Advertorial

Cermat Memilih Mobil Keluarga, Ini 5 Hal yang bisa Dipertimbangkan

Kompas.com - 14/08/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Mobil kini menjadi salah satu kebutuhan yang patut dipertimbangkan untuk dimiliki, terutama bagi seseorang yang sudah berkeluarga dan memiliki buah hati. Pasalnya, mobil dapat mendukung mobilitas keluarga.

Selain itu, memiliki mobil pribadi dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi keluarga saat melakukan perjalanan.

Meski demikian, memilih mobil keluarga yang sesuai kebutuhan bukan perkara mudah. Perlu pertimbangan matang sebelum memutuskan membeli mobil. Berikut ulasannya.

Harga

Harga menjadi hal utama yang patut dipertimbangkan saat berencana membeli mobil. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobil cukup tinggi dan akan berpengaruh pada kemampuan keuangan.

Sebelum membeli mobil, baik secara tunai maupun kredit, pastikan Anda sudah menyiapkan anggaran untuk kebutuhan tersebut. Pilih mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Hal tersebut dilakukan agar keuangan keluarga tetap aman karena mobil yang hendak dibeli sesuai dengan bujet.

Untuk mendapatkan mobil dengan harga yang sesuai, Anda dapat melakukan komparasi harga. Selain itu, pertimbangkan pula penawaran atau promosi-promosi khusus yang tersedia pada momen-momen tertentu. Misalnya, pada saat pameran otomotif.

Jumlah tempat duduk

Jumlah seat atau tempat duduk merupakan salah satu pertimbangan penting dalam memilih mobil keluarga. Pasalnya, mobil harus mampu menampung semua anggota keluarga.

Di samping keluarga, mobil setidaknya juga memiliki kapasitas lebih untuk menampung orang selain anggota keluarga inti. Misalnya, pengasuh, orangtua, mertua, atau tetangga.

Oleh karena itu, cari tipe mobil dengan kapasitas tempat duduk yang cukup agar semua anggota keluarga dapat tertampung, sekaligus bisa menyediakan kursi tambahan untuk orang lain.

Fitur keamanan

Demi menjamin keamanan keluarga saat bepergian, fitur keamanan pada kendaraan merupakan hal mutlak untuk dipertimbangkan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain ketersediaan sabuk pengaman atau seat belt, child safety lock, air bag, fitur kunci otomatis pada pintu dan kaca jendela, fitur peringatan forward crash running, lane departure warning, serta blind spot monitoring (BSM).

Fitur-fitur tersebut penting, terutama bila memiliki anak di bawah usia lima tahun (balita).

Irit bahan bakar

Mobil yang irit bahan bakar juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Apalagi, jika mobil akan digunakan untuk mobilitas rutin sehari-hari, baik untuk ke kantor, belanja, antar anak sekolah, maupun berwisata. Dengan begitu, pengeluaran keluarga tidak boros.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengetahui tingkat keiritan bahan bakar sebuah mobil. Salah satunya dengan mengukur jarak tempuh mobil per satu liter bahan bakar yang dikonsumsi. Semakin jauh jarak yang dapat ditempuh, artinya mobil tersebut semakin irit.

Bagasi

Tak kalah penting dari ruang kabin dan jumlah kursi, pastikan mobil yang hendak dipilih memiliki kapasitas bagasi yang cukup untuk menampung seluruh barang bawaan.

Sebab, semakin banyak anggota keluarga, biasanya semakin banyak pula barang yang hendak dibawa sehingga dibutuhkan ruang bagasi yang besar.

Fitur hiburan

Agar perjalanan bersama keluarga tak membosankan, pilihlah mobil yang menyediakan fitur hiburan. Misalnya, memiliki fitur audio yang dilengkapi MP3/CD Player, speaker, USB connector, radio, pemutar DVD, hingga layar sentuh.

Nah, itulah lima hal yang dapat dipertimbangkan sebelum membeli mobil keluarga. Adapun salah satu mobil yang cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga adalah sport utility vehicle (SUV) Mitsubishi Eclipse Cross.

Mobil satu ini merupakan perpaduan dua tipe mobil, yaitu tipe mobil penumpang sekaligus off-road.

Dengan perpaduan tersebut, SUV Mitsubishi Eclipse Cross tak hanya bisa diandalkan untuk menaklukkan jalanan perkotaan, tetapi juga nyaman dipakai untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan medan menantang.

Untuk diketahui, mobil berkapasitas lima penumpang itu dilengkapi dengan beragam fitur keselamatan, mulai dari rem anti-lock braking system (ABS) dan electronic brake-force distribution (EBD), dan kamera mundur.

Kemudian, ada sensor parkir, stability control, hill start assist, rem parkir elektrik, idling stop system, forward collision mitigation, serta lane departure warning.

Mitsubishi Eclipse Cross telah ditenagai mesin turbo 1.500 cc DOHC MIVEC. Dengan mesin ini, tenaganya mencapai 150 Pferdestarke (ps) dengan torsi maksimal 250 nanometer (Nm) yang bisa diraih pada 2.000-3.500 revolutions per minute (rpm).

Dengan teknologi itu, mobil besutan Mitsubishi ini terasa responsif. Hanya perlu sedikit menginjak pedal gas, mobil bisa langsung melaju.

Selain itu, respons transmisi matik continuous variable transmission atau CVT-nya juga baik. Akselerasinya terasa instan dan mesin turbo tidak lag.

Kehadiran suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan double wishbone di belakang pun menambah kenyamanan pengendara dan penumpang saat berkendara ke luar kota.

Karena itu, tak heran Mitsubishi Eclipse Cross bisa diandalkan sebagai mobil keluarga, terutama saat melakukan perjalanan di medan perbukitan dengan permukaan jalan yang kasar.

Bicara soal konsumsi bahan bakar, Eclipse Cross terbilang cukup irit. Hal ini berkat kombinasi antara mesin turbo 1.500 cc dan transmisi CVT. Saat diuji coba pada rute kombinasi perkotaan dan luar kota, Eclipse Cross bisa menempuh jarak 11,6 kilometer (km) per liter bahan bakar.

Sementara itu, kabin mobil Eclipse Cross diklaim kedap suara. Kabin mobil ini dapat meredam suara dari sisi jalan dan bagian samping. Dengan demikian, anggota keluarga bisa merasa nyaman dan beristirahat tanpa terganggu suara bising.

Pada bagian interior, Eclipse Cross dibekali Head Up Display yang bisa diatur kecerahan dan sudut kemiringannya, serta Eco Mode untuk menjaga efisiensi selama berkendara.

Fitur paling menarik pada SUV tersebut adalah Active Cruise Control (ACC). Di Eclipse Cross, fitur ini mulai bekerja ketika mobil mencapai kecepatan minimal 30 kilometer per jam (kpj). Pengemudi bisa langsung mengaktifkannya dengan memencet tombol cruise control.

Fitur ACC Eclipse Cross memungkinkan pengemudi untuk mengikuti kecepatan kendaraan di depannya sampai berhenti total. Dengan begitu, fitur ini sangat membantu ketika sedang melewati jalanan yang macet dan padat merayap.

Saat mobil berhenti, fitur Auto Hold akan aktif, kemudian secara otomatis ACC akan berhenti beroperasi. Untuk mengaktifkan kembali, pengemudi cukup menggeser tombol cruise control ke bawah. Selain itu, jarak antar-kendaraan pun bisa disetel sesuai keinginan.

Untuk mendukung kenyamanan di dalam mobil, interior mobil juga didominasi bahan kulit di setiap sisinya.

Khusus jok pengemudi, ada pengaturan tinggi, lumbar, serta sandaran yang bisa disesuaikan dengan menekan tombol di sisi kanan jok. Tak hanya itu, jok pengemudi dan penumpang juga dilengkapi dengan fitur pemanas yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol penghangat jok di konsol tengah.

Ada pula pengaturan air conditioner (AC) dengan dual zone climate control. Selain itu, bagian ini dipadati dengan tuas transmisi, touchpad, serta ruang penyimpanan.

Di baris kedua, kenyamanan penumpang dihadirkan berkat ruang kaki lapang dengan pengaturan tempat duduk yang dapat digeser hingga 200 milimeter (mm). Sandaran punggung tidak terlalu tegak dan dapat diatur kemiringannya agar nyaman sepanjang perjalanan.

Kapasitas bagasi mobil crossover itu pun terbilang cukup besar, yakni sebesar 341 liter yang cukup memuat koper berukuran besar. Jika ingin menambah ruang penyimpanan, baris kedua dapat dilipat untuk menghasilkan ruang penyimpanan sebesar 448 liter.

Bagaimana, tertarik menjadikan Mitsubishi Eclipse Cross sebagai mobil keluarga Anda? Wujudkan impian keluarga sekarang. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi dealer Mitsubishi terdekat di kota Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com