Advertorial

Kelebihan Tanaman Hias Aglonema dan Tips Merawatnya

Kompas.com - 14/07/2021, 18:41 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin heran dengan fenomena unik yang terjadi selama pandemic Covid-19. Banyak orang berlomba-lomba memelihara tanaman hias yang bernama aglonema.

Bahkan, tak sedikit dari mereka rela merogoh kantongnya dalam-dalam untuk membeli tanaman hias tersebut. Pasalnya, aglonema merupakan tanaman hias dengan harga lumayan mahal.

Ada alasan yang membuat aglonema dipasarkan dengan harga selangit. Tanaman ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya berbeda dari tanaman hias lain.

Lalu apa saja kelebihan tanaman hias aglonema ini? Berikut kelebihan tanaman Aglonema.

Mudah dirawat dan mampu beradaptasi dengan baik

Aglonema merupakan jenis tanaman hias yang mudah ditanam dan tidak rewel dengan kondisi lingkungan apa pun. Tanaman ini juga sangat mudah beradaptasi, baik dengan media tanam atau tanah tempat ditanamnya, udara di sekitarnya, maupun kadar air lingkungannya.

Anda pun tak perlu menjadi ahli tanaman dulu untuk bisa menanam dan memelihara aglonema. Bahkan, pemula sekalipun jarang ada yang gagal dalam merawat aglonema.

Tidak perlu sinar matahari langsung

Anda punya rumah yang tak banyak menerima sinar matahari secara langsung. Tinggal di apartemen atau rumah susun dengan paparan sinar matahari terbatas? Tenang, Anda tetap bisa memelihara aglonema meski hunian jarang terkena sinar matahari.

Karenanya, Anda bisa menempatkan tanaman hias ini di setiap sudut mana pun di rumah.

Aglonema tidak akan layu, meskipun ditempatkan di ruangan minim cahaya matahari.

Hal tersebut dikarenakan tanaman ini tidak perlu cahaya matahari atau cahaya apa pun secara khusus. Aglonema akan tetap mampu tumbuh dengan subur, baik dengan banyak paparan cahaya matahari atau bahkan sedikit sekali.

Mampu menyaring udara

Jika ingin menghirup udara segar di rumah, Anda dapat memelihara aglonema. Tanaman ini mampu menyaring udara kotor dan menjadikannya udara bersih. Karena itulah, aglonema disebut sebagai tanaman hias pemurni udara terbaik.

Pasalnya, tanaman ini mampu menyerap formaldehida serta benzena di dalam ruangan. Jadi, udara dalam ruangan akan lebih bersih dan segar.

Punya banyak varietas

Aglonema punya banyak jenis varietas. Tidak tanggung-tanggung, aglonema punya 20 jenis varietas.

Karena hal itu, sejumlah orang, termasuk kolektor, gemar akan tanaman ini. Mereka memiliki banyak koleksi tanaman jenis ini.

Tak heran, banyak kolektor ataupun orang dengan hobi berkebun terus berburu aglonema. Mereka berlomba-lomba memperbanyak varietas yang mereka koleksi.

Dari 20 jenis aglonema, terdapat 12 jenis aglonema yang banyak dicari, yaitu Aglonema Bidadari, Aglonema Pride Of Sumatera, Aglonema Moonlight, Aglonema Adelia, Aglonema Legacy, Aglonema Claudia, Aglonema Lipstik (Siam Aurora), Aglonema Widuri, Aglonema Cinta, Aglonema Red Kochin, Aglonema Tiara, dan Aglonema Red Ruby.

Dipercaya membawa keberuntungan

Dalam dunia feng shui, aglonema termasuk ke dalam salah satu tanaman yang dipercaya membawa keberuntungan di dalam rumah. Hal ini merujuk pada sifat-sifat yang dimiliki aglonema itu sendiri, yakni memiliki tampilan yang mencolok serta umur yang panjang karena mampu bertahan di berbagai lingkungan.

Nah, dengan memelihara aglonema, diharapkan pemilik rumah sejahtera secara finansial dan juga panjang umur.

Tak akan mati meski tidak disiram selama berhari-hari

Pernahkah Anda cemas meninggalkan tanaman di rumah berhari-hari? Anda takut tanaman akan mati karena terbengkalai dan tidak disirami?

kondisi tersebut tak akan terjadi jika Anda memelihara aglonema. Sebab, tanaman ini punya daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan.

Aglonema akan tumbuh subur dan bagus jika disiram teratur. Selain itu, tanaman hias ini juga tak akan cepat mati jika telat disiram. Aglonema hanya akan mati jika dibiarkan tanahnya kering dalam waktu yang lama.

Jadi, jika Anda meninggalkan rumah selama berhari-hari dan aglonema Anda tidak ada yang menyiram, tanaman ini tidak akan langsung mati.


Itulah enam keunggulan aglonema dibandingkan tanaman hias lain. Jika tertarik merawat aglonema, Anda bisa menerapkan tips mudah berikut.

Pertama, berikan pupuk daun secara rutin. Tanaman pasti membutuhkan pupuk. Begitu juga dengan aglonema.

Akan tetapi, karena aglonema itu istimewa dengan daunnya, pupuk yang diberikan adalah pupuk khusus untuk daun. Tujuannya, agar daunnya cantik dan lebat.

Pupuk merek Growmore dinilai menjadi pupuk yang bagus untuk aglonema. Anda bisa menyiram secara rutin di bagian dekat batang.

Kedua, rutin menyemprot larutan vitamin B1. Agar aglonema tumbuh subur dan sehat, Anda juga perlu menyemprotnya dengan larutan vitamin B1 khusus tanaman.

Caranya, campur vitamin B1 dengan air. Kemudian, semprotkan larutan tersebut pada bagian daun pada oagi hari atau malam hari.

Ketiga, menggunakan pot yang pas. Hal ini juga tak kalah penting. Gunakan pot yang pas untuk aglonema Anda. Jangan yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Ukuran pot yang terlalu besar dari tanamannya akan menghambat pertumbuhan tanaman ini. Sebab, aglonema akan fokus tumbuh di bagian akar sehingga batang dan daun tidak membesar.

Sebaliknya, jika menggunakan pot kecil, aglonema akan tumbuh dengan akar yang tidak kuat. Oleh karena itu, pot harus pas. Pot juga bisa diganti seiring pertumbuhan besarnya aglonema.

Itulah tiga tips dalam merawat aglonema. Mudah bukan? Ayo tanam aglonema sekarang. Selain untuk koleksi, Anda juga bisa berbisnis tanaman ini.

Untuk membeli aglonema, Anda bisa mencarinya di Blibli dan beli secara online dengan mudah. Ada banyak jenis aglonema yang ada di e-commerce tersebut. Harganya juga bervariasi. Jadi, tertarik untuk menanam tanaman hias ini?

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com