Advertorial

Bangkitkan UMKM Jawa Timur, BRI Gelar Pameran Lokal Keren Jatim secara Virtual

Kompas.com - 04/08/2021, 17:05 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar pameran virtual industri kreatif UMKM dengan tema “Lokal Keren Jatim”. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendorong pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Adapun pameran Lokal Keren Jatim merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BRI UMKM Expo Road to Brilianpreneur 2021.

Untuk mengenalkan pameran tersebut kepada masyarakat luas, BRI juga menyelenggarakan kegiatan virtual press conference “Bangga Buatan Indonesia - Lokal Keren Jatim”. 

Konferensi pers itu dihadiri oleh beberapa perwakilan penyelenggara, yakni Staf Ahli Bidang Keuangan Dan Pengembangan UMKM Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Loto Srinaita Ginting dan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto.

Selain itu, hadir pula Public Relations PT Wings Surya Oucky Hertanto, Presiden Direktur Jayaboard Ahmad Hamdani, dan Head of Brands Management and Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi.

Lokal Keren Jatim Road to Brilianpreneur 2021 sendiri diselenggarakan selama sebulan penuh mulai dari tanggal 1-31 Agustus 2021.

Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata BRI dalam mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia yang sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Seperti diketahui, program BBI telah dicanangkan sejak 2020 oleh pemerintah. Tujuannya, untuk mendukung dan mempromosikan produk lokal Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian BUMN menunjuk BRI untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jatim sebagai penyelenggara Gerakan Nasional BBI.

Pada konfrensi pers, Loto Srinaita Ginting mengatakan, gerakan BBI diharapkan mampu membuat masyarakat semakin mencintai produk lokal.

“Kegiatan Gerakan Nasional BBI dengan tema Lokal Keren Jatim bertujuan untuk membangun semangat mencintai, mengapresiasi, menggunakan, dan mengembangkan produk dalam negeri. Khususnya sektor UMKM di kalangan masyarakat umum,” ujar Loto dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Loto menambahkan, Jatim terpilih sebagai perwakilan daerah lain berkat besarnya jumlah UMKM di provinsi tersebut.

Hal tersebut berbanding lurus dengan jumlah populasi penduduk di sana. Dengan melihat fakta itu, Jatim dianggap sebagai pangsa pasar potensial bagi produk UMKM.

Sebagai informasi, pameran kali ini diisi oleh 251 UMKM terpilih yang mewakili Jatim. Pelaku UMKM tersebut terdiri dari beberapa bidang industri, seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, serta aksesori dan kecantikan.

Seluruh UMKM yang terlibat merupakan binaan dari beberapa korporasi dan lembaga, seperti BRI, Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jatim.

Selanjutnya, dari Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jatim, One Pesantren One Product (OPOP) Provinsi Jatim, Rumah BUMN, Wingsfood, dan Jayaboard.

Dalam kesempatan yang sama, Catur Budi Harto mengatakan, pameran tersebut dapat menjadi stimulus bagi UMKM untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform digital yang tersedia, seperti PaDi UMKM, Shopee, Tokopedia, dan Blibli.

Selain itu, pameran virtual Lokal Keren Jatim juga bertujuan untuk membuka peluang baru bagi produk UMKM Jatim terhadap pasar nasional dan ekspor.

“Harapannya, kegiatan ini mampu membuat pelaku UMKM untuk menjadikan bisnis mereka lebih modern (Go Modern), menerapkan digitalisasi (Go Digital), dan memperluas jejaring pasar daring (Go Online). Dengan begitu, mereka tak hanya mampu bersaing di pasar lokal, namun UMKM binaan juga dapat menembus pasar dunia sebagai UMKM Ekspor (Go Global),” ujar Catur.

Di sisi lain, Daniel Minardi menuturkan soal keterlibatan Shopee pada gelaran tersebut. Ia mengatakan, pengembangan bisnis pelaku UMKM sudah menjadi bagian dari komitmen Shopee.

Ia pun berharap, kerja sama tersebut dapat membantu pelaku UMKM dalam memperluas jangkauan bisnisnya.

“Tidak hanya ke seluruh pelosok Indonesia, tetapi juga ke pasar internasional bersama Shopee,” ujar Daniel.

Sementara itu, sebagai salah satu mitra kerja sama yang turut membina pelaku UMKM di Gerakan Nasional BBI, PT Wings Surya atau Wings Food memiliki program pembinaan bernama Mitra Wings Andalan Kuliner (Wakul).

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto Dok. BRI Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto

Program tersebut telah diluncurkan sejak pertengahan Mei 2021. Oucky Hertanto berharap, program tersebut dapat membantu melahirkan pengusaha-pengusaha kuliner yang terus berkembang dan membawa cita rasa khas daerah.

Senada dengan mitra lainnya, menurut Ahmad Hamdani, Jayaboard juga berkomitmen untuk memberikan dukungan pada program Gerakan Nasional BBI 2021.

Hal tersebut dibuktikan Jayaboard lewat pelatihan kepada masyarakat Jatim. Adapun Jayaboard berkolaborasi dengan BRI untuk memberikan pelatihan yang disalurkan melalui siaran podcast.

“Melalui kegiatan ini, kami juga berharap dapat terus mengemban visi dan misi Jayaboard dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui pembangunan yang berkualitas,” kata Ahmad.

Brilianpreneur menjadi pintu ke pasar global

Pada dasarnya, gelaran pameran virtual Lokal Keren Jatim adalah upaya BRI bersama pelaku UMKM untuk membuktikan bahwa pandemi Covid-19 bukan halangan mereka untuk bangkit.

Seperti diketahui, UMKM berperan penting karena berfungsi sebagai penggerak utama ekonomi nasional. Maka dari itu, BRI akan selalu hadir untuk memacu kinerja pelaku usaha di sektor UMKM.

Harapannya, program Brilianpreneur dapat memicu terjadinya business matching yang menghasilkan transaksi dan interaksi dengan pasar internasional. Terpenting, dapat bermanfaat sebagai sarana perputaran ilmu dan informasi bagi pelaku UMKM untuk dapat menembus pasar ekspor.

Melalui BRI UMKM Expo Road to Brilianpreneur, pelaku UMKM akan dibantu untuk membuka pintu pasar potensial secara virtual ke beberapa negara, seperti Malaysia, Australia, Hong Kong, China, Kanada, dan Amerika Serikat.

Sebagai informasi, acara tersebut juga turut dimeriahkan melalui berbagai acara virtual lainnya, seperti web seminar (webinar), podcast, coaching clinic, fashion show, product showcase, bazaar, lelang designer, music performance, movie launching, Jatim food festival, dan donasi.

Selain melalui situs web dan e-commerce, kegiatan tersebut dapat diikuti di media sosial.

Untuk turut mempermudah akses transaksi pengunjung di e-commerce, BRI juga melengkapi pembayaran melalui sistem pembayaran daring, seperti BRI Virtual Account (BRIVA), e-Pay BRI, Direct Debit BRI, Kartu Debit, dan Kartu Kredit BRI.

Untuk nasabah yang menggunakan sistem pembayaran tersebut, BRI akan memberikan beberapa keuntungan berupa diskon dan cashback di setiap transaksinya.

Tak sampai di situ, selama rangkaian acara, tersedia pula berbagai promo menarik untuk setiap pembelian produk UMKM lewat e-commerce yang telah bekerja sama.

Promo tersebut dibagi ke dalam serangkaian program, mulai dari pre-event, reguler day, peak day, dan post-event.

Bagi yang tertarik mengikuti seluruh rangkaian program Lokal Keren Jatim Road to Brilianpreneur 2021, silakan kunjungi situs web lokalkerenjatim.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com