Advertorial

Sambut Hari Kemerdekaan, Pemerintah Kabupaten Kediri Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Kompas.com - 17/08/2021, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia Ke- 76, Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar doa bersama di Pendopo Panjalu Jayati secara virtual, Senin (16/8/2021).

Doa Kemerdekaan yang bertemakan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh itu dihadiri oleh Wakil Bupati Kediri Dewi Maria Ulfa, Kepala DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kediri.

Adapun doa bersama dibacakan oleh tujuh pemuka agama yakni perwakilan Islam Drs Abdul Kholiq Nawawi S Ag MPD dari Majelis Ulama Islam, perwakilan Kristen oleh Lilik Bopo Lelono,dan perwakilan Katolik oleh Teodrus Endro Sujadmiko.

Kemudian, ada juga perwakilan Hindu oleh Yuliana, S Ag, perwakilan Budha oleh Daniel Christanto, perwakilan Khonghucu oleh Halim Prayogo, serta Aliran Kepercayaan Suhardi.

Dalam sambutannya, Dewi memaparkan bahwa doa lintas agama di Kabupaten Kediri berjalan dengan baik dan toleran.

“Doa bersama ini menunjukkan bahwa kebersamaan toleransi saling menghormati dan menghargai keyakinan agama lain begitu besar di Kabupaten Kediri,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin.

Dewi percaya, kesadaran atas toleransi di Kabupaten Kediri tak lepas dari peran serta seluruh pemuka agama yang ada di wilyah tersebut.

“Hal ini tidak akan pernah terwujud tanpa adanya peran serta seluruh pemuka agama yang ada di Kabupaten Kediri,” tambahnya.

Ia juga menerangkan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat membulatkan tekad masyarakat untuk membangun Kabupaten Kediri.

“Melalui kegiatan doa bersama seluruh komponen masyarakat ini, mudah-mudahan dapat menguatkan tekad kita (masyarakat Kabupaten Kediri) bersama agar Kabupaten Kediri senantiasa dalam perlindungan dan kemudahan sehingga dapat melaksanakan pembangunan secara menyeluruh,” terangnya

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com