Advertorial

Dukung UMKM, BRI dan Kemenhub Integrasikan Aplikasi Sitolaut dengan Layanan Digital Banking

Kompas.com - 14/08/2021, 16:26 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkolaborasi untuk mengembangkan sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui program Tol Laut.

Kerja sama tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan perjanjian kerja sama mengenai integrasi aplikasi Sistem Informasi Tol Laut (Sitolaut) dengan aplikasi BRISTORE dan BRIVA web service.

Perjanjian kerja sama kedua belah pihak ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut R Agus H Purnomo dan Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto di Jakarta, Jumat (13/8/2021).

Untuk diketahui, aplikasi BRISTORE dan BRIVA web service adalah layanan pembayaran dan penyampaian informasi pendaftaran bagi pengguna aplikasi Sitolaut.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, BRI akan terus mendukung pelaku UMKM di Indonesia, salah satunya dengan mensinergikan layanan Tol Laut yang dimiliki Kemenhub dengan layanan digital perbankan BRI.

“Dukungan tersebut merupakan upaya agar nasabah UMKM BRI yang berjumlah lebih dari 60 persen dari total keseluruhan jumlah nasabah BRI secara nasional, dapat memperluas pangsa pasar dan memperoleh manfaat subsidi yang diberikan pemerintah melalui program Tol Laut,” ujar Catur dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (14/8/2021).

Seperti diketahui, program Tol Laut merupakan salah satu kebijakan strategis yang dicetuskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan konsep pengumpulan, pengangkutan, dan pengiriman logistik kelautan antarpulau.

Tujuannya, menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar di Tanah Air. Dengan demikian, disparitas harga berkurang, baik antarwilayah, antarpulau, daerah, serta memangkas biaya logistik yang mahal.

Adapun integrasi layanan Sitolaut melalui sistem pembayaran BRIVA pada menu aplikasi Sitolaut diklaim dapat memberikan layanan yang lebih mudah bagi para pelaku UMKM. 

Salah satu kemudahan layanan tersebut yakni untuk melakukan transaksi pembayaran atas biaya pemesanan ruang muat kapal yang ditujukan kepada operator kapal secara real time online, serta dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Adapun pembayaran BRIVA dapat dilakukan di seluruh unit kerja dan jaringan e-channel BRI di seluruh Indonesia serta melalui layanan aplikasi BRImo.

Melalui dukungan jaringan unit kerja yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara, BRI berharap dapat membuka akses lebih luas bagi UMKM untuk memperlancar distribusi logistik, terutama kebutuhan pokok di daerah tertinggal, terluar, terdalam, dan perbatasan (3TP) dengan program Tol Laut milik Kemenhub.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com