Advertorial

Dukung Pemprov DKI Jakarta Atasi Pandemi, AlfaCorp Siapkan Gedung Isolasi Pasien Covid-19

Kompas.com - 03/08/2021, 18:40 WIB

KOMPAS.com – AlfaCorp menyiapkan Universitas Budi Mulia (UBM) Housing sebagai salah satu lokasi isolasi bagi pasien Covid-19 di kawasan Pademangan, Jakarta Utara.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin mengatakan, upaya tersebut merupakan bentuk dukungan AlfaCorp kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menangani Covid-19.

“Salah satu hal yang kini menjadi prioritas adalah menambah tempat isolasi bagi pasien Covid-19,” ujar Solihin dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (3/8/2021).

Untuk diketahui, AlfaCorp merupakan perusahaan yang menaungi sejumlah retail kenamaan, hotel, dan perguruan tinggi di Tanah Air, yaitu Alfamart, Alfamidi , DAN+DAN, Lawson, Alfaland, Omega Hotel Management, dan UBM.

Solihin berharap, fasilitas isolasi yang disiapkan AlfaCorp tersebut mampu mengurangi beban pemerintah dalam menyiapkan ketersediaan tempat isolasi, khususnya bagi karyawan AlfaCorp yang bekerja di wilayah DKI Jakarta.

“Selain itu, (fasilitas isolasi) juga bisa digunakan oleh warga sekitar yang terkonfirmasi Covid-19 dengan tanpa gejala atau gejala ringan,” terangnya.

-Dok. AlfaCorp -

Sebagai informasi, UBM Housing memiliki 375 kamar yang akan digunakan untuk karyawan ataupun masyarakat yang terpapar Covid-19. Setiap lantai terdapat relawan yang bertugas memonitor kondisi kesehatan pasien.

Tak hanya itu, UBM Housing juga memiliki fasilitas memadai, seperti klinik, kamar dengan sanitasi yang baik, ruang terbuka hijau, dan ambulans yang siaga 24 jam.

AlfaCorp juga menjalin kerja sama dengan rumah sakit sebagai rujukan medis serta supervisi dan monitoring operasional.

Tenaga medis juga telah disiagakan, baik dokter maupun perawat, pada mini klinik untuk observasi, tindakan medis awal, serta pemberian obat dan vitamin.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik peran AlfaCorp dalam menyediakan fasilitas isolasi bagi pasien Covid-19.

“Hal ini merupakan terobosan yang patut dijadikan contoh. Sebuah perusahaan secara proaktif menyediakan tempat untuk isolasi bagi karyawan yang terpapar atau bagi masyarakat di sekitar tempat isolasi,” kata Anies.

Anies menambahkan, di tengah pandemi Covid-19, ada sejumlah pihak yang berupaya mengambil keuntungan, seperti impor ilegal dan menaikkan harga obat.

Menurut Anies, mereka adalah oknum penjahat kemanusiaan. Sementara, di sini lain, ada pula pejuang kemanusiaan yang turun tangan menyelamatkan sesama dari ancaman Covid-19.

“AlfaCorp menunjukkan sikap tanggung jawab itu. Kami sampaikan terima kasih,” lanjutnya.

-Dok. AlfaCorp -

Sebagai informasi, sesuai Keputusan Gubernur DKI Jakarta No 891 Tahun 2021 tentang Penetapan Lokasi Isolasi dan Standar Operasional Prosedur Pengelolaan Lokasi Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 19 Huruf A angka 4, Pemprov DKI Jakarta bersama Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berencana memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang ada di DKI Jakarta.

Hal itu termasuk di fasilitas milik swasta untuk dijadikan tempat isolasi bagi warga yang terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan. 

Atas inisiatif tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov DKI Jakarta telah memberikan surat rekomendasi untuk kegiatan penyelenggaraan fasilitas isolasi bagi karyawan AlfaCorp.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Satgas Covid-19 Nasional melalui Koordinator Bidang Relawan juga turut melakukan supervisi rutin, menyediakan tenaga relawan, dan tenaga kesehatan (nakes).

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com