Advertorial

Terapkan "Core Value AKHLAK", KAI Group Raih 8 Penghargaan Menteri BUMN

Kompas.com - 17/07/2021, 22:21 WIB

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan anak perusahaan yang tergabung dalam Kereta Api Indonesia (KAI) Group mendapatkan 8 penghargaan pada ajang AKHLAK Award 2021.

Adapun penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang telah mengimplementasikan core value Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK) sebagai budaya organisasi.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, setiap BUMN perlu melakukan transformasi secara menyeluruh. Selain pada model bisnis dan operasional, transformasi juga penting dilakukan pada bagian human capital.

Sebagai informasi, penghargaan tersebut juga digelar dalam rangka perayaan setahun pengimplementasian konsep AKHLAK di BUMN.

“Sudah satu tahun keluarga BUMN disatukan oleh misi dan nilai yang sama untuk Indonesia dengan mengimplementasikan core value AKHLAK,” ujar Erick Thohir dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/7/2021).

Adapun misi dan nilai-nilai tersebut, kata Erick, merupakan bagian dari upaya transformasi menyeluruh di BUMN.

Transformasi ini juga menjadi arah dan pijakan pada langkah BUMN untuk naik kelas dan berkompetisi, terutama secara global.

Untuk diketahui, penghargaan yang diberikan oleh Menteri (BUMN) Erick Thohir tersebut diselenggarakan secara virtual, Kamis (15/7/2021).

Adapun kedelapan penghargaan yang diraih KAI Group tersebut, yakni:

1. KAI sebagai Runner Up 1 dalam Kategori BUMN untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik
2. KAI sebagai Runner Up 2 dalam Kategori BUMN untuk Indeks Implementasi Loyal Terbaik
3. KAI Logistik sebagai Juara 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik
4. KAI Bandara sebagai Juara 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Harmonis Terbaik
5. KAI Services sebagai Runner Up 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik.
6. KAI Wisata sebagai Runner Up 1 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Harmonis Terbaik
7. KAI Logistik sebagai Runner Up 2 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Adaptif Terbaik
8. KAI Properti sebagai Runner Up 2 dalam Kategori Anak Perusahaan BUMN untuk Indeks Implementasi Amanah Terbaik.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyampaikan terima kasih kepada Menteri BUMN Erick Thohir atas penghargaan tersebut.

“Penghargaan itu akan semakin memacu seluruh SDM KAI Group untuk mengamalkan AKHLAK sebagai pedoman perilaku sehari-hari,” ujar Didiek.

Didiek mengatakan, pencapaian tersebut tak lepas dari sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai AKHLAK yang gencar dilakukan kepada seluruh pekerja KAI Group.

Adapun sosialisasi dan internalisasi tersebut dilakukan dalam 10 tahapan atau 10 Step of Culture Transformation.

“Tahapan tersebut dimulai dari find the big why atau menumbuhkan sense of urgency kepada para Top Leaders KAI Group mengenai pentingnya budaya organisasi. Hal ini dilakukan dengan menunjukkan dampak budaya kerja terhadap kinerja organisasi,” jelas Didiek.

Sebagai informasi, juri pada ajang AKHLAK Award 2021 terdiri dari tim ACT Consulting selaku konsultan budaya perusahaan dan lembaga independen.

Penjurian dilakukan berdasarkan hasil survei AKHLAK Culture Health Index (ACHI) yang dilakukan di 68 BUMN dan anak perusahaan mulai 1 Juli 2020 hingga 1 Juli 2021.

Berdasarkan penilaian ini, para juri kemudian memilih nilai tertinggi dari masing-masing kategori.

Adapun pelaksanaan ACHI KAI Group 2021 diikuti 27.483 responden KAI Group. Hal ini menunjukkan antusias yang tinggi dari insan KAI Group dalam melaksanakan program-program internalisasi budaya organisasi.

Sejak adanya arahan dari Kementerian BUMN untuk menyesuaikan nilai-nilai utama perusahaan BUMN pada pertengahan Juli 2020, KAI langsung mengambil langkah untuk mengimplementasikan core value AKHLAK kepada seluruh jajaran KAI Group.

Sebagai informasi, sesuai surat edaran Menteri BUMN No. SE-7/MBU/07/2020, jajaran Direksi dan Komisaris KAI meluncurkan new core value AKHLAK.

Sejak saat itu, KAI Group melakukan sosialisasi internalisasi AKHLAK, baik melalui pembuatan konten maupun webinar secara intensif.

“KAI juga melakukan berbagai kegiatan, seperti kick off serta kegiatan terkait pendidikan dan pelatihan seputar budaya perusahaan, misalnya Pelatihan Change Leaders, Change Champion, Change Agent, dan Culture Booster,” kata Didiek.

Sebagai penerapan AKHLAK, KAI Group akan mengeluarkan Culture Action Plan 2021-2024 yang berisi tema besar budaya dan inisiatif strategi budaya.

Action plan ini disesuaikan dengan tema bisnis Rencana Jangka Panjang Perusahaan KAI 2020-2024.

“Kami akan terus meningkatkan indeks implementasi AKHLAK serta kualitas SDM di seluruh KAI Group. Dengan begitu, kinerja perusahaan terus meningkat dan layanan kepada masyarakat, khususnya pelanggan kereta api, juga semakin lagi,” jelas Didiek.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com