Advertorial

Tri Tito Karnavian Dorong TP-PKK Bersinergi dengan Program Pemerintah Daerah

Kompas.com - 14/07/2021, 16:39 WIB

KOMPAS.com - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian berharap agar program kerja TP-PKK dapat bersinergi dengan program pemerintah daerah (pemda).

Hal itu disampaikan Tri pada acara pelantikan Ketua TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Provinsi Jambi yang digelar secara virtual, Rabu (14/7/2021).

Istri Menteri Dalam Negeri tersebut menjelaskan, TP-PKK daerah perlu memahami berbagai program unggulan dan prioritas yang dimiliki oleh pemda.

“Tujuannya, agar TP-PKK dapat memetakan pelaksanaan 10 program pokok yang diemban,” ujar Tri dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong TP-PKK untuk menyusun program kerja sesuai potensi yang dimiliki oleh setiap daerah.

“Ibu-ibu selaku Ketua TP-PKK di masing-masing provinsi bisa membuat program kerja berdasarkan potensi yang dimiliki oleh daerah masing-masing dan sejalan dengan pengelolaan 10 program PKK tersebut,” ujar Tri.

Untuk diketahui, Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng yang dilantik adalah Vera Rompas Mastura. Sementara, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi adalah Hesnidar Haris.

Keduanya merupakan istri dari masing-masing kepala daerah atau gubernur terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Tri menambahkan, keberhasilan pelaksanaan program TP-PKK tak lepas dari sinergi antara gerakan swadaya dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan serta fasilitasi dari mitra kerja.

“Program pemerintah, termasuk di tingkat daerah, yang berkaitan dengan peran masyarakat diharapkan dapat melibatkan peran TP-PKK,” terang Tri.

Dalam kesempatan itu, Tri juga mengimbau Gubernur Sulteng dan Jambi memberikan perhatian dan dukungan terhadap pelaksanaan program TP-PKK di masing-masing provinsi.

Pasalnya, hal itu sejalan dengan tugas dan tanggung jawab gubernur sebagai Ketua Pembina TP-PKK di daerahnya masing-masing.

“Saya berharap, Gubernur Sulteng dan Gubernur Jambi dapat memberikan dukungan serta memfasilitasi program-program PKK,” kata Tri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com