Advertorial

Peringati Hari UMKM Nasional, Pekerja BRI Beri Dukungan Nyata untuk Pelaku Usaha

Kompas.com - 13/08/2021, 16:15 WIB

KOMPAS.com – Dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional yang jatuh pada Kamis (12/8/2021), lebih dari 125.000 pekerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar gerakan sosial BRILiaN Sahabat UMKM.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai dukungan nyata bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional.

“Seluruh pekerja BRI menggunakan momentum ini sebagai aksi sosial. Harapannya, kami dapat meringankan beban masyarakat yang terpapar atau terdampak Covid-19,” ujar Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/8/2021).

Beberapa aksi sosial yang dilakukan seperti berikut. Pertama, gerakan belanja serentak untuk UMKM di seluruh Indonesia. Catur berharap, aktivitas ini dapat membantu cashflow dan pendapatan pelaku UMKM.

Dari catatan BRI, sejak 1 Mei 2020 hingga saat ini, gerakan berbelanja di UMKM oleh pekerja BRI sudah mencapai lebih dari 354.000 transaksi dan membukukan nominal hingga Rp 29,4 miliar.

“Tentunya kami berharap bahwa angka tersebut akan semakin bertambah besar pada peringatan Hari UMKM Nasional tahun ini”, tambahnya.

Kedua, aksi sosial Insan BRILiaN. Pada Hari UMKM Nasional, barang yang dibelanjakan oleh Insan BRILiaN akan didonasikan dan diberikan kepada masyarakat sekitarnya yang terpapar atau terdampak pandemi Covid-19.

Catur melanjutkan, aktivitas ketiga adalah literasi digital pelaku UMKM. Aktivitas ini ditujukan untuk membantu pelaku UMKM dan juga nasabah yang menggunakan produk Digital BRI seperti BRImo, QRIS, E-Banking, dan produk digital lainnya.

Hal itu merupakan upaya dan komitmen BRI untuk terus menggiatkan literasi digital kepada pelaku UMKM, serta membantu mereka agar berhasil naik kelas.

Melalui literasi digital tersebut, pihak BI berharap, pelaku UMKM dapat memperluas pasar, memperoleh kemudahan akses layanan keuangan, dan teredukasi.

“Literasi digital ini pun diharapkan dapat membantu percepatan pelaku UMKM dalam merespons tantangan dan perubahan cara bertransaksi ke depan”, ujarnya.

Lebih lanjut Catur menjelaskan bahwa gerakan BRILiaN Sahabat UMKM akan terus bergulir sebagai wujud komitmen BRI, tidak hanya secara korporasi, tetapi juga dari seluruh pekerja BRI.

Ia mengungkapkan bahwa seluruh pihak di BRI senantiasa membantu pelaku usaha UMKM untuk bangkit pada kondisi pandemi dan terus naik kelas.

Acara lain yang dibuat BRI bertepatan dengan Hari UMKM Nasional adalah program reward bagi UMKM dengan total hadiah mencapi Rp 285 juta.

Untuk mengikuti program tersebut, UMKM perlu memenuhi beberapa syarat. Di antaranya, UMKM wajib mendaftar menjadi merchant QRIS BRI. Kemudian, transaksi pada opeasional UMKM harus menggunakan QRIS BRI, baik dengan QRIS static atau BRImo QR Pedagang.

Setelah itu, penghitungan reward yang berlaku adalah menggunakan sales volume dari 190 merchant atau UMKM dengan sales volume tertinggi akan diberikan reward hadiah. Program ini berlangsung sejak 12-31 Agustus 2021.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com