Advertorial

Hadirkan Pengalaman AI Video Portrait Tingkat Lanjut, Oppo Reno6 Buka Preorder di Shopee

Kompas.com - 16/07/2021, 00:00 WIB

KOMPAS.com - Oppo meluncurkan perangkat terbarunya, Oppo Reno6, secara resmi di Indonesia, Kamis (15/7/2021).

Oppo Reno6 mengunggulkan fitur video terdepan di industri ponsel pintar atau smartphone, yakni Bokeh Flare Portrait Video dan AI Highlight Video.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menangkap, menyunting, serta berbagi video berkualitas profesional dengan mudah dan cepat.

Public Relation Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A mengatakan, smartphone saat ini tidak hanya menjadi alat untuk merekam berbagai kenangan, tetapi juga dapat mewakili cara unik dalam bercerita.

“Dengan teknologi revolusioner pada kamera yang mencakup inovasi perangkat keras dan perangkat lunak, Oppo Reno6 memudahkan pengguna untuk menangkap potret video dan foto yang luar biasa, baik pada siang maupun malam hari,” kata Aryo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (14/7/2021).

Selain itu, Oppo juga menghadirkan berbagai peningkatan fitur pada Oppo Reno6. Berikut ulasan lengkapnya.

Fitur AI Portrait yang telah ditingkatkan

Oppo Reno6 dilengkapi dengan Quad Camera beresolusi 64 megapiksel (MP) pada kamera belakang dan 44 megapiksel (MP) pada kamera depan.

Oppo Reno6 juga memiliki peningkatan signifikan pada algoritma Oppo Image-clear Engine. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membidik obyek yang bergerak dengan lebih jelas. Selain itu, peningkatan ini juga dapat menangkap momen dengan cepat sehingga menghasilkan gambar yang tajam.

Kemudian, Oppo Reno6 juga didukung fitur Ultra-clear 108 MP Image. Fitur ini dapat menampilkan hasil yang tajam dan detail sehingga memudahkan pengguna saat proses editing atau penyuntingan.

Membidik obyek dengan Oppo Reno6.Dok. Oppo Membidik obyek dengan Oppo Reno6.

Selain itu, Oppo Reno6 juga memiliki serangkaian fitur video portrait yang disempurnakan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), yakni Bokeh Flare Portrait Video. Fitur ini dapat menghasilkan kualitas video potret ke tingkat lanjut.

Untuk diketahui, Bokeh Flare Portrait Video merupakan fitur pertama di industri smartphone yang dapat memberikan efek bokeh dengan kualitas sinematik secara otomatis.

Didukung oleh lebih dari 10 juta dataset potret dan algoritma kecerdasan buatan, Bokeh Flare Portrait Video mampu memproses video real time untuk menangkap video potret dengan latar bokeh dengan alami dan cerah. Fitur ini dapat digunakan untuk kamera depan dan belakang.

Oppo Reno6 juga mewarisi fitur potret AI Highlight Video yang dapat mendeteksi cahaya sekitar guna meningkatkan kualitas video. Kemampuan ini didukung oleh penerapan algoritma Ultra Night Video dan Live HDR.

Sementara itu, untuk menampilkan efek percantik alami pada video potret , Oppo Reno6 mengusung fitur Portrait Beautification Video. Dengan kemampuan pengenalan hingga 193 titik wajah utama dalam video, fitur ini dapat memberikan efek kecantikan dengan presisi, personalisasi, dan keaslian yang lebih baik.

Desain yang ramping dan trendi

Melanjutkan desain seri Reno terdahulu yang ikonik dengan tampilan stylish dan ramping, Oppo Reno6 hadir dalam dua warna baru, yakni Aurora dan Stellar Black.

Dengan sentuhan akhir Diamond Spectrum, Oppo Reno6 Aurora menciptakan efek visual yang tampak “selalu berubah”. Sentuhan akhir tersebut membuat satu perangkat tampil dengan jutaan spektrum warna saat dilihat pada sudut atau pencahayaan berbeda.

Sementara itu, Oppo menambahkan detail berkilau halus ke warna hitam klasik pada varian warna Stellar Black.

Selain itu, kedua warna tersebut juga dilengkapi dengan efek Reno Glow yang memberikan detail berkilauan halus pada penampang belakang smartphone dan membuatnya tahan sidik jari.

Oppo Reno6 mengusung layar AMOLED 6,4 inci 90 Hz.Dok. Oppo Oppo Reno6 mengusung layar AMOLED 6,4 inci 90 Hz.

Kemudian, pada bagian depan, Oppo Reno6 mengusung layar AMOLED 6,4 inci 90 Hz yang menghadirkan pengalaman multimedia dengan lebih jelas dan mulus. Layar ini dilengkapi desain single punch-hole sehingga memberikan sentuhan modern.

Layar Oppo Reno6 juga dilengkapi dengan sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD. Dengan sertifikasi ini, pengguna dapat melakukan streaming konten dengan lebih detail.

Selain itu, low-blue light screen pada Oppo Reno6 juga telah diverifikasi dan disertifikasi oleh SGS Eye Care Display. Layar ini dirancang untuk melindungi penglihatan pengguna saat menggunakan perangkat dalam waktu lama.

Selain tampil memukau, Oppo Reno6 juga dirancang dengan desain tipis serta ramping dengan ketebalan 7,8 milimeter (mm) dan berat 173 gram (g). Dengan begitu, smartphone ini memiliki ukuran yang nyaman digenggam.

Performa luar biasa

Oppo Reno6 memiliki performa luar biasa dengan kehadiran pengisian daya cepat 50W Flash Charge dan kapasitas baterai sebesar 4.310 mAh. Dengan kombinasi keduanya, baterai Oppo Reno6 dapat diisi hingga 100 persen hanya dalam waktu 45 menit.

Sementara itu, untuk memastikan kinerja perangkat yang supermulus, Oppo Reno6 mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 720G. Tak ketinggalan, Oppo Reno6 juga dilengkapi dengan RAM 8 gigabyte (GB) LPDDR4X dan penyimpanan 128 GB UFS 2.1.

Kemudian, Oppo juga menyematkan teknologi RAM Expansion pada Oppo Reno6. Teknologi ini memungkinkan sebagian kapasitas penyimpanan internal digunakan sebagai memori jangka pendek jika RAM habis.

Untuk diketahui, RAM 8 GB pada Oppo Reno6 juga dapat dilengkapi dengan tambahan pilihan memori hingga 5 GB saat dibutuhkan. Artinya, meskipun beberapa aplikasi dijalankan bersamaan, performa Oppo Reno6 tetap lancar.

Bermain game dengan Oppo Reno6.Dok. Oppo Bermain game dengan Oppo Reno6.

Selain fondasi performa yang kuat, Oppo juga telah mengoptimalkan Oppo Reno6 sebagai perangkat yang dapat meningkatkan pengalaman konsumen dalam bermain game.

Kelebihan lainnya, Oppo Reno6 dilengkapi fitur game yang dapat disesuaikan, seperti Quick Startup, Game Focus Mode, dan teknologi Hyperboost 4.0. Jika digabungkan, ketiga fitur ini akan menciptakan pengalaman terbaik dalam bermain game online.

ColorOS 11 yang mudah digunakan

Oppo Reno6 hadir dengan sistem antarmuka ColorOS 11 yang memberikan banyak efisiensi, kelancaran, serta privasi yang diperkuat demi menghadirkan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Tak hanya itu, Oppo Reno6 juga menghadirkan O Relax, yakni aplikasi bawaan yang berisi serangkaian suara menenangkan serta permainan kasual untuk membantu pengguna menghilangkan kecemasan dan menemukan kedamaian diri.

Kemudian, Oppo Reno6 juga menyematkan Artist Wallpaper Project, yakni wallpaper khusus yang menampilkan keindahan sains dan inspirasi setiap kali menatap layar.

Selain itu, Oppo Reno6 juga menghadirkan Freeform Screenshots yang memungkinkan pengguna membuat tangkapan layar dalam berbagai bentuk. Hasil tangkapan layar tersebut kemudian dapat diterjemahkan secara langsung dengan dukungan lebih dari 100 bahasa dan Air Gesture yang memungkinkan pengguna menggulir menu tanpa menyentuh layar.

Sebagai informasi, keamanan menjadi bagian utama pada ColorOS 11. Oleh sebab itu, Oppo menyematkan fitur Anti-peeping untuk notifikasi. Fitur ini dapat menyembunyikan detail pesan pada pop-up secara otomatis ketika orang lain menatap layar pengguna.

Teakhir, ada fitur Private System yang memungkinkan pengguna membuat beberapa akun di ponsel dengan aplikasi dan data yang terpisah.

PreorderOppo Reno6 di Shopee.Dok. Oppo PreorderOppo Reno6 di Shopee.

Oppo Reno6 dapat dipesan atau preorder mulai 16 hingga 22 Juli 2021 secara eksklusif melalui e-commerceShopee serta jaringan Oppo Store atau toko yang menjual perangkat smartphone Oppo di Indonesia dengan harga Rp 5.199.000.

Pada masa preorder, konsumen akan mendapatkan hadiah eksklusif berupa Reno Wireless Mini Home Theater senilai Rp 1,5 juta selama persediaan masih ada.

Spesifikasi lengkap Oppo Reno6

Warna

Aurora \ Stellar Black

Ukuran

159.1mm×73.3mm×7.8mm

Prosesor

Qualcomm® Snapdragon™ 720G

RAM & Penyimpanan

8GB RAM LPDDR4X (dengan fitur RAM Expansion)

128GB ROM UFS 2.1 (dapat diperluas dengan MicroSD)

Berat

Sekitar 173g

Bahan Cover Belakang

OPPO Reno Glow + anti scratch material

Jenis & Ukuran Layar

6.4" AMOLED Single Punch Hole

90 Hz refresh rate + up to 180 Hz touch sampling rate

Sidik Jari

Sensor sidik jari di dalam layar

Kamera Utama

64MP Main Camera F/1.7 + 8MP 119° Wide Angle Camera F/2.2 + 2MP Macro Camera (4cm) F/2.4 + 2MP Mono Camera F2.4

Kamera Depan

44MP F/2.4

Baterai & Pengisian Daya

4310mAh, 50W Flash Charge

Teknologi Pendingin

Multi-cooling System

Sistem Operasi

ColorOS 11.1 berbasis Android 11

Harga

Rp 5.199.000

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com