Advertorial

Distribusi Oksigen Terus Berlanjut, Pertamina Siagakan ISO Tank di Asrama Haji Pondok Gede

Kompas.com - 14/07/2021, 20:23 WIB

KOMPAS.com – Upaya Pertamina Group untuk mempercepat pengadaan oksigen bagi pasien Covid-19 terus berlanjut.

Pasca pemerintah menetapkan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19, Pertamina segera bergerak cepat dengan menempatkan satu unit ISO Tank oksigen untuk bersiaga di lokasi.

ISO Tank berkapasitas 20 ton tersebut juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan oksigen untuk memenuhi kebutuhan pasien Covid-19 di RSD Asrama Haji Pondok Gede.

Selain itu, Pertamina juga menyiagakan satu unit ISO Tank lain di kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sebagai informasi, RSD Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede saat ini dikelola oleh Kemenkes dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Pertamedika-IHC. Dengan total daya tampung 900 kamar, diperkirakan rumah sakit ini membutuhkan sekitar 26.000 meter kubik (m3) oksigen per hari.

Pejabat sementara (Pjs) Senior Vice President Corporate Communications and Investor Realations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait penyaluran ISO Tank ke rumah sakit yang membutuhkan.

Hingga saat ini, Pertamina Group telah mengangkut sekitar 400 ton oksigen dan mendistribusikannya ke berbagai rumah sakit di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Bagi Pertamina, peran mengelola energi nasional menjadi tugas utama yang wajib dilaksanakan dengan baik. Namun, sebagai BUMN kami juga memiliki tanggung jawab sosial yang besar bagi bangsa dan negara,” kata Fajriyah dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com