

Ia menegaskan, Pertamina akan terus mengupayakan yang terbaik untuk membantu Indonesia keluar dari pandemi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com