Advertorial

Mendagri Apresiasi Realisasi Pencairan Dana Insentif Nakes di Tangsel Capai 98 Persen

Kompas.com - 28/07/2021, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) atas realisasi pencairan dana insentif tenaga kesehatan daerah (inakesda) yang hampir menyentuh 100 persen.

Hal itu disampaikan Mendagri usai melakukan rapat koordinasi di Tangsel, Banten, Selasa (27/7/2021).

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kota Tangsel. Sebab, pencairan dana untuk insentif tenaga kesehatan sudah terealisasi lebih kurang 98 persen," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (28/7/2021).

Seperti diketahui, pencairan dana inakesda menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo. Pasalnya, tenaga kesehatan (nakes) merupakan garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19 sehingga pemenuhan haknya harus segera direalisasikan.

"Ini menjadi atensi Presiden (Jokowi). Berulang-ulang beliau menyampaikan kepada saya dan saya diperintahkan untuk meyakinkan pencairan insentif tenaga kesehatan yang menjadi tanggung jawab daerah," tuturnya.

Selain Tangsel, apresiasi serupa juga dialamatkan kepada Pemkot Depok. Adapun Pemkot Depok mampu merealisasikan pencairan dana inakesda sebesar 100 persen.

Mendagri pun berharap, capaian tersebut dapat segera dilakukan pemerintah daerah lainnya.

"Saya memberikan apresiasi sangat tinggi. Tolong, beberapa wilayah lain, anggaran insentif nakesnya yang sudah ada itu (segera) dicairkan," imbau Mendagri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com