Advertorial

BRI Sabet 5 Penghargaan dalam Ajang Good Corporate Governance and The Best CEO 2021

Kompas.com - 07/08/2021, 17:23 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berhasil menyabet lima penghargaan bergengsi di ajang GRC and Performance Excellence Award 2021. Penghargaan yang menjadi bentuk apresiasi atas implementasi governance serta risk and compliance (GRC) tersebut diterima BRI dalam acara penganugerahan yang digelar secara hybrid, Kamis (5/8/2021).

Kelima penghargaan GRC and Performance Excellence Award 2021 yang diboyong BRI, antara lain The Best GRC Overall for Corporate Governance and Performance 2021 untuk kategori retail and micro banking, dan The Best Board of Commissioners in Banking Industries.

Selain itu, penghargaan juga diterima oleh jajaran manajemen BRI, di antaranya The Best Chief Executive Officer (CEO) untuk Direktur Utama BRI Sunarso, The Best Chief Compliance Officer (CCO) untuk Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto, dan The Best Chief Risk Management Officer (CRO) untuk Direktur Manajemen Risiko BRI Agus Sudiarto.

Sebagai informasi, ajang penghargaan tersebut diselenggarakan Majalah BusinessNews Indonesia bekerja sama dengan CEO Forum, serta didukung pakar profesional di bidang good corporate governance (GCG). Pada 2020, BRI sukses memboyong tiga penghargaan.

Usai menerima penghargaan, Sunarso mengungkapkan bahwa penghargaan ini membuktikan komitmen BRI dalam menjunjung tinggi prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Prinsip-prinsip yang dijunjung BRI, yakni transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness dalam setiap aktivitas dan operasional bisnisnya.

"Perseroan akan terus menjaga dan meningkatkan tata kelola perusahaan yang baik dan senantiasa menghadirkan layanan excellent bagi nasabah maupun masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Sunarso juga menegaskan, BRI terus berkomitmen meningkatkan penerapan GCG dari top management, khususnya Dewan Komisaris dan Direksi.

Pelaksanaan komitmen tersebut dilakukan dengan melaksanakan prinsip-prinsip GCG di setiap kegiatan usaha BRI, ditunjukkan dalam visi dan misi BRI, corporate values, dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan perusahaan.

“Komitmen implementasi tata kelola perusahaan yang baik tersebut sejalan dengan fokus BRI untuk terus menjadi garda terdepan dalam upaya penyelamatan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari dampak pandemi,” katanya.

Sunarso juga menyebutkan, komitmen tata kelola ini sesuai dengan peran strategis BRI sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam membantu pemerintah mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

Adapun, penghargaan yang diterima BRI dinilai berdasarkan keputusan objektif dan independen tim penilai dan dewan juri, yang diawali dari penilaian GCG dari lebih 200 perusahaan di Tanah Air.

Berdasarkan analisis para pakar tersebut, BRI dinilai sukses mengimplementasikan tata kelola perusahaan dengan baik, sesuai dengan tata nilai, dan manajemen risiko yang berlaku di dunia internasional.

Ketua Penyelenggara GRC and Performance Excellence Award 2021 Irnanda Laksanawan menjelaskan, penyelenggaraan penghargaan ini telah memasuki tahun ketiga.

Seperti sebelumnya, penyelenggaran kegiatan corporate rating (award) tahunan ini digelar untuk mendorong perusahaan agar lebih mematuhi tata kelola perusahaan yang baik secara internal maupun terhadap stakeholder-nya.

“Penyelenggara terinspirasi oleh kegiatan atau arahan Kementerian BUMN mengenai pengelolaan korporasi/BUMN dengan core value AKHLAK, atau Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif,” jelasnya.

Oleh karenanya, lanjut Irnanda, dalam pelaksanaan sistem GRC, pihaknya ami menilai dan menentukan korporasi dengan penilaian GRC yang baik.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com